Gaya Hidup

10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton

Icon Calendar LinkAja30 Mei 2022

Image Artikel 10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton LinkAja
Sumber foto: IST

Salah satu genre film yang tak pernah sepi peminat adalah film perang. Film perang terbaik tak hanya menampilkan agonia untuk para penontonnya, namun juga mengajarkan bagaimana perang tidak pernah jadi solusi yang tepat, bahkan untuk pihak yang menang sekalipun. 



10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa



Nah, dari ratusan film, LinkAja telah membuat daftar rekomendasi film perang terbaik yang wajib kamu tonton. Berikut daftarnya.



1. Saving Private Ryan (1998)



Pasti hampir semua orang pasti setuju bahwa film ini adalah film perang terbaik yang pernah dibuat sepanjang masa. Film ini berkisah tentang sekelompok tentara yang dikirim dalam misi untuk menyelamatkan satu orang dari belakang garis musuh pada Perang Dunia II. 



Film ini digambarkan dengan sangat realistis dan mengerikan. Selain itu, kamu bakal disuguhi oleh penampilan terbaik dari para pemerannya, seperti Tom Hanks dan Matt Damon.

 

 

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Barat Terbaru 2022



2. The Deer Hunter (1978)



Film dengan setting Perang Vietnam ini punya premis yang berpusat pada sekelompok tentara yang ditangkap dan ditahan sebagai tawanan perang. 

 

The Deer Hunter adalah film perang terbaik yang mengeksplorasi kengerian perang yang sebenarnya. Perang Vietnam memang jadi salah satu bab terkelam dalam sejarah dunia, termasuk untuk Amerika Serikat sendiri.



Di sini kamu bakal melihat akting brilian aktor kawakan, seperti Robert De Niro dan Christopher Walken.





3. The Bridge on the River Kwai (1957)



Film perang klasik ini berlatar belakang Perang Dunia II dan berkisah tentang sekelompok tawanan perang Inggris yang dipaksa membangun jembatan untuk para penculik mereka yang merupakan orang Jepang. 



The Bridge on the River Kwai sempat kontroversial karena menghina Jepang dan mengglorifikasi dominasi Barat dengan kehadiran tentara Inggris yang membuat jembatan. Adegan ikonis dari film yang dibintangi Alec Guinness dan William Holden ini adalah peledakan jembatan yang membuat sebuah kereta jatuh ke sungai.





4. Schindler's List (1993)



Bicara soal film perang yang bagus, film ini diangkat dari kisah nyata Oskar Schindler ini wajib masuk daftar tontonanmu. Oskar merupakan seorang pengusaha Jerman yang menyelamatkan nyawa lebih dari 1.000 orang Yahudi selama Holocaust. 



Schindler's List juga merupakan film perang yang sangat menyentuh dan kuat di departemen ceritanya. Film yang memenangi banyak penghargaan ini dibintangi oleh Liam Neeson dan Ralph Fiennes.




5. Platoon (1986)

 

Sama seperti film sebelumnya, Platoon punya latar Perang Vietnam dengan fokus cerita tentang sekelompok tentara Amerika yang berperang di hutan. Film ini wajib kamu tonton karena berhasil memenangi penghargaan Best Picture, Best Director, Best Film Editing, serta Best Sound.



Film perang terbaik sepanjang masa ini juga bertabur bintang, seperti Willem Dafoe, Charlie Sheen, Forest Whitaker, dan Johnny Depp. 



6. Letters from Iwo Jima (2006)

 

Battle of Iwo Jima adalah salah satu kisah perang paling pilu dalam sejarah manusia. Namun, Clint Eastwood cukup ambisius di kursi sutradara dengan menghadirkan pendekatan berbeda.



Eastwood menghadirkan cerita dari dua belah pihak di film perang terbaik Letters from Iwo Jima ini, baik dari sisi Amerika maupun Jepang. Kisahnya berpusat pada Ken Watanabe yang memimpin pasukannya sewaktu pasukan Amerika Serikat melakukan invasi ke Asia Pasifik.



Pasukan Jepang awalnya bisa bertahan dari serangan pihak sekutu di Iwo Jima, tapi secara perlahan mereka justru mengalami kekalahan yang menyeramkan. Eastwood menggambarkan pasukan Sekutu sebagai lawan yang sangat superior dan melarikan diri mereka tampak sebuah hal yang mustahil. 



7. 1917 (2019)



Film perang terbaik ini merupakan salah satu film yang wajib kamu tonton setidaknya sekali seumur hidup. 1917 mengambil latar pada Perang Dunia I saat tentara Jerman hendak ingin menginvasi Hindenburg Line.



Premisnya berpusat pada dua orang tentara muda Inggris yang ditugaskan untuk menyampaikan pesan penting ke resimen tentara Inggris tentang rencana Jerman. Pesan vital ini diklaim bisa mencegah jatuhnya banyak korban. Tentu perjalanan mereka tidak mudah karena harus melewati garis musuh.



Sinematografi yang digunakan dalam film ini disebut one shot. Selain rumit untuk dieksekusi, teknik ini juga bisa memakan waktu persiapan yang sangat lama.



Namun, konsekuensinya adalah kamu bakal melihat ketegangan nonstop yang bakal membuat kamu merasa seperti berada langsung di medan perang tersebut.



Film besutan Sam Mendes ini sukses meraih penghargaan Oscar untuk kategori Best Picture.



8. Full Metal Jacket (1987)



Film perang terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Full Metal Jacket. Kisahnya sebenarnya bukan tentang perang, namun lebih berpusat pada kamp pelatihan marinir.



Di film garapan Stanley Kubrick ini, kamu bakal melihat pelatihan calon marinir di Parris Island, South Carolina. Bukan pelatihan fisik biasa, para marinir disiksa dengan tekanan mental yang super menyiksa dari pelatihnya. 



Film perang terbaik ini berhasil memenangi Oscar untuk kategori Adapatasi Naskah Terbaik. 



9. Hackshaw Ridge (2016)

 

Film perang terbaik ini juga menawarkan cerita yang berbeda dari sebuah perang. Uniknya, film ini diangkat dari kisah nyata Pfc. Desmond T. Doss. Tentara tersebut, yang diperankan Andrew Garfield, memenangi Congressional Medal of Honor meskipun menolak untuk angkat senjata dalam Perang Dunia II.



Doss dikisahkan sebagai seorang Kristen taat yang menolak untuk angkat senjata kala perang. Hebatnya, meski tidak memegang senjata, dia berhasil jadi tokoh yang diingat kala perang karena berhasil menyelamatkan 75 tentara di Battle of Okinawa.



10. Dunkirk (2017)

 

Dunkirk termasuk film baru, namun langsung menduduki posisi sebagai salah satu film perang terbaik. Film garapan Christopher Nolan, yang sebelumnya sukses menggarap Batman Trilogy. 



Film dengan setting Dunkirk ini berkisah tentang tentara dari Inggris, Belgia, dan Prancis yang ingin kabur dari kota Dunkirk ketika berperang melawan tentara Jerman. 



Bukan Nolan namanya kalau tidak ambisius menghadirkan teknologi untuk para penonton. Di film ini dia menggunakan kamera format besar untuk menghadirkan pengalaman yang immersive di layar lebar.

 

 

Baca juga: 10 Film Romantis Barat Terbaik yang Bakal Menguras Emosimu



Film perang terbaik di atas bisa kamu nikmati di beberapa layanan streaming legal yang beroperasi di Indonesia. Nah, tunggu apa lagi? Gunakan LinkAja sekarang untuk membayar langganan situs streaming favorit kamu sekarang juga!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya