Keuangan

Pengertian Cuan yang Jadi Bahasa Gaul dalam Investasi dan Bisnis

Icon Calendar LinkAja31 Mei 2022

Image Artikel Pengertian Cuan yang Jadi Bahasa Gaul dalam Investasi dan Bisnis LinkAja
Sumber foto: Shutterstock

Dalam obrolan sehari-hari, kamu pasti sering mendengar orang membahas tentang cuan. Baik dalam konteks usaha atau bisnis maupun investasi. Kata cuan memang makin sering digunakan pada kegiatan sehari-hari, baik untuk obrolan atau bahkan topik pembahasan di dalam suatu forum.

 

Tidak hanya digunakan sebagai satu kata atau istilah, cuan juga sudah berkembang jadi berbagai istilah bahasa gaul seperti pejuang cuan atau pengejar cuan. Selain itu, kamu juga pasti sudah sering mendengar istilah Cuan for Life.

 

Penggunaan kata cuan memang sering disebutkan dalam diskusi ringan maupun formal. Secara umum, tidak ada aturan yang salah dalam menggunakan kata cuan di dalam sebuah pembicaraan. Namun, arti cuan biasanya mengacu pada obrolan terkait bisnis maupun finansial.

 

Baca juga: Cara Jadi Sleeping Investor, Usaha Minim dengan Penghasilan Menggiurkan

 

Apa Itu Cuan?

 

Pengertian cuan adalah keuntungan yang berasal dari bahasa Hokkien. Istilah cuan populer sejak digunakan oleh para pedagang atau pengusaha yang berasal dari komunitas Tionghoa. Seiring dengan zaman yang semakin berkembang, sektor industri dan usaha juga dipakai semakin luas.

 

Tidak hanya digunakan oleh komunitas Tionghoa yang berbahasa Hokkien, istilah cuan juga sering kali digunakan dalam obrolan bisnis dan keuangan. Cuan yang dimaksud kemudian mengacu pada laba, pendapatan, atau penghasilan seseorang.

 

Istilah cuan sebenarnya berasal dari zhuan/choan/cuan yang artinya untung atau hasil. Karena itulah, konteks dari kata cuan dalam pembicaraan sehari-hari juga tidak hanya identik pada konteks perdagangan. Kata cuan juga dijadikan istilah lazim dalam bisnis, investasi, dan topik keuangan lain.

 

Pengertian Cuan dalam Bisnis

 

Komunitas Tionghoa yang menjadi pedangang menggunakan istilah cuan untuk menjelaskan kondisi untung atau laba. Saat seorang pedagang memulai bisnis, selisih antara harga jual dan harga beli suatu barang adalah cuan. Makin tinggi selisih keuntungan yang didapat, makin besar cuannya.

 

Istilah cuan juga populer dari salah satu film layar lebar berjudul “Filosofi Kopi”. Dari potongan film itulah penggunaan kata dari istilah dagang ini beralih jadi bahasa gaul. Tidak hanya mengacu pada laba atau keuntungan yang didapatkan dari bisnis, penggunaan kata cuan juga makin bergeser.

 

Meski sudah bergeser menjadi bahasa gaul, kata cuan pada dasarnya diikuti dengan prinsip hidup yang diturunkan turun-temurun oleh komunitas Tionghoa. Tidak hanya keuntungan atau cuan, tapi juga cengli dan cincai menjadi prinsip hidup dan berbisnis bagi para pengusaha.

 

Arti cengli adalah kejujuran dan sudah dicantumkan dalam KBBI. Dalam praktiknya, cengli adalah sudah sepatutnya atau semestinya, lurus hati atau jujur. Dalam melakukan bisnis, cengli diartikan sebagai perilaku jujur dan tidak berbuat curang serta menjaga kepercayaan orang lain.

 

Selain itu, ada pula cincai yang diartikan sebagai fleksibilitas, kompromi, atau maklum. Jadi, orang yang biasanya mengatakan, “Cincai, lah!” biasanya suka mengalah dan mudah diajak kompromi.

 

Baca juga: 10 Daftar Aplikasi Investasi Yang Aman dan Terdaftar di OJK

 

Apa Itu Cuan dalam Bahasa Gaul?

 

Melalui konteks yang lebih umum, banyak orang yang mengobrol santai sambil membicarakan cuan. Saat ini, orang yang mengobrol tentang cuan mungkin juga melakukan aktivitas trading. Berbicara tentang trading, artinya orang yang terlibat melakukan trading forex dan biasa disebut trader.

 

Arti cuan dalam investasi mengacu pada urusan transaksi saham, valuta asing, reksa dana, emas, atau komoditi lainnya. Bicara soal bisnis dan investasi juga tidak terlepas dari investasi saham. Biasanya, obrolan para trader tentang cuan saham akan mengacu pada konteks berikut ini.

 

> Capital gain sebagai cuan

Saat kamu mendapatkan selisih harga beli dan harga jual saham, jenis cuan itu disebut sebagai capital gain. Biasanya, selisih harga jual didapatkan saat harga saham yang kamu beli sedang naik.

 

> Dividen

Kamu juga bisa mendapatkan cuan saham dari dividen yang diperoleh satu kali dalam satu tahun. Biasanya, dividen saham terhitung untuk para investor (jangka panjang) yang memiliki sahamnya pada cum date sehingga berhak memperoleh dividen.

 

Jadi, cuan saham bisa didapatkan oleh trader maupun investor. Terlepas dari konteks investasi, cuan juga bisa mengacu pada kondisi yang lebih sederhana. Bentuk dari keuntungan transaksi mata uang asing juga sering kali disebut dengan istilah cuan.

 

Karena itulah, arti cuan dalam bahasa gaul juga bergeser menjadi pendapatan atau penghasilan tambahan. Biasanya, orang yang mencari cuan tambahan ini disebut sebagai pejuang cuan. Pejuang cuan adalah orang yang bekerja atau melakukan aktivitas dan mendapatkan uang dari sana.

 

Para pejuang cuan juga memiliki istilah lain yang disebut Cuan for Life. Artinya, orang makin sering untuk memikirkan keuntungan dalam aktivitas sehari-hari. Tidak hanya dalam urusan pekerjaan atau bisnis saja, banyak orang yang makin sering mencari pekerjaan sampingan untuk mendapat uang.

 

Bukan hanya pekerjaan sampingan, investasi juga menjadi salah satu sumber cuan yang sudah banyak dipertimbangkan orang. Tanpa melakukan pekerjaan tambahan, investasi bisa menjadi passive income bagi para pejuang cuan, loh.

 

Dengan makin banyaknya orang yang mencari cuan, muncul istilah Cuan for Life yang artinya semua hal dalam aktivitas kamu segalanya dilakukan demi cuan. Makin sering kamu membahas tentang cuan, istilah Cuan for Life jadi makin sesuai dengan berbagai kondisi sehari-hari kamu.

 

Nah, kamu bisa mulai mengatur strategi mendapatkan cuan yang mudah dengan mencari pekerjaan sampingan maupun mulai jadi investor. Untuk jadi investor dan dapat cuan lebih banyak, caranya bisa dilakukan dengan mudah lewat berbagai aplikasi investasi, loh.

 

Baca juga: 5 Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang yang Menguntungkan

 

Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai promo cashback investasi menarik biar makin PeDe dapat lebih banyak cuan karena #Apa2Bisa pakai LinkAja. Pastikan kamu sudah menggunakan aplikasi LinkAja Full Service untuk mendapatkan promo menarik buat dapat cuan, ya!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya