23 November 2020

Mau Sukses di Usia Muda? 7 Kunci Ini Penting untuk Diperhatikan

Kalau mendengar nama beberapa anak muda seperti Fellexandro Ruby, Yasa Singgih, Dian Pelangi, dan Muhammad Alfatih Timur yang ada di benak kamu pasti mereka sangatlah hebat karena sudah memiliki usahanya sendiri di usia muda.

Untuk bisa mencapai predikat sukses memang setiap orang berbeda-beda. Tidak harus melalui bidang usaha, tetapi bisa berkarya dan bekerja mencapai posisi tertentu di bidang yang digeluti juga bisa dikatakan sukses.

Namun, untuk mencapai sukses di usia muda tentu perlu upaya dan pengorbanan mulai dari tenaga, uang, waktu, dan lain sebagainya. Kamu pun juga perlu mengetahui apa saja kiat di bawah ini yang perlu diperhatikan untuk mencapai sukses di usia muda.

Memiliki Pengetahuan yang Cukup Terhadap Bidang yang Ditekuni

Cara sukses di usia muda yang pertama adalah dengan membekali diri dengan pengetahuan. Apapun bidang yang kamu geluti dan cintai sebaiknya pelajari dengan sebaik mungkin agar benar-benar dianggap ahli dan mendapatkan posisi yang baik di pekerjaan.  Bila kamu minim pengetahuan terhadap bidang yang ditekuni, tentu kamu akan sulit untuk berkembang dan perjalanan karier akan jalan di tempat.

Kamu bisa mempelajari ilmu-ilmu yang diperlukan dari banyak sumber mulai dari buku, situs kredibel, podcast, maupun belajar dari sesama teman atau orang yang dianggap ahli di bidang tersebut.

Memiliki Target yang Terukur dan Fokus saat Melakukannya

Dengan memasang target sebagai cara sukses di usia muda bisa menjadi panduan bagi kamu untuk menentukan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan. Cobalah membuat target untuk jangka pendek maupun jangka panjang yang disesuaikan dengan keadaan diri.

Setelah memasang target, jangan sampai lupa untuk tetap fokus pada apa yang sudah ditentukan. Fokus ini sangat penting loh karena pada saat proses menuju sukses tersebut akan ada banyak godaan dan tantangan yang akan kita hadapi.

Berani Keluar dari Zona Nyaman

Bila ingin sukses di usia muda langkah yang perlu dilakukan, yakni mau keluar dari zona nyaman. Tak jarang kondisi zona nyaman justru membuat kamu sulit berkembang. Soalnya apa yang dikerjakan itu-itu saja, tidak ada sesuatu yang baru dan tidak berani mengambil kesempatan atau tantangan yang ada.

Lalu bagaimana cara agar bisa keluar dari zona nyaman? Cobalah untuk melakukan sesuatu yang berbeda, memanfaatkan kesempatan yang ada, dan melakukan evaluasi diri.

Baca juga: 7 Peluang Bisnis yang Menguntungkan Saat Pandemi

Bertindak!

Semua orang pasti punya definisi suksesnya masing-masing dengan cara yang berbeda. Selain itu, setiap orang pasti juga memiliki mimpi masing-masing. Namun cara untuk sukses di usia muda bukan hanya berani bermimpi, tetapi juga harus berani bertindak untuk mewujudkannya. Kamu bisa memulai sesuatu dengan hal yang kecil terlebih dulu.

Jangan Takut Akan Kegagalan

Siapa sih di dunia ini yang tidak pernah mengalami kegagalan? Rasanya tidak ada ya. Mulai sekarang coba pasang mindset bahwa kegagalan merupakan hal yang biasa terjadi untuk menuju kesuksesan. Dari kegagalan tersebut, kamu bisa berusaha untuk memperbaikinya.

Bersikap Baik pada Orang Lain

Dengan bersikap baik pada orang lain dalam keseharian secara tidak langsung membantu membuka jalan untuk kita bisa lebih maju. Bersikap baik pada orang lain pun bisa membantu membangun reputasi dan citra kamu saat meniti karier.

Jangan Lupa Menabung

Orang yang dikatakan sukses biasanya pintar mengelola uang mereka. Tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menikmati hasilnya, tapi mereka tidak lupa untuk menyimpan uang demi dana darurat atau menabung demi masa depan.

Saat membelanjakan uang pun biasanya orang yang sukses bijak memutuskan membeli barang atau jasa  apa. Jadi dari sekarang kamu perlu cermat mengelola uang.

Agar bisa berhemat, sekarang ada banyak cara bisa dilakukan, misalnya melakukan pembayaran dengan aplikasi tertentu. Cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi LinkAja. Melalui aplikasi ini kamu bisa merasakan berbagai promo menarik saat melakukan transaksi untuk membeli atau membayar di perusahaan yang sudah bekerjasama dengan LinkAja. 

Untuk mengetahui apa saja promo yang diadakan oleh LinkAja, kamu bisa memperbarui informasinya di situs resminya atau Instagram di @LinkAja. Unduh segera aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.

Baca juga: 7 Manfaat Investasi Bagi Masa Depan yang Sering Disepelekan

Bagikan artikel ini :