Info

Jenis Perawatan di Salon Mobil Beserta Estimasi Tarifnya

Icon Calendar LinkAja12 Jul 2022

Image Artikel Jenis Perawatan di Salon Mobil Beserta Estimasi Tarifnya LinkAja
Sumber foto: Shutterstock

Sudah menjadi keharusan untuk pemilik mobil melakukan perawatan kepada kendaraan kesayangannya. Membawanya ke bengkel untuk mengecek performa kendaraan tentu saja perlu dilakukan secara rutin. Di samping itu, kamu pun harus membawanya ke salon mobil untuk dibersihkan dan dipercantik.

Berbagai salon mobil pun sudah makin mudah dijumpai. Namun, kamu perlu tahu dulu perawatan seperti apa yang diberikan sekaligus total biaya yang perlu dipersiapkan. Biayanya tidak semahal yang diperkirakan, kok.

 

Baca juga: Ini Daftar Harga Mobil Murah 2022 Terbaru di Indonesia

Apa Itu Salon Mobil?

Sebelum mendatanginya, kamu perlu tahu dulu segala hal tentang salon mobil. Secara umum, salon mobil tidak jauh berbeda dengan salon kecantikan. Bedanya, yang didandani di sini adalah mobil.

Dalam salon mobil, kendaraan kesayangan kamu akan dibersihkan bagian eskterior dan interiornya. Metode pembersihannya pun bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit. Bukan hanya itu, mobil kamu pun akan diberikan produk khusus untuk membuat cat lebih berkilau dan kaca bebas dari jamur.

Faktanya, masih banyak yang salah mengira salon mobil dengan auto detailing. Dalam salon mobil, kendaraan kamu akan dibuat bersih dan kinclong. Berbeda dengan auto detailing yang memberikan perawatan lebih detail untuk mobil kamu.

Hasil dari auto detailing malah bisa membuat mobil kamu terlihat layaknya seperti baru keluar dari pabrik. Namun, tarif yang perlu kamu siapkan tentunya lebih besar ketimbang hanya sekadar pergi ke salon mobil.

Jenis Perawatan di Salon Mobil

Ada empat jenis perawatan yang ditawarkan dalam salon mobil. Setiap perawatan tentunya punya waktu pengerjaan dan tarif yang berbeda juga. Berikut deretan jenis perawatan yang bisa kamu dapatkan di salon mobil:

1. Cleaning

Perawatan standar yang biasanya ada di salon mobil adalah cleaning. Mobil kamu akan dibersihkan secara keseluruhan, mulai dari eksterior, interior, dan bagian bawah mobil.

Setiap salon mobil pun memiliki metode cleaning yang berbeda-beda. Mungkin kamu pernah melihat snow wash, dry wash, cuci robot, dan masih banyak lagi. Sejumlah salon mobil memberikan layanan engine cleaning. Namun, perlu perhatikan karena tidak semua tempat bisa melakukannya dengan baik.

Dalam proses cleaning, bagian dalam mobil pun akan ikut dibersihkan hingga ke bagian kolong jok penumpang. Karpet mobilmu pun akan ikut dibersihkan, loh.

Proses pengerjaannya akan memakan waktu sekitar 1—2 jam saja. Tarif untuk cleaning di salon mobil berkisar Rp40—Rp100 ribu. Biayanya akan menyesuaikan dengan layanan cleaning yang diberikan.

2. Detailing

Proses detailing akan membuat cat mobil lebih mengilat. Petugas salon mobil akan memberikan wax pada permukaan cat mobil. Tujuannya adalah memberikan lapisan tambahan untuk cat mobil.

Lapisan ini akan memberikan perlindungan pada cat mobil dari cipratan lumpur, jamur, dan baret halus. Di samping itu, wax mobil pun akan mencegah cat mobil terlihat kusam.

Perawatan mobil ini biasanya memiliki tarif sekitar Rp900 ribu—Rp4 juta. Makin tinggi biayanya, tentunya paket yang detailing yang didapatkan pun akan lebih lengkap. Beberapa salon mobil biasanya memberikan paket cleaning dan detailing dengan harga yang lebih terjangkau.

Sayangnya, kamu tidak bisa memberikan produk wax mobil ini terlalu sering pada cat kendaraan. Psalnya, proses ini akan mengikis lapisan cat sehingga menjadi lebih tipis. Pada akhirnya, cat mobil akan mudah terkelupas.

 

Baca juga: Daftar 55 Kode Plat Nomor Kendaraan Seluruh Indonesia

3. Fogging dan Fumigator

Perawatan mobil selanjutnya adalah fogging dan fumigator. Dua perawatan ini ditujukan untuk bagian interior mobil. Tujuannya untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman saat berada di dalam kabin mobil kesayangan kamu.

Proses fogging akan memberikan uap dari larutan khusus yang nantinya akan dihembuskan melalui AC mobil. AC mobil akan membantu penyebaran uap lebih merata ke seluruh kabin. Proses ini akan membantu menghindari interior mobil dari bakteri penyebab penyakit.

Setelah itu, proses akan dilanjutkan dengan fumigator. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan serangga dan jamur yang bisa muncul di dalam kabin. Dua proses ini biasanya dilakukan sekitar 30—40 menit tergantung luas kabin dari mobil.

Tarif fogging dan fumigator ini biasanya digabung dengan layanan cleaning. Sebagai estimasi, biayanya berkisar antara Rp250—Rp400 ribu.

4. Coating

Coating menjadi layanan terbaik yang diberikan oleh salon mobil. Layanan ini memberikan lapisan khusu untuk seluruh mobil. Metode yang biasa digunakan adalah nano coating atau ceramic coating. Tentunya, bahan yang digunakan berbeda.

Nano coating akan memberikan lapisan khusus berbentuk cairan untuk melindungi cat mobil dari paparan kimia dan oksidasi. Sementara itu, ceramic coating menggunakan lapisan khusus dengan kandungan keramik untuk memberikan perlindungan lebih untuk baret.

Selain itu, ceramic coating akan memberikan efek daun talas yang bisa mengalirkan air hujan langsung ke bawah. Jadi, mobil kamu akan bebas dari waterspot atau potensi munculnya jamur.

Untuk biayanya, layanan ini tentunya disesuaikan dengan bahan coating yang digunakan. Kamu perlu menyisihkan biaya sekitar Rp3—Rp6 juta. Waktu pengerjaannya pun akan memerlukan waktu sekitar 2—3 hari.

Menjaga mobil tetap terawat akan buat kamu lebih nyaman saat mengendarainya. Dengan begitu, usia pakai mobil kesayangan kamu pun bisa lebih panjang lagi. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan bakar terbaik untuk mobil kamu, ya.

 

Pakailahlah bahan bakar berkualitas dari Pertamina. Bayar bahan bakarmu di aplikasi MyPertamina dengan menggunakan saldo LinkAja. Kamu cukup hubungkan LinkAja sebagai metode pembayaran di MyPertamina. Dapatkan kemudahan transaksi dan promo menarik lainnya karena #Apa2Bisa pakai LinkAja!

 

Baca juga: Keuntungan Bayar BBM Pakai LinkAja di MyPertamina


Artikel Terkait

Kategori Lainnya