Gaya Hidup

10 Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton

Icon Calendar LinkAja13 Apr 2022

Image Artikel 10 Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton LinkAja
Sumber foto: GKIDS

Film animasi atau film kartun kini bukan sekadar tontonan untuk anak kecil. Beberapa film kartun terbaik menyajikan suguhan visual yang memanjakan mata. Tak hanya itu, ceritanya yang ditawarkannya pun juga beragam dan terkadang malah membahas hal yang hanya bisa dimengerti oleh orang dewasa.

 

Seiring perkembangan teknologi, film kartun pun kini semakin memanjakan mata dengan teknik animasi yang semakin modern. Nah, buat kamu yang senang nonton film kartun atau animasi, simak terus bahasannya di bawah ini ya.

 

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar yang Banyak Ditonton

 

Rekomendasi Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa

 

Walt Disney mungkin bisa dibilang sebagai rumah produksi film kartun yang paling pertama. Namun, di luar rumah produksi yang memperkenalkan karakter Mickey Mouse tersebut, ada banyak lagi rumah produksi yang mengeluarkan film-film kartun terbaik sepanjang masa yang layak kamu tonton. Berikut adalah rekomendasinya.

 

1. Spider-Man: Into The Spider-Verse (2018)

 

Buat kamu yang kemarin terheran-heran dengan multiverse Spider-Man, kemungkinan kamu belum menonton film kartun terbaik yang satu ini. Spider-Man: Into The Spider-Verse menawarkan alternate universe manusia laba-laba ini.

 

Di film ini dikisahkan remaja Brooklyn, Miles Morales, digigit laba-laba di kereta. Singkat kata, Morales menjadi Spider-Man. Bahkan dia juga sempat bertemu Peter Parker, yang juga sudah menjadi Spider-Man. Cerita serta sajian visual Spider-Man: Into The Spider-Verse yang menakjubkan membuatnya menang Oscar pada 2019 untuk kategori Best Animated Feature Film.

 

2. Inside Out (2015)

 

Film kartun terbaik berikutnya yang wajib kamu tonton adalah Inside Out. Dalam film ini, dikisahkan Riley (Kaitlyn Dias) adalah seorang gadis cilik periang yang emosinya berubah drastis ketika orang tuanya mengajaknya pindah ke San Francisco.

 

Premisnya sebenarnya cukup berat dan lebih cocok untuk orang dewasa, namun disajikan dengan cara menarik. Kamu bakal lebih aware tentang bagaimana emosi senang, marah, hingga takut terbentuk di dalam pikiran. Inside Out mengantongi nominasi Best Original Screenplay dan memenangi Best Animated Feature Film di Oscar pada 2016.

 

3. Soul (2020)

 

Soul disutradarai oleh sineas yang sama dengan Inside Out, Pete Docter. Jadi, kualitas film animasi terbaik ini sama bagusnya dengan film dia sebelumnya. Di film ini Joe Gardner, seorang guru musik yang punya mimpi jadi musisi jazz ternama.

 

Setelah bertahun-tahun mengejar mimpinya dan kesempatan di depan mata, nahas dia mengalami kecelakaan. Namun, dia tidak menyerah begitu saja dan berusaha untuk hidup kembali. Film kartun terbaik sepanjang masa ini mengantongi tiga nominasi Oscar 2021 dan memenangi dua di antaranya, yaitu Best Animated Feature Film dan Best Original Score.

 

4. Zootopia (2016)

 

Film kartun terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Zootopia. Film yang berkisah tentang sebuah kota yang dihuni binatang dan menjadikan Judy Hopps (Ginnifer Goodwin) sebagai pusat premisnya ini jadi film animasi terlaris pada 2016.

 

Bahkan, rekor penjualan tiketnya juga menggeser Frozen yang laris manis di seluruh dunia. Zootopia mengajarkan banyak nilai pada penontonnya dari segala usia, misalnya menghindari prejudice dan mengupayakan keadilan yang harus setara untuk semua makhluk hidup.

 

5. Kubo and the Two Strings (2016)

 

Salah satu format film kartun terbaik yang juga terkenal di dunia adalah stop motion. Proses pembuatannya yang menggunakan boneka atau patung lilin dan dipotret tiap frame bisa membuat pengerjaan film semacam ini bisa memakan waktu hingga bertahun-tahun.

 

Untuk merampungkan produksi film ini dibutuhkan waktu lima tahun. Kubo (Art Parkinson) diceritakan tak sengaja membangunkan roh jahat dari masa lalu. Selanjutnya dia berusaha mengalahkan roh tersebut dengan dibantu Monkey (Charlize Theron) dan Beetle (Matthew McConaughey).

 

Kubo sarat akan nuansa cerita rakyat Jepang sehingga menawarkan pengalaman baru dari sebuah film animasi Barat. Salah satu penghargaan yang disabet film ini adalah British Academy Awards untuk kategori Best Animated Feature Film.

 

Baca juga: Mengenal Keqing Genshin Impact: Kekuatan, Tips Build, dan Senjata

 

6. Grave of the Fireflies (1988)

 

Grave of the Fireflies tentu tak boleh luput dari daftar film kartun terbaik sepanjang masa. Film yang diangkat dari cerpen semi-autobiografi tahun 1967 karya Akiyuki Nosaka ini berkisah tentang tragedi perang.

 

Film keluaran Studio Ghibli ini Isao Takahata. Premisnya berkisah tentang dua saudara,  Seita and Setsuko, di kota Kobe. Mereka harus berjuang untuk hidup pada bulan-bulan akhir Perang Dunia Kedua.

 

Film animasi terbaik ini sudah diakui sebagai karya adiluhung dalam sejarah animasi Jepang. Selain itu, dijamin saat menontonnya emosi kamu bakal terkoyak. Jadi, film ini wajib banget kamu tonton.

 

7. Kimi No Na Wa (2017)

 

Biasanya film kartun terbaik Jepang selama bertahun-tahun didominasi oleh Studio Ghibli. Oleh karena itu, ketika film ini tayang dan melampaui semua ekspektasi pencinta animasi, Kimi No Na Wa langsung jadi perbincangan.

 

Bukan tanpa alasan, film yang berjudul Inggris Your Name dan disutradarai Makoto Shinkai ini menawarkan visual tiada tandingan. Premisnya sebenarnya cukup sederhana, yaitu tentang dua remaja bertukar badan dan berusaha bertemu satu sama lain.

 

Namun, kisah sederhana tersebut ditampilkan dengan detail visual dan palet warna yang sangat memanjakan mata. Wajib nonton!

 

8. Toy Story 4 (2019)

 

Jadi, salah satu film kartun terbaik sekaligus legendaris sepanjang sejarah sinema, Toy Story 4 tentu harus masuk dalam daftar ini. Film ini merupakan penutup yang manis dari kisah Woody, Buzz Lightyear dan kawan-kawannya.

 

Di film ini kita akan diajak bertualang bersama Bonnie, Forky, dan kembali dipertemukan dengan Bo Peep. Film ini jadi nostalgia bagi penggemar lamanya sekaligus menjaga legacy bagi generasi sesudahnya yang mungkin belum pernah tahu persahabatan Woody dan Andy.

 

9. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)

 

Dari segi visual, Snow White and the Seven Dwarfs mungkin tidak terlalu menarik jika ditonton dengan standar sinema sekarang. Namun, ingat film ini adalah film kartun panjang pertama Disney.

 

Film ini sudah menggunakan teknologi Technicolor yang jadi fondasi perfilman modern. Jadi, jika kamu ingin napak tilas cikal bakal semua film kartun terbaik, ya film inilah yang harus jadi awal.

 

Bayangkan dengan keterbatasan teknologi kala itu, Disney sudah bisa memproduksi film animasi sekompleks ini. Jadi, wajar film ini masih dikenang hingga kini.

 

10. Who Framed Roger Rabbit (1988)

 

Bicara tentang sejarah, rasanya kurang jika tidak memasukkan Who Framed Roger Rabbit ke dalam daftar ini. Jauh sebelum Space Jam, film kartun terbaik sepanjang masa ini sudah menggabungkan live action dan animasi.

 

Film ini berkisah tentang detektif Eddie Valiant (Bob Hoskins) yang ditugasi untuk menyelidiki skandal yang melibatkan Jessica Rabbit (Kathleen Turner). Dengan orisinalitas dan format visualnya, wajar film ini masih jadi salah satu masterpiece dunia sinema hingga kini.

 

Nah, itu tadi daftar film kartun terbaik sepanjang masa. Film-film di atas bisa kamu tonton di beberapa layanan streaming legal di Indonesia. Nah, biar nontonnya lancar kamu bisa nih membayar layanan streaming film seperti Vidio, Viu, WeTV dan yang lainnya secara langsung pakai LinkAja.

 

Caranya gampang banget, buka saja aplikasi LinkAja kamu dan langsung pilih “Semua” pada kategori produk. Lalu cari “Hiburan” dan pilih “Streaming”. Selanjutnya kamu tinggal pilih deh mau bayar layanan streaming yang mana.

 

 

Yuk isi saldo LinkAja kamu sekarang dan rasakan kemudahan pembayaran untuk berbagai macam transaksi di dalamnya.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya