Info

Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk Pelanggan Prabayar

Icon Calendar LinkAja11 Apr 2022

Image Artikel Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk Pelanggan Prabayar LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Bagi para pengguna kartu prabayar, kamu baru bisa menggunakan layanan komunikasi dari provider setelah melakukan registrasi kartu. Registrasi kartu ini berlaku bagi semua provider seluler, termasuk Telkomsel. Syarat registrasi berlaku sejak 31 Oktober 2017 untuk semua pelanggan kartu prabayar.

 

Manfaat registrasi kartu Telkomsel adalah memberikan perlindungan konsumen agar terhindar dari penyalahgunaan data. Selain itu, registrasi kartu Telkomsel bertujuan untuk memudahkan penyediaan layanan seperti transaksi online dan telah diatur peraturan Menkominfo No.12/2016.

 

Apa Itu Registrasi Kartu Telkomsel?

 

Registrasi kartu Telkomsel adalah proses pendaftaran data diri pelanggan layanan komunikasi yang disediakan oleh Telkomsel. Proses registrasi ini berlaku untuk pelanggan kartu prabayar baru dan lama (terhitung 31 Oktober 2017).

 

Sekarang, para pelanggan yang termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) harus mendaftarkan dirinya saat beli kartu perdana. Jika sudah selesai melakukan registrasi kartu, barulah nomor Telkomsel kamu akan aktif dan bisa beli pulsa atau paket data.

 

Langkah yang harus kamu lakukan untuk registrasi tidak sulit, kok. Sederhananya, kamu hanya perlu mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Untuk WNA, NIK bisa diganti dengan menggunakan nomor paspor/KITAS/KITAP bagi WNA.

 

Registrasi ini merupakan proses validasi identitas diri pengguna melalui database Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Jadi, pastikan data yang kamu daftarkan sesuai dengan data di Dukcapil. Kamu hanya boleh terdaftar maksimal sebanyak 3 (tiga) nomor dari setiap NIK dari satu provider.

 

Pilihan Cara Registrasi Kartu Telkomsel yang Mudah

 

Registrasi kartu Telkomsel dan kartu prabayar lainnya akan diproses selambat-lambatnya 1x24 jam sebelum kartu bisa dipakai. Sekarang, penyedia layanan komunikasi juga akan langsung diminta mendaftarkan nomor identitas dan kartu keluarga saat baru memasukkan kartu perdana ke ponsel.

 

Proses registrasi yang menjadi tahap validasi ini sangat disarankan untuk dilakukan sendiri oleh pengguna. Tujuannya untuk meminimalisasi penyalahgunaan data saat meminta bantuan orang lain. Nah, berikut ini beberapa cara registrasi kartu Telkomsel yang aman untuk para penggunanya.

 

1. Cara registrasi kartu Telkomsel lewat USSD

 

Unstructured Supplementary Service Data (USSD) merupakan protokol yang digunakan untuk berkomunikasi dari handphone pengguna ke penyedia layanan telekomunikasi atau sebaliknya.

 

Komunikasi melalui USSD ini sebenarnya berupa pesan teks dan mirip dengan SMS. Hanya saja, pertukaran pesan dari pelanggan akan langsung terhubung antara ponsel dengan aplikasi yang terhubung dengan jaringan operator. Berikut cara registrasi kartu Telkomsel lewat UUSD.

 

> Lakukan panggilan *444# (berlaku untuk pelanggan baru dan lama)

> Tekan angka 1 untuk pilihan menu registrasi

> Masukkan NIK sesuai data yang terdaftar pada KTP elektronik

> Masukkan nomor KK sesuai yang tertera di dokumen

> Kirim dan tunggu notifikasi registrasi berhasil

 

2. Cara registrasi kartu Telkomsel dari SMS

 

Kamu juga bisa menggunakan SMS untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel. Mengirim SMS untuk proses registrasi ini juga tidak akan dikenakan biaya. Jadi, kamu bisa mengirim SMS tanpa harus beli pulsa terlebih dahulu. Berikut cara registrasi kartu Telkomsel lewat SMS.

 

> Buka menu pesan (SMS) dari HP kamu

> Tulis pesan dengan format registrasi dan 16 digit NIK dan KK

Format: REG(spasi)NIK#Nomor KK

Contoh: REG 1234561234500001#1000165432123456

> Kirim pesan ke nomor 4444

> Tunggu hingga kamu mendapatkan pesan balasan berupa notifikasi registrasi berhasil

 

3. Cara registrasi kartu Telkomsel lewat nomor 188

 

Jika masih bingung melakukan registrasi kartu Telkomsel sendiri, kamu juga punya pilihan untuk meminta bantuan melalui telepon. Kamu bisa menghubungi nomor 188 tanpa biaya dari menu panggilan. Saat menelepon, pilih layanan registrasi kartu dan ikuti panduan tim layanan pelanggan.

 

4. Cara registrasi kartu Telkomsel lewat Grapari

 

Sebaiknya kamu juga berhati-hati jika ingin meminta bantuan orang lain untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel. Pastikan data yang kamu berikan pada orang itu tidak akan disalahgunakan. Kamu bisa mendapatkan dengan datang ke Grapari untuk dapat bantuan dari petugas resmi Telkomsel.

 

5. Cara registrasi kartu Telkomsel lewat call center

 

Jika mengalami kesulitan untuk melakukan registrasi, kamu juga bisa menghubungi call center atau asisten virtual Veronika. Kamu bisa menghubungi Veronika melalui menu chat dari website, LINE, Telegram, atau Facebook Messenger untuk mendapatkan bantuan terkait registrasi kartu.

 

Baca juga: 4 Cara Registrasi Kartu Indosat yang Mudah DIlakukan

 

 

Nah, itulah beberapa cara registrasi kartu Telkomsel yang bisa kamu lakukan. Pastikan untuk melakukan registrasi hingga berhasil agar nomor kartu perdana kamu tidak hangus. Jika sudah berhasil registrasi, kamu juga bisa langsung isi pulsa atau paket data Telkomsel dari aplikasi LinkAja karena #Apa2Bisa dan banyak promonya!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya