29 March 2021

Infaq dan Sedekah: Amalan Penting Bagi Seorang Muslim

Dalam agama Islam, ada banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan dan tentunya mendatangkan pahala, di antaranya infaq dan sedekah. Sayangnya hingga saat ini, sebagian masyarakat masih sering mengartikan bahwa infaq sama dengan sedekah.

Meskipun sama-sama amalan baik, keduanya memiliki arti yang berbeda. Untuk tahu lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Infaq

Sederhananya, infaq artinya adalah berbagi dengan membelanjakan harta pribadi untuk untuk hal-hal yang berhubungan dengan agama dan punya tujuan kebaikan. Berdasarkan hukumnya, terdapat empat jenis infaq, yaitu:

Bersifat wajib, yaitu ketika kamu membelanjakan harta pribadi untuk keperluan agama yang sifatnya wajib, seperti mahar untuk istri.

Bersifat mubah, yaitu ketika kamu membelanjakan harta pribadi untuk hal bersifat mubah dalam agama Islam, seperti berdagang, ternak, atau bercocok tanam.

Bersifat haram, yaitu jika kamu membelanjakan harta pribadi untuk kepentingan yang dilarang dalam agama Islam.

Bersifat sunnah, yaitu ketika kamu membelanjakan harta pribadi untuk hal yang bersifat sunnah, seperti infaq untuk orang yang lebih membutuhkan.

Pengertian Sedekah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau orang lain yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan sang pemberi. Sedangkan secara umum, sedekah adalah amalan harta di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengharapkan timbal balik.

Dalam ajaran agama Islam, terdapat beberapa jenis sedekah untuk diamalkan. Hal ini dibedakan berdasarkan bentuk yang diberikan kepada sang penerima sedekah tersebut. Setidaknya terdapat tiga jenis sedekah, yaitu:

Sedekah Non Materi

Sedekah non materi adalah sedekah yang tidak menggunakan materi, bisa berupa tenaga, nasihat, pikiran, hingga senyum tulus yang kamu berikan kepada orang lain.

Sedekah Jariyah

Sedekah ini adalah jenis sedekah yang pahalanya terus mengalir sekalipun sang pemberi sedekah telah meninggal dunia. Hal ini disebabkan oleh barang atau hal yang disedekahkan orang tersebut masih memberikan banyak manfaat atau digunakan banyak orang. Sedekah jariyah ini contohnya adalah pesantren, fasilitas umum, dan lain-lain.

Sedekah Materi

Jenis sedekah yang paling umum dilakukan adalah sedekah materi. Sedekah materi dilakukan dengan memberikan barang yang kita miliki kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Hal ini contohnya adalah uang, pakaian, makanan dan minuman, atau yang lainnya.

Manfaat Infaq dan Sedekah

Meskipun kedua amalan ini mengajarkan kita untuk memberikan apa yang kita miliki, baik itu harta, tenaga, ataupun waktu, infak dan sedekah bisa membantu kamu menghapus dosa selayaknya air memadamkan api. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan yang kamu miliki untuk dibagikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Baca juga: Cek Tagihan Pegadaian Secara Online Ternyata Super Gampang

Jika ingin mulai menyempurnakan ibadah dengan infak dan sedekah, kini kamu bisa melakukannya melalui aplikasi LinkAja. LinkAja sebagai salah satu penyalur donasi di Infak.id ikut berpartisipasi atas tersalurkannya dona infak dan sedekah masyarakat secara cepat, aman dan mudah! Berikut langkah-langkahnya:

Khusus pengguna iOS:

  1. Buka aplikasi LinkAja
  2. Pilih Menu “LinkAja Berbagi”
  3. Pilih “INFAK.ID”
  4. Masukkan nominal donasi dan konfirmasi dengan PIN
  5. Donasi Infak selesai dilakukan

Khusus pengguna Android:

  1. Buka aplikasi LinkAja di ponsel kamu
  2. Cari menu Lainnya
  3. Cari menu Infaq
  4. Cari Infaq
  5. Tentukan jumlah uang yang ingin kamu bayarkan
  6. Tekan tombol Konfirmasi dan kamu akan mendapatkan pemberitahuan di layar ponsel jika pembayaran zakat fitrah berhasil

Baca juga: Berbuat Baik di INFAK.ID Pake LinkAja Lebih Mudah

Selain menjadi penyalur donasi di Infak.id , Layanan Syariah LinkAja juga bisa digunakan di ekosistem khusus Syariah yang mencakup masjid, pusat kuliner halal, wisata halal, lembaga amil zakat, pasar syariah,  modern retail lokal, rumah sakit Islam, bank syariah, pesantren, sekolah Islam, dan juga universitas Islam.

Jadi, tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi LinkAja di Apple Store atau Google Play!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :