22 May 2021

Ketahui Cara Cek dan Bayar Tagihan PGN Online di LinkAja

Mungkin ada dari kamu yang saat ini sedang berusaha untuk mengimplementasikan hidup ramah lingkungan. Nah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengganti penggunaan gas elpiji ke gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN).

Sebenarnya apa sih itu PGN? Perusahaan Gas Negara (PGN) merupakan lembaga BUMN Indonesia terbesar yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi serta memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan gas bumi dalam negeri.

Salah satu produk yang dihasilkan oleh PGN yaitu gas untuk pemakaian rumah tangga. Lalu apa saja ya kelebihan menggunakan gas dari PGN dibanding gas LPG?

Selain lebih ramah lingkungan karena emisi karbondioksida lebih ringan dibanding batu bara atau BBM, menggunakan gas bumi PGN untuk rumah tangga tidak perlu takut kehabisan ketersediaan gas. Pasalnya, gas bumi PGN akan selalu disalurkan lewat jaringan pipa yang terpasang.

Lalu bagaimana ya cara berlangganan, cek tagihan PGN online, dan cara membayarnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut uraiannya!

Bagaimana Cara Berlangganan Gas PGN?

Tertarik menggunakan gas dari PGN? untuk kamu yang ingin berlangganan, caranya cukup mudah karena bisa dilakukan secara online, yaitu dengan mengakses Registrasi dan Layanan Online PGN (Rely On PGN).  Dengan cara ini kamu hanya perlu waktu satu jam.

Baca juga: Bayar Tagihan Listrik Jadi Lebih Mudah, Begini Caranya

 Cara yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Mengisi data diri pada formulir yang ada dalam situs resmi PGN.
  2. Melakukan verifikasi bukti berlangganan.
  3. mengirimkan bukti pembayaran.
  4. Petugas PGN akan memproses berkas berlangganan kamu dan juga melakukan survei dengan menghubungi kamu untuk memverifikasi data yang ada di formulir, mengumpulkan data, dan berdiskusi terkait rencana kebutuhan kamu
  5. Petugas PGN akan datang dan menghitung berapa panjang instalasi pipa yang akan terhubung  dengan jargas. Untuk urusan besaran biaya pemasangan pipa langsung ke dapur kamu ditentukan dari panjang pipa yang akan diperlukan.
  6. Selanjutnya calon pelanggan dan petugas PGN menandatangani perjanjian jual beli gas setelah seluruh proses berlangganan gas sudah dinyatakan lengkap dan selesai
  7. Petugas PGN akan menyiapkan berbagai keperluan untuk melakukan pemasangan berupa jaringan pipa induk sampai stasiun pengukur gas di lokasi kamu. Sementara kamu membuat pipa instalasi untuk persiapan peralatan yang akan memanfaatkan gas
  8. Terakhir dilakukan Gas In yaitu proses pengaliran gas ke peralatan milik pelanggan yang menggunakan gas.

Cara Cek Tagihan PGN Online dan Bayar PGN dengan LinkAja

Bukan hanya cara berlangganan PGN saja yang bisa dilakukan secara daring, namun, kamu juga bisa cek tagihan PGN online melalui aplikasi LinkAja. Caranya akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Buka aplikasi LinkAja yang ada di smartphone
  2. Pilih menu GAS
  3. Pilih PGN
  4. Masukan ID pelanggan PGN
  5. Rincian tagihan ga bakal muncul di layar
  6. Konfirmasi pembayaran
  7. Input PIN LinkAja
  8. Transaksi sudah berhasil dilakukan

Di LinkAja selain bisa dimanfaatkan untuk bayar tagihan PGN, kamu bisa juga menggunakannya untuk membayar berbagai tagihan seperti bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang sudah bermitra dengan LinkAja, tagihan asuransi, pembelian pulsa, pembayaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, layanan pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik.

Tak jarang juga LinkAja memberikan berbagai promo menarik dalam bentuk cashback atau diskon tiap bulan yang bisa kamu cek update-nya di sini, ya!

Dengan menggunakan aplikasi LinkAja, urusan segala transaksi bisa dibayarkan dengan praktis dan cepat. Yuk, tunggu apalagi sekarang unduh aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iPhone!

Baca juga: Panduan Mudah Cek Tagihan PDAM Melalui Sistem Online

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :