21 October 2020

Khusus Pemula, Berikut Cara Mudah Belajar Investasi Saat Pandemi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyebaran Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi juga ekonomi global yang memengaruhi setiap negara, termasuk Indonesia. Dinamika investasi juga berpengaruh dari adanya pandemi ini.

Namun, bagi kamu yang sedang berpikir untuk melakukan investasi di saat seperti ini, bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Selain harus lebih berhati-hati lagi, kamu bisa belajar investasi bagi pemula saat pandemi seperti sekarang dengan mengikuti cara mudah berikut ini.

Pelajari Lebih Dalam

Sudah banyak beredar pemberitaan soal penipuan investasi dengan berbagai cara. Salah faktor yang menyebabkan hal itu terjadi karena si investor yang tidak mengetahui secara detail jenis investasi yang dia ikuti.

Tak sedikit juga pihak yang memanfaatkan ketidaktahuan investor untuk mengelabui kliennya dan akhirnya melakukan penipuan. Nah, salah satu cara yang perlu dilakukan dalam belajar investasi bagi pemula saat pandemi adalah dengan membaca secara detail dan mempelajari secara komprehensif investasi yang akan dijalankan.

Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan dengan kemampuan finansial, apa yang dibutuhkan, dan apa tujuan berinvestasi. Dengan mempelajari segala sesuatunya dengan lebih teliti dan bijak, kamu jadi lebih bisa berhati-hati dan terhindar dari berbagai masalah kerugian yang besar di kemudian hari.

Cari yang Bertahan dan Berkelanjutan

Panduan belajar investasi bagi pemula saat pandemi selanjutnya, yakni pilih instrumen yang bisa dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan dalam jangka panjang. Salah satu alasannya adalah tren suku bunga dunia yang sedang rendah, sehingga keuntungan tidak bisa langsung kamu peroleh. Jadi, sangat disarankan untuk mulai investasi dengan instrumen yang bisa bertahan dalam waktu lama, seperti reksadana dan saham.

Baca juga: 7 Manfaat Investasi Bagi Masa Depan yang Sering Disepelekan

Memulai dengan Modal yang Kecil

Cara berikut belajar investasi bagi pemula saat Covid-19 adalah perlunya memahami berapa modal yang perlu kamu keluarkan untuk memulai investasi. Beberapa tahun lalu, jika seseorang ingin melakukan investasi harus mengeluarkan modal cukup besar hingga jutaan rupiah. Namun, saat ini sudah tersedia investasi yang hanya butuh modal kecil bagi untuk memulai.

Pelajari Profil Risiko

Jangan sampai lupa saat belajar investasi bagi pemula saat pandemi juga perlu memahami profil risiko apakah konservatif, moderat, atau agresif. Bila kamu memilih konservatif atau berisiko rendah, maka bisa manfaatkan jenis investasi pasar uang. Sementara bila lebih memilih yang moderat dan agresif di mana risiko kerugian investasi dan keuntungan cenderung besar, maka kamu bisa mencoba investasi yang jenisnya pendapatan tetap atau saham.

Dengan mempelajari apa saja profil risiko, maka hal ini akan sangat berguna bagi investor agar bisa siap menghadapi segala kemungkinan yang nantinya akan terjadi.

Itu tadi apa saja cara belajar investasi khusus bagi pemula yang bisa dilakukan. Salah satu jenis investasi yang direkomendasikan bagi pemula adalah dengan menggunakan reksadana. Bukan hanya cara memulainya saja yang mudah, tetapi membelinya juga mudah. Salah satu platform aplikasi yang memudahkanmu melakukan pembayaran investasi reksadana adalah LinkAja.

LinkAja menjalin mitra dengan Mandiri Investasi yang menyediakan metode pembayaran reksadana di aplikasi Mandiri Investasi bernama Moinves.   Selain Mandiri Investasi, LinkAja juga bekerja sama   dengan Bibit. Jadi, jika kamu ingin membeli reksadana, belilah di Bibit dengan memanfaatkan pembayaran LinkAja. Khusus bulan ini, cashback hingga 30% menanti kamu.

LinkAja pun bisa kamu manfaatkan untuk melunasi berbagai pembayaran tagihan seperti listrik, telepon dan TV berlangganan, pembelian pulsa, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, pembayaran BPJS, donasi, kirim uang, melakukan transaksi secara online atau offline di merchant-merchant yang sudah menjalin kerja sama dengan LinkAja.

Yang tidak kalah menarik, LinkAja juga memanjakan penggunanya dengan penawaran diskon atau promo menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran. Untuk merasakan segala fasilitas dan layanan yang dimiliki aplikasi LinkAja, yuk segera download di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone!

Baca juga: Ini Cara dan Pilihan Investasi yang Cocok untuk Milenial

Bagikan artikel ini :