13 January 2021

Antisipasi Risiko! Ini Manfaat dan Jenis Asuransi Melahirkan

Kelahiran buah hati tentunya merupakan sebuah momen yang membahagiakan bagi orang tua, terutama sang Ibu. Oleh karena itu banyak orang tua yang telah melakukan persiapan dari jauh-jauh hari demi kelancaran proses persalinan.

Persiapan yang dilakukan bermacam-macam, mulai dari menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin, kesiapan mental, dan juga biaya.  Salah satu bentuk persiapan finansial yang biasanya dipilih adalah asuransi melahirkan.

Namun, sebagian orang masih menganggap bahwa asuransi persalinan tidak terlalu dibutuhkan dan terkesan memberatkan. Apa benar? Simak dahulu yuk, penjelasan lengkap seputar manfaat dan jenis asuransi melahirkan berikut ini!

Apa Saja Manfaat yang Bisa Kamu dapatkan Dari Asuransi Melahirkan?

Dengan adanya asuransi melahirkan, tentu saja terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan. Berikut diantaranya:

Meringankan Biaya

Asuransi ini tidak akan  menutup biaya melahirkan saja. Pasalnya, terdapat beberapa jenis asuransi melahirkan yang juga dapat mengcover biaya sebelum proses persalinan, seperti cek kandungan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memastikan manfaat yang didapatkan dari asuransi yang akan kamu pilih.

Menyediakan Fasilitas yang Memadai

Pihak asuransi melahirkan biasanya akan menyediakan berbagai fasilitas memadai untuk menunjang proses persalinan yang ditentukan berdasarkan kelas persalinan yang dipilih oleh nasabahnya. Untuk mendapatkan fasilitas terbaik, maka kelas yang dipilih juga harus tinggi. Hal ini juga bergantung pada premi yang dibayarkan setiap bulannya. Sebaiknya, cek dahulu fasilitas sesuai kebutuhan dan sesuaikan dengan keadaan keuangan agar tidak memberatkan.

Apa Saja Jenis Asuransi Kehamilan yang Bisa Dipilih?

Asuransi Jiwa Unit Link

Walaupun namanya asuransi jiwa, jenis asuransi jiwa unit link ini bisa memberikan jaminan perlindungan terhadap ibu dan calon buah hati selama masa kehamilan. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan antara lain: biaya komplikasi melahirkan, kelainan atau cacat, biaya pertanggungan sebelum dan sesudah melahirkan, perawatan inkubator, serta kemungkinan meninggal dunia.

Asuransi BPJS Kesehatan

Produk asuransi BPJS Kesehatan ini memang termasuk salah satu yang paling terjangkau jika dibandingkan dengan asuransi jiwa unit link. Hal ini tidak dilihat dari jumlah premi yang harus dibayarkan per-bulannya saja, tapi juga dari kemudahan dalam pengajuannya.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan untuk Bayi Sangat Penting

Itulah tadi beberapa manfaat dan jenis asuransi melahirkan yang bisa dijadikan acuan bagi kamu untuk memilih perencanaan terbaik di masa kehamilan. Apabila kamu sudah memiliki asuransi melahirkan, jangan lupa untuk selalu membayar premi tepat waktu agar tidak terkendala hal ketika sewaktu-waktu perlu digunakan.

Nah, saat ini kamu pun usah khawatir sebab telah tersedia berbagai layanan berbasis aplikasi demi memudahkan kamu melakukan berbagai pembayaran non-tunai, seperti LinkAja. Lalu, bagaimana sih cara melakukan pembayaran premi asuransi kesehatan untuk bayi menggunakan LinkAja?

  1. Unduh aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Lalu lakukan registrasi dan isi saldo minimal untuk membayar premi asuransi
  2. Setelah terdaftar, pilih menu Lainnya di halaman utama
  3. Pilih layanan Keuangan
  4. Pilih menu Asuransi
  5. Pilih menu nama perusahaan asuransi
  6. Masukkan nomor Virtual Account pada kolom ID Pelanggan, lalu tekan pilihan Lanjutkan
  7. Ikuti petunjuk dari aplikasi LinkAja untuk mengikuti proses pembayaran
  8. Nantinya kamu akan menerima bukti pembayaran bila transaksi berhasil
  9. Sangat praktis dan mudah, ‘kan? Perlu diketahui bahwa selain memfasilitasi pembayaran tagihan asuransi kesehatan untuk bayi, LinkAja juga memberikan kamu layanan untuk membayar tagihan telepon dan TV berlangganan, pembayaran premi BPJS Ketenagakerjaan, pembelian pulsa, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bermitra dengan LinkAja, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, donasi, dan kirim uang.

Tunggu apalagi? Unduh aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone sekarang juga!

Bagikan artikel ini :