Info

4 Cara Registrasi Kartu Indosat yang Mudah Dilakukan

Icon Calendar LinkAja7 Apr 2022

Image Artikel 4 Cara Registrasi Kartu Indosat yang Mudah Dilakukan LinkAja
Sumber foto: Shutterstock

Dalam meningkatkan layanan, setiap pengguna provider ponsel wajib untuk melakukan registrasi kartu miliknya. Begitu juga untuk para pengguna layanan kartu Indosat yang menjadi salah satu penyedia layanan seluler di Indonesia. Kamu bisa memilih cara registrasi kartu Indosat yang mudah untuk dilakukan.

 

Untuk registrasi, penyedia layanan akan meminta Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Memasukkan nomor ini pun dimaksudkan supaya tidak ada oknum yang menyalahgunakan nomor baru untuk keperluan yang tidak baik. Pemerintah pun sudah membatasi kepemilikan nomor ponsel untuk satu orang.

 

Menurut Surat Edaran Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nomor 01/2018, pengguna telepon seluler hanya bisa melakukan registrasi tiga nomor untuk tiap operatornya. Peraturan ini pun ditegaskan lagi dalam Surat Ketetapan BRTI No. 3/2008.

 

Cara Registrasi Kartu Indosat

 

Indosat memberikan tiga cara registrasi yang bisa kamu pilih. Semua metode yang diberikan tentunya sangat mudah dan bisa disesuaikan dengan aktivitas kamu. Yuk, simak cara registrasi kartu Indosat dan langkah-langkah melakukannya:

 

1. Cara registrasi kartu Indosat dengan menggunakan SMS

 

Layanan Short Message Service (SMS) atau layanan pesan singkat sebenarnya masih sangat diperlukan oleh beberapa hal. Salah satunya melakukan registrasi nomor Indosat kamu. Malahan, metode registrasi ini terbilang paling praktis untuk dilakukan.

 

Cara registrasi kartu Indosat dengan menggunakan SMS ini pun bisa dilakukan oleh pengguna baru maupun pengguna lama. Kamu hanya perlu mengirimkan NIK dan nomor KK dengan format yang sudah ditentukan.

 

Cara registrasi kartu Indosat pengguna lama yang belum teregistrasi sebelumnya:

 

> Buka aplikasi SMS

> Ketik Ulang#NIK#Nomor KK# (Contoh: Ulang#325868700001#6354521123636482001#)

> Kirim ke 4444

> Tunggu balasan SMS yang menyatakan proses berhasil

Cara registrasi kartu Indosat pengguna baru:

> Buka aplikasi SMS

> Ketik #NIK#Nomor KK# (Contoh: Ulang#325868700001#6354521123636482001#)

> Kirim ke 4444

> Tunggu balasan SMS yang menyatakan proses berhasil

 

2. Cara registrasi kartu Indosat secara online

 

Untuk kamu yang memiliki perangkat dengan akses internet, bisa juga melakukan registrasi secara online. Metode registrasi online ini tidak akan memakan pulsa kamu, loh. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

 

> Kunjungi situs resmi Indosat di https://myim3.indosatooredoo.com/registration

> Masukkan nomor Indosat

> Masukkan NIK atau nomor KTP

> Masukkan nomor KK

> Klik tanda kitak “I am not a robot”

> Periksa data yang kamu masukkan

> Pilih “Periksa”

> Tunggu notifikasi yang masuk ke nomor ponsel kamu

 

3. Cara registrasi kartu Indosat dengan datang langsung ke galeri Indosat terdekat

 

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mendatangi gerai Indosat terdekat untuk melakukan registrasi. Kamu perlu membawa KTP dan KK asli untuk mempermudah proses registrasi di gerai Indosat. Cek lokasi galeri Indosat dengan mengakses situs https://indosatooredoo.com/gerai.

 

Bukan hanya melakukan registrasi nomor baru, kamu pun bisa menghapus registrasi nomor Indosat lama di sana. Dengan begitu, kamu bisa menambah nomor baru untuk didaftarkan.

 

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Cara Isi dan Transfer Pulsa Indosat yang Sering Bikin Bingung!

 

Cara Registrasi Kartu Indosat untuk WNA

 

Para turis dan pendatang juga bisa memanfaatkan layanan Indosat di Indonesia. Para Warga Negara Asing (WNA) bisa mengganti NIK dan nomor KK dengan identitas yang diakui di Indonesia. Serupa dengan WNI, para WNA juga memiliki limit untuk mendaftarkan identitas dirinya untuk layanan seluler di Indonesia. Berikut identitas yang bisa digunakan:

 

> Paspor

> Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP)

> Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)

Para WNA cukup memilih metode registrasi yang tersedia dan melakukan langkah-langkahnya saja.

 

Cara Mengecek Registrasi Kartu Indosat

 

Untuk mengetahui statusnya, kamu pun bisa mengeceknya dari smartphone. Kamu hanya perlu NIK atau nomor KTP untuk bisa mengetahui status kartu Indosat. Mungkin saja kamu ingin tahu apa langkah registrasi yang dilakukan sudah berhasil atau belum.

 

Ada dua cara mengecek nomor kamu sudah teregistrasi atau belum. Berikut cara-caranya:

 

> Mengunjungi laman https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index dan memasukkan nomor Indosat kamu.

> Bisa juga melalui SMS dengan mengetik INFO#NIK (Contoh: INFO#34124686500001) dan kirim ke 4444.

Jika belum teregistrasi, ada kemungkinan kamu belum melakukan registrasi atau data diri yang kamu masukkan salah. Kamu bisa melakukan registrasi ulang dengan memilih metode yang sudah disebutkan tadi.

 

Itu dia langkah-langkah untuk registrasi kartu Indosat yang kamu miliki. Setelah melakukan registrasi, kamu bisa menikmati segala layanan dari Indosat, seperti telepon, SMS, hingga berselancar di internet.

 

 

Jangan khawatir kehabisan pulsa dan paket data, ya. Kamu bisa membelinya dari aplikasi LinkAja. Dapatkan pulsa mulai dari Rp5.000 hingga Rp200.000 yang tidak pakai ribet. Bayarnya pakai saldo LinkAja yang #Apa2bisa.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya