Syariah

Mengenal 10 Fungsi Zakat dalam Islam

Icon Calendar LinkAja23 Feb 2022

Image Artikel Mengenal 10 Fungsi Zakat dalam Islam LinkAja
Sumber foto: Shutterstock

Sebagai umat Islam menjalankan rukun Islam adalah sebuah kewajiban. Salah satunya adalah zakat. Fungsi zakat pun bermacam-macam.

 

Ketika bulan Ramadhan tiba, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa lalu menutup dan menyempurnakannya dengan mengeluarkan zakat fitrah bagi yang mampu.

 

Menunaikan zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim. Zakat masuk ke dalam rukun Islam keempat. Oleh karena jadi bagian dari rukun Islam, zakat memiliki peran yang penting dalam menegakkan rukun Islam.

 

Zakat yang diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya, seperti fakir miskin dan sebagainya, memiliki berbagai fungsi yang wajib dipahami.

 

Baca juga: Macam-Macam Zakat dalam Islam yang Wajib Kamu Tahu

 

Fungsi Zakat dalam Islam

 

Berikut fungsi zakat dalam Islam yang wajib kamu tahu.

 

1. Menyempurnakan Agama

 

Seperti telah disebut sebelumnya, zakat merupakan fondasi dari rukun Islam yang keempat, setelah syahadat, salat, dan puasa.

 

Jadi, jika menjalankan zakat maka akan semakin sempurna ibadah kamu dalam menjalankan perintah agama. Tentu hal ini adalah tujuan dari setiap muslim demi mendapatkan ridho dari Allah SWT.

 

2. Membersihkan Harta

 

Fungsinya zakat berikutnya adalah membersihkan harta. Artinya, dalam kehidupan sehari-hari ada harta yang tidak bisa diketahui halal haramnya secara jelas. Kejadian seperti itu sangat mungkin terjadi meski kamu tidak menginginkannya secara sadar.

 

Nah, untuk membersihkan harta dari syubhat atau ketidakjelasan, zakat bisa jadi salah satu solusi. Nantinya, zakat yang diberikan kepada orang membutuhkan bisa jadi pembersih harta bagi si pemberi zakat atau dikenal dengan muzakki.

 

Kesucian pada harta akan menjadikannya berkah bagi pemiliknya. Tidak harus melimpah, harta yang cukup bisa membuat pemiliknya tenang.

 

3. Menumbuhkan Harta

 

Tidak ada perasaan yang lebih baik dibandingkan memberi kepada mereka yang membutuhkan. Selain membersihkan harta, menunaikan zakat juga bisa membuat kita lebih makmur.

 

Fungsi zakat yang menumbuhkan harta ini sudah terbukti dalam kehidupan nyata. Memberi tidak akan membuat kita kekurangan, malah terkadang kita bisa mendapatkan kemudahan dalam mencari rezeki.

 

4. Ampunan Dosa

 

Manusia tak luput dari dosa. Salah satu fungsi zakat adalah sebagai ampunan dari dosa. Dalam Al-Qur’an bahkan tertulis jelas bahwa zakat, bersama dengan salat dan beriman kepada rasul dapat membuat dosa hambaNya diampuni.

 

Dalam surat Al Maidah ayat 12 tertulis, "Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air di dalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari  jalan yang lurus.” (QS. Al Maidah: 12).

 

Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk berzakat agar dosa kita bisa diampuni.

 

5. Wujud Keimanan

 

Fungsi zakat berikutnya adalah sebagai wujud keimanan kita pada Allah SWT atas nikmat yang diberikan. Tidak bisa dimungkiri bahwa harta atau kekayaan biasanya diperoleh dengan susah payah. Ketika memberikan harta tersebut keimanan kita diuji bahwa nikmat hanya bersumber dariNya.

 

Hal ini tentu bakal mempertajam rasa kemanusiaan kita dan menjauhkan kita dari sifat materialistis di dunia yang fana ini.

 

Jika ikhlas memberikan zakat secara tidak langsung kita meyakini hal tersebut dan tidak khawatir akan kekurangan. Seperti sudah disebut di atas, memberi tidak akan membuat kita kekurangan dan malah mungkin membuka pintu rezeki lain di masa yang akan datang.

 

6. Penyucian Hati

 

Tak jauh berbeda dari poin di atas, fungsi zakat juga bisa jadi sarana untuk penyucian hati. Hati yang suci artinya bebas dari penyakit hati seperti kikir dan bakhil.

 

Dengan menyadari bahwa ada banyak orang lain di luar sana yang membutuhkan uluran bantuan kita kelak akan membuat kita jauh dari sifat tamak. Jadi, zakat mampu membuat kita menjadi pribadi yang punya solidaritas tinggi serta dermawan.

 

 

7. Sumber Pembangunan Prasarana Umat Islam

 

Tak hanya menyasar pada personal, dalam jangkauan yang lebih besar fungsi zakat juga berguna sebagai sumber dana bagi pembangunan prasarana umat Islam.

 

Prasarana tersebut, antara lain pendirian rumah ibadah, fasilitas pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi. Dengan zakat dari umat, para pemangku kepentingan bisa membangun prasarana tersebut yang kelak bisa menjadi amal jariyah untuk kita.

 

8. Mengurangi Kesenjangan Sosial

 

Salah satu fungsi zakat yang tak kalah penting adalah mengurangi kesenjangan sosial di tengah kehidupan sosial masyarakat.

 

Zakat bisa jadi sarana yang baik untuk menghubungkan antara orang-orang yang mampu dan orang-orang yang berhak mendapatkan zakat atau mustahik, seperti fakir miskin, amil, muallaf, dan sebagainya.

 

Walau tidak secara menyeluruh, namun zakat bisa mengatasi masalah ekonomi, seperti, kemiskinan dan kesenjangan sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

 

9. Mempererat Tali Persaudaraan

 

Masih terkait dengan poin sebelumnya, fungsi zakat akan terasa nyata jika disalurkan dengan benar. Zakat yang tepat sasaran bisa mempererat tali persaudaran kita sesama umat muslim.

 

Berat sama dipikul ringan sama dijinjing, begitu kira-kira peribahasa yang tepat untuk menggambarkan ini. Orang yang mampu bisa menolong orang yang membutuhkan.

 

Ingatlah bahwa roda tidak selamanya di atas. Siapa yang tahu nanti kita yang membutuhkan bantuan orang lain?

 

10. Mendatangkan Keberkahan

 

Terakhir, makna zakat adalah Al-Barakatu, yang artinya berkah. Zakat tak hanya memberikan berkah bagi penerimanya, melainkan juga pemberinya.

 

Membayarkan zakat atas harta yang kita miliki untuk mereka yang membutuhkan mudah-mudahan akan membuat kita selalu dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT. 

 

Keberkahan harta ini tentunya akan membuat kita lebih tenang dalam menjalani hidup.

 

Nah, itu tadi fungsi zakat dalam Islam yang wajib kamu tahu.  LinkAja sebagai layanan e-wallet terdepan juga memiliki fitur bayar zakat yang memungkinkan pengguna untuk membayar berbagai macam zakat dan sedekah secara online dan mudah.

 

Selain itu, LinkAja juga memiliki layanan LinkAja Syariah yang bisa membuat kamu bertransaksi dengan lebih nyaman karena sesuai dengan syariat Islam. LinkAja Syariah mengedepankan tiga kategori uutama produk layanan syariah, yaitu Ekosistem ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf).

 

Seluruh pengguna LinkAja dapat mengaktifkan rekening LinkAja Syariah dengan melakukan aktiviasi akun dan memasukkan nomor PIN. Setelah itu pengguna dapat langsung memanfaatkan beragam produk LinkAja Syariah melalui aplikasi LinkAja.

 

 

Yuk, aktifkan LinkAja Syariah dan bayar zakatmu sekarang lewat aplikasi LinkAja.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya