Keuangan

Masih Bingung? Ini Cara Mudah Pindah Faskes BPJS Secara Online

Icon Calendar LinkAja1 Mar 2022

Image Artikel Masih Bingung? Ini Cara Mudah Pindah Faskes BPJS Secara Online LinkAja

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan adalah badan hukum publik yang dibentuk dan berfungsi untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan secara nasional sebagaimana dimaksud dalam UU No. 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Jaminan kesehatan menurut UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional yaitu jaminan yang diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas dengan tujuan menjamin agar seluruh rakyat Indonesia memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Hadirnya BPJS Kesehatan cukup penting dalam mewujudkan sistem jaminan sosial nasional di bidang kesehatan, mengingat BPJS Kesehatan secara mendasar melakukan pembenahan terhadap sistem pembiayaan kesehatan yang saat ini masih didominasi oleh out of pocket payment atau pembiayaan kesehatan menggunakan kocek pribadi.

Adanya BPJS Kesehatan, layanan ini diarahkan kepada sistem pembiayaan yang lebih tertata berbasiskan asuransi kesehatan sosial.

Untuk mendapatkan fasilitas BPJS, kamu tidak bisa langsung datang ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan dan berobat tapi ada prosedur dan tahapan-tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu kecuali sifatnya darurat.

Untuk mengklaim layanan BPJS, kamu harus terlebih dahulu mendatangi fasilitas kesehatan atau faskes. Faskes adalah puskesmas, klinik, atau dokter keluarga yang telah kamu pilih. Jika keluhan kamu dapat ditangani oleh faskes, maka kamu tidak akan dirujuk ke rumah sakit.

Namun jika tidak, maka kamu akan dirujuk ke rumah sakit rekanan BPJS.

Baca juga: Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Sebagai fasilitas kesehatan yang akan kamu tuju ketika hendak mengklaim layanan BPJS Kesehatan, ada baiknya jika faskes ini merupakan langganan atau dekat dengan tempat tingga,l sehingga mudah diakses.

Cara Pindah Faskes BPJS Secara Online

Jika kamu ingin mengganti faskes yang sudah kamu tunjuk karena alasan-alasan tertentu seperti tidak puas dengan pelayanannya atau pindah tempat tinggal, caranya tidak sulit dan dapat dilakukan secara online. Untuk mengganti faskes secara online, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Download dan install aplikasi JKN Mobile di Play Store bagi pengguna Android maupun App Store bagi pengguna iOS
  2. Jika belum pernah mendaftar, langsung daftar terlebih dahulu dan ikuti instruksinya
  3. Jika sudah mendaftar BPJS Kesehatan, langsung login di aplikasi menggunakan NIK atau nomor BPJS Kesehatan
  4. Masuk ke halaman utama lalu pilih “Ubah Data Peserta”
  5. Pilih nama peserta yang akan pindah fasilitas kesehatan
  6. Isi data faskes pengganti yang diinginkan lalu tunggu hingga muncul notifikasi yang menyatakan bahwa data sudah berhasil diubah.

Untuk mengecek apakah perubahan faskes yang kamu lakukan sudah berhasil, kamu juga bisa menggunakan aplikasi JKN Mobile. Setelah log in, pilih “Peserta”. Di laman peserta, akan muncul rincian nama peserta, nomor BPJS Kesehatan, status keanggotaan, tanggal lahir peserta, kelas BPJS Kesehatan, dan lokasi faskes.

Baca juga: Syarat dan Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan berperan penting dalam memeratakan layanan kesehatan untuk masyarakat sekaligus membantu anggotanya mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, pastikan kamu rutin membayar iuran BPJS agar dapat memanfaatkan fasilitas dari BPJS.

Kamu juga dapat membayar iuran BPJS bulanan melalui aplikasi LinkAja. LinkAja merupakan aplikasi dompet elektronik yang dapat memudahkan segala fasilitas transaksi harian, pembayaran tagihan, sekaligus menawarkan berbagai promo untuk membuat pengalaman berbelanja kamu lebih hemat. Download LinkAja di App Store untuk pengguna iPhone dan Play Store untuk pengguna Android.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya