Info

Mengenal PPOB dan Tips untuk Memulai Bisnis Online Ini

Icon Calendar LinkAja25 Feb 2022

Image Artikel Mengenal PPOB dan Tips untuk Memulai Bisnis Online Ini LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Memanfaatkan layanan PPOB ternyata bisa jadi tambahan penghasilan yang lumayan. Faktanya, masih banyak orang yang belum memiliki akses internet atau perbankan untuk bisa melakukan transaksi online. Terlebih lagi, layanan pembayaran tagihan dan transaksi online ini dibutuhkan oleh hampir setiap orang setiap bulannya.

 

Nah, sebenarnya apa itu PPOB dan bagaimana caranya untuk memulai bisnis tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Pengertian PPOB

 

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Banking. Layanan ini sebenarnya dikhususkan untuk mereka yang belum memiliki akses perbankan untuk melakukan pembayaran tagihan. Namun, banyak juga dari masyarakat yang akhirnya menggunakan PPOB berkat kemudahannya.

 

Layanan digital ini sebenarnya saling menguntungkan banyak pihak. Masyarakat tentunya bisa melakukan pembayaran dengan mudah biarpun mereka tidak memiliki akses internet maupun rekening bank sendiri. Di sisi lain, banyak pelaku bisnis yang akhirnya memanfaatkan PPOB ini untuk menambah produk jualan mereka.

 

Saat ini sudah banyak penyedia jasa pembayaran melalui layanan PPOB. Kamu bisa menjumpainya di minimarket, warung kelontong, hingga usaha rumahan lainnya. Layanan ini pun bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membayar tagihan hingga mengisi pulsa.

 

Jenis Layanan PPOB

 

Ada banyak jenis pembayaran dan layanan online yang bisa diselesaikan dengan PPOB. Berikut layanan yang bisa kamu lakukan:

 

> Pembayaran tagihan listrik

> Pembelian token listrik

> Pembayaran tagihan PDAM

> Pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan

> Pembayaran tagihan kartu kredit

> Pembayaran cicilan kendaraan bermotor

> Pembayaran tagihan pulsa pascabayar

> Pembelian pulsa telepon

> Pembelian kuota data internet

> Transfer uang ke bank

> Pembelian voucher game

 

Manfaat Bisnis PPOB

 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan bisnis PPOB. Simak deretan manfaat yang bisa dapatkan di bawah ini.

 

1. Bisnis yang pasti ada pembeli

 

Hampir setiap orang pasti perlu membayar tagihan setiap bulan, baik itu tagihan rutin maupun tagihan lainnya. Belum lagi kebutuhan akan kuota internet yang cukup tinggi sehingga membuat lebih banyak orang mencari tambahan kuota. Adanya layanan voucher game juga buat bisnis ini makin banyak dicari.

 

2. Modal yang bisa disesuaikan

 

Modal awal menjalankan usaha PPOB tentu bisa disesuaikan dengan kemampuan. Kamu bisa mulai bisnis ini dengan modal mulai dari ratusan ribu saja, kok. Untuk memulainya pun, kamu hanya butuh smartphone yang memiliki akses internet saja.

 

3. Potensi keuntungan yang besar

 

Bicara soal keuntungan, menjalani bisnis PPOB ini ternyata cukup menjanjikan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan langsung hingga Rp5.000 setiap transaksinya. Namun, potensi transaksi yang bisa terjadi dalam satu bulan bisa mencapai ratusan. Tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan keuntungan jutaan rupiah setiap bulannya.

 

4. Mudah dijalankan

 

Sekarang sudah banyak platform online yang menyediakan jasa layanan PPOB untuk seluruh masyarakat. Kamu hanya perlu menjadi mitra dari layanan tersebut dan mulai memasarkan produknya. Semua layanan pun bisa dijalankan dari smartphone saja.

 

5. Punya pasar yang luas

 

Target pasar utama bisnis ini adalah masyarakat yang tinggal di dekat kamu. Namun, kamu bisa memasarkan layanan ini orang yang jauh juga, kok. Semua layanan dalam PPOB sudah terhubung secara online real time.

 

Tips Menjalankan Bisnis PPOB

 

Biarpun mudah, kamu tetap perlu melakukan bisnis ini dengan tepat. Berikut tips menjalankan bisnis PPOB supaya bisa lebih sukses.

 

1. Menyiapkan modal

 

Modal yang cukup bisa menjadi jalan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Pasalnya, kamu butuh melakukan deposit terlebih dulu sebelum bisa menyelesaikan pembayaran. Dengan adanya modal yang cukup, kamu pun bisa menawarkan pembayaran atau pembelian dalam jumlah yang besar pula.

 

2. Memilih penyedia PPOB tepercaya

 

Sekarang sudah banyak penyedia layanan PPOB yang bisa kamu manfaatkan. Pastikan kamu memilih layanan yang baik dan tepercaya. Namun, kamu juga bisa mendaftar lebih dari satu penyedia layanan, loh. Dengan begitu, kamu bisa melakukan perbandingan harga dan memilih yang lebih menguntungkan.

 

3. Memanfaatkan promo

 

Para vendor atau penyedia layanan juga sering memberikan promo untuk para mitranya. Promo yang diberikan biasanya potongan harga hingga bebas biaya admin. Nah, manfaatkan promo ini untuk mendapatkan untung berlipat atau menarik pelanggan baru.

 

Karena itu, selalu rutin untuk mengecek promo yang sedang berjalan. Kamu pun bisa menyalakan notifikasi untuk mendapatkan promo terbaru dari penyedia layanan. Lalu, mulailah memasarkan produk yang promo tersebut.

 

4. Menyediakan produk jualan lain

 

Layanan PPOB biasanya dijalankan juga oleh warung kelontong dan minimarket. Hal ini sebenarnya bisa memberikan daya tarik lain untuk para pembeli. Dengan adanya produk jualan lain, kamu jadi memiliki peluang untuk menjalankan strategi promosi lainnya. Misalnya memberikan bonus makanan atau minuman ringan untuk setiap pembelian dengan nominal tertentu.

 

5. Rutin memasarkan produk

 

Tidak menutup kemungkinan mereka yang sebenarnya sudah memiliki akses perbankan untuk membeli pulsa dari kamu. Untuk mewujudkannya, kamu perlu melakukan pendekatan yang baik untuk mendapatkan hati pelanggan.

 

Cobalah berikan harga khusus untuk pelanggan yang pembelian pertama kali. Jangan lupakan juga mereka yang sudah sering mengisi pulsa atau membayar tagihan dari kamu. Berikan juga bonus untuk menjaga loyalitas mereka.

 

Itulah info tentang layanan PPOB sekaligus tips untuk mendapatkan keuntungan berlipat dari menjalani bisnisnya. Nah, buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis dengan menjadi agen PPOB bisa langsung menggunakan DigiPOSAja. Lewat aplikasi DigiPOS kamu bisa meningkatkan pendapatan dengan berjualan berbagai macam produk digital seperti pulsa Telkomsel sampai menjadi agen pembayaran tagihan seperti PLN, PDAM, Indiehome, Kartu Halo, BPJS dan beragam tagihan lainnya.

 

 

Yuk isi saldo LinkAja kamu untuk mulai bertransaksi sebagai agen PPOB di DigiPOS!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya