Keuangan

10 Manfaat Emas untuk Kehidupan yang Jarang Diketahui

Icon Calendar LinkAja21 Okt 2022

Image Artikel 10 Manfaat Emas untuk Kehidupan yang Jarang Diketahui LinkAja
Shutterstock.

Mendengar kata emas tentu saja akan langsung terbayang sebuah benda berkilau yang indah. Salah satu jenis logam mulia ini punya yang sangat tinggi. Tidak heran kalau manfaat emas untuk kehidupan sehari-hari pun sangat banyak.

Secara umum, sebagian besar logam emas yang ada di dunia dimanfaatkan dalam industri perhiasan. Pemanfaatan emas untuk dijadikan perhiasan ini pun bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya sebagai syarat sah dalam sebuah pernikahan.

Bentuk perhiasan emas pun terbilang sangat beragam. Pasalnya, emas tergolong jenis logam yang bisa dicairkan untuk bentuk sesuai keinginan. Di samping itu, emas juga punya ketahanan yang sangat baik. Logam ini sangat tahan terhadap karat. Emas pun bisa dengan mudah dibersihkan untuk dijaga kemilaunya.

Baca juga: 5 Cara Investasi Emas yang Mudah dan Aman untuk Dilakukan

Manfaat Emas untuk Kehidupan Sehari-hari

Masih ada banyak manfaat emas yang jarang diketahui oleh orang awam. Simak manfaat emas dalam kehidupan sehari-hari di bawah ini:

1. Alat tukar

Emas sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu dan sudah diyakini sebagai alat ukur kekayaan. Orang pada masa lalu pun menggunakan emas sebagai alat tukar yang sah. Logam ini dipakai untuk ditukar dengan bahan makanan, pakaian, dan juga kendaraan.

Biarpun zaman sudah berkembang, emas juga masih dipakai oleh sebagian orang sebagai alat tukar. Emas logam atau perhiasan berbahan emas sering menjadi jaminan dalam aktivitas pinjam-meminjam. Ada juga beberapa negara yang menggunakan emas sebagai alat untuk menjaga kestabilan ekonomi.

2. Bahan bangunan

Tidak sedikit bangunan yang memanfaatkan emas sebagai salah satu materialnya. Tujuan penggunaan emas sebagai bahan bangunan tidak lain dan tidak bukan untuk menambah keindahan dari bangunan tersebut. Logam emas ini pun tergolong sebagai material yang kuat dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Penggunaan emas ini pun sudah dilakukan sejak dulu sampai sekarang. Beberapa bangunan populer di Indonesia yang dibangun dengan emas adalah Masjid Kubah Mas dan Monumen Nasional.

3. Bahan pembuatan pesawat

Belum banyak yang tahu bahwa emas juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan pesawat. Perusahaan NASA selalu menggunakan emas untuk membuat sirkuit mesin. Pasalnya, emas merupakan konduktor panas yang sangat baik.

Emas pun dipakai untuk melapisi bodi pesawat ulang alik. Bahan ini sangat kuat dan mampu menangkal radiasi saat astronot diterbangkan ke luar angkasa.

4. Pelindung kaca helm astronot

Bukan hanya untuk pesawatnya, emas juga dipakai untuk lapisan helm yang dipakai oleh antariksawan. Lapisan emas ini berfungsi sebagai pelindung mata dan kulit saat berada di luar angkasa. Lapisan emas ini dapat memantulkan cahaya matahari hingga 60 persen.

Biarpun perlindungannya tidak sempurna, lapisan emas juga bisa mencegah antariksawan terkena radiasi langsung. Di samping itu, lapisan ini pun membuat antariksawan tidak terlalu silau karena sinar matahari langsung.

Baca juga: Pengertian Cuan yang Jadi Bahasa Gaul dalam Investasi dan Bisnis

5. Bahan baku alat elektronik

Sebagai penghantar listrik yang baik, emas juga dipakai sebagai bahan pembuatan berbagai macam alat elektronik. Logam emas dimanfaat dalam pembuatan chip komputer dan laptop untuk mempercepat proses kerjanya. Hal yang sama pun dilakukan pada smartphone yang sekaligus berguna untuk mengurangi karat dan korosi.

Beberapa produsen alat elektronik pun menambahkan emas pada bagian bodinya. Hal ini dimaksudkan untuk menaikkan nilai dari produk yang dipasarkan. Makin banyak emas yang dipakai, makin mahal juga harganya.

6. Pembuatan gigi palsu

Praktik pemasangan gigi emas sudah dilakukan sejak ribuan tahun lamanya. Manfaat emas untuk gigi juga terbilang cukup banyak dan beragam. Kamu bisa menggunakan emas sebagai gigi pengganti, penambal gigi berlubang, meratakan lapisan gigi, hingga kawat gigi

Emas diklaim cukup aman saat berada di rongga mulut. Logam ini tidak beracun atau menimbulkan efek samping terhadap tubuh. Selain itu, emas juga tahan terhadap bakteri dan antikarat.

7. Bahan produk kecantikan

Masih dari manfaat emas untuk tubuh. Logam mulia ini juga dipakai dalam proses pembuatan produk kecantikan. Sebut saja pelembab kulit wajah, pelembab bibir, lipstik, dan serum kulit. Emas juga dianggap cukup aman apabila diaplikasikan langsung ke kulit.

Emas akan membuat kulit lebih cerah secara alami. Selain itu, emas juga berkhasiat untuk merangsang produksi kolagen di kulit. Kolagen akan membantu pembentukan sel kulit baru dan menjaga elastisitas kulit. Dengan begitu, kulit pun akan awet muda lebih lama.

8. Bahan pembuatan barang suci

Nilai emas diyakini sangat tinggi sehingga selalu disamakan dengan perhiasan para raja atau dewa. Hal ini yang membuat emas sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan barang-barang suci. Barang-barang ini nantinya dianggap sakral dan suci oleh umat beragama.

Barang-barang ini bisa dijumpai di rumah ibadah, tempat sembahyang, dan lokasi-lokasi sakral lainnya. Emas bisa dijadikan sebagai bahan pembuat lonceng, patung, tongkat, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang yang Menguntungkan

9. Bahan makanan

Sudah banyak jenis makanan yang menggunakan emas sebagai bahan baku pembuatannya. Sebut saja es krim, kue, donat, dan minuman kekinian lainnya. Emas ini dipakai untuk membuat makanan tampil lebih mewah.

Tidak perlu khawatir karena sudah ada edible gold atau emas yang bisa dimakan. Biarpun begitu, kadar konsumsinya juga tidak boleh terlalu banyak. Pasalnya, kandungan emas ini cukup sulit dicerna oleh tubuh.

10. Instrumen investasi

Emas juga menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup populer di masa sekarang. Nilai emas terbilang sangat stabil sehingga bisa dimanfaatkan sebagai produk investasi jangka panjang. Selain itu, risiko inflasi pada emas pun diklaim cukup rendah.

Investasi emas pun sekarang sudah makin mudah karena kamu sudah bisa membeli emas secara digital. Investasi emas digital pun bisa dikonversi ke dalam emas batangan, kok.

Itu dia deretan manfaat emas yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa juga mulai mengumpulkan emas untuk investasi, kok. Mulai menabung emas dari sekarang melalui platform digital yang sudah diawasi oleh OJK.

Salah satu aplikasi yang bisa memudahkan kamu dalam berinvestasi emas adalah Pluang. Melalui Pluang kamu bisa dengan berinvestasi emas dengan aman dan terpercaya karena telah diawasi oleh OJK. Kamu juga bisa membandingkan harga emas berdasarkan periodenya dan mendapatkan harga beli emas dengan bid-ask spread yang hanya 1.75% (biaya terendah dibandingkan aplikasi lainnya).

 

Yuk sambungkan akun LinkAja kamu di Pluang untuk bisa investasi emas secara praktis kapan saja dan di mana saja lewat smartphone! Dapatkan aplikasi LinkAja di sini:

 

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya