18 September 2020

Ini Cara dan Pilihan Investasi yang Cocok untuk Milenial

Dengan banyaknya tuntutan dan juga biaya untuk masa depan yang kian melonjak seperti dana pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lainnya, membuat para generasi milenial berpikir tidak hanya mengandalkan gaji kantoran atau usaha yang sedang dijalani.

Keberadaan investasi sekarang banyak dilirik oleh kaum milenial karena dianggap lebih menguntungkan dan prosesnya cepat. Namun, jangan gegabah dalam melakukan dan memilih investasi bagi milenial. Pasalnya, bila salah langkah, maka risikonya tentu merugikan kamu.

Nah, sebagai panduan, berikut cara dan jenis pilihan investasi bagi milenial yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu!

Cara Investasi untuk Milenial

Pahami Apa Itu Investasi dan Untung-Ruginya Secara Kompehensif

Cara investasi milenial yang pertama, yakni kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait hal ini serta untung ruginya secara komprehensif guna mengurangi salah ambil keputusan. Sebagai informasi, investasi merupakan kegiatan membeli aset atau produk untuk digunakan di waktu yang akan datang. Jadi, sang investor ingin aset tersebut bisa dijual dengan harga yang tergolong besar, sehingga memberikan keuntungan bagi kamu.

Cari Tahu Apa Saja Jenis Investasi Bagi Milenial

Ada banyak jenis investasi bagi milenial yang bisa dipilih, mulai dari deposito, reksa dana pasar uang, peer to peer landing, emas, hingga properti dan saham. Kamu harus pahami betul bagaimana mekanisme dan apa saja risiko yang mungkin dihadapi nantinya untuk masing-masing jenis investasi tersebut.

Investasi dari Jumlah Kecil Sebagai Permulaan

Cara investasi milenial lainnya, adalah dengan memulai investasi dari yang jumlah dan risikonya kecil terlebih dulu. Dengan begini, kamu bisa belajar untuk mengelola investasi ini. Jika sudah dirasa mendapatkan keuntungan, baru beralih ke investasi yang lebih besar lagi jumlahnya. Ingat, semakin besar keuntungan investasi, semakin besar juga risiko yang bakal ditemui nantinya.

Menentukan Strategi Investasi

Sebagai langkah awal investasi milenial tidak perlu muluk-muluk. Kamu perlu memasang target yang realistis misalnya untuk membeli gadget, liburan, atau uang muka pembelian kendaraan atau rumah. Penting juga menentukan target atau nilai yang ingin diperoleh. Kamu juga bisa banyak bertanya pada kerabat atau teman yang memiliki pengalaman melakukan investasi.

Pilihan Investasi Bagi Milenial

Ada beberapa daftar pilihan investasi yang bisa kamu pilih, di antaranya:

Deposito Berjangka

Kamu bisa mencoba deposito berjangka sebagai langkah awal investasi milenial. Bedanya dengan mekanisme menabung biasa adalah deposito tidak bisa diambil setiap saat. Seperti namanya, ada jangka waktu tertentu di mana kamu boleh mengambil uangnya.

Biasanya jangka waktu deposito ada yang 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan, tergantung dari kebijakan bank dan produk depositonya. Sementara bunga deposito cenderung lebih besar dibandingkan bunga tabungan, namun jumlahnya berbeda-beda untuk setiap bank. Deposito juga dijamin oleh Lembaga Pinjam Simpan (LPS).

P2P Lending

Investasi bagi milenial yang juga banyak dipilih adalah P2P Lending. Alasannya karena keuntungan hasil jenis ini bisa 2 kali lipat atau lebih. Uang untuk memulai investasi jenis ini berbeda-beda pada setiap platform. Salah satu risiko yang bisa dirasakan dari jenis investasi ini adalah risiko default (gagal bayar) dan dana tidak bisa langsung diinvestasikan.

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana menjadi satu dari sekian banyak instrumen investasi yang memungkinkan kamu secara terus menerus mengamati perkembangan aset. Alasannya sebab sudah ada manajer investasi yang akan membantu dalam mengatur alokasi investasi.

Reksa dana pasar uang menjadi salah satu investasi yang risikonya kecil dan memiliki jangka pendek. Salah satu keuntungannya, bisa ditarik tanpa harus menunggu batas waktu yang telah ditentukan dan kamu tidak perlu menyiapkan modal yang besar.  

Itu tadi cara dan pilihan investasi milenial yang perlu diketahui. Jika kamu ingin melakukan investasi reksa dana bisa melakukan pembayaran melalui LinkAja.

LinkAja merupakan layanan keuangan elektronik berbasis aplikasi yang memudahkan berbagai transaksi hanya dilakukan menggunakan smartphone. Saat ini PT Mandiri Manajemen Investasi bekerjasama dengan LinkAja untuk menjadi penyedia layanan pembayaran reksa dana di aplikasi Moinves kepunyaan Mandiri Investasi.

Kemudahan ini mampu membuat para calon investor, khususnya generasi milenial semakin praktis dalam melakukan pembelian reksa dana di aplikasi Moinves. Kamu hanya perlu memasukan pin LinkAja dan bisa segera menyelesaikan pembayaran reksa dana.

Bagikan artikel ini :