Keuangan

Gampang! Begini Cara Cek Nomor Rekening BCA, BRI, BNI, Mandiri

Icon Calendar LinkAja25 Apr 2022

Image Artikel Gampang! Begini Cara Cek Nomor Rekening BCA, BRI, BNI, Mandiri LinkAja

Nomor rekening merupakan nomor yang diperlukan untuk beberapa transaksi bank, seperti menarik dan menyetorkan uang baik melalui bank ataupun mesin ATM. Beberapa orang sering kali bingung mengenai nomor rekening ini. Apakah kamu salah satu di antaranya?

 

Cara Cek Nomor Rekening BCA, BRI, BNI, Mandiri

Berikut cara cek nomor rekening dari berbagai bank yang perlu dipahami dan cari tahu juga cara cek nomor rekening penipu demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk, disimak!

 

Cara Cek Nomor Rekening BCA

Cara paling mudah untuk melakukan transaksi di bank sebaiknya kamu menghafalkan nomor rekening yang kamu punya. Khususnya saat kamu memiliki nomor rekening BCA, karena nomor rekening BCA cenderung gampang untuk diingat dan dihafalkan karena hanya memiliki 10 digit angka. Akan tetapi, jika kamu masih kesulitan untuk mengingat dan menghafalnya, kamu dapat mengikut beberapa langkah di bawah ini untuk melihat nomor rekening BCA yang kamu punya. Silakan disimak dan dicatat ya!

 

1. Buku Tabungan BCA

Pada buku tabungan BCA, terdapat bagian sampul dan di sebelah kirinya terdapat tulisan nama kamu dan di bawahnya ada nomor rekening BCA yang kamu punya.

 

Namun, jika kamu memiliki rekening BCA yang tidak menggunakan buku tabungan, salah satunya seperti Tahapan Xpresi, maka kamu perlu menggunakan cara yang lain untuk melihat nomor rekening BCA yang kamu punya.

 

2. Kartu Debit BCA

Saat kamu membuka rekening di customer service kantor cabang BCA, petugas customer service biasanya akan menuliskan nomor rekening kamu di bagian belakang kartu BCA, khususnya jika kamu membuka tabungan Tahapan Xpresi yang tidak mendapatkan buku tabungan. Nah, jadi kamu bisa cek nomor rekening kamu melalui kartu debit BCA yang kamu punya, ya!

 

3. ATM BCA

Nah, selanjutnya cara yang dapat kamu lakukan untuk cek nomor rekening BCA yaitu melalui mesin ATM. Kamu bisa mendatangi ATM BCA terdekat dan mengikuti beberapa langkah seperti di bawah ini:

        Masukkanlah kartu debit BCA ke mesin ATM

        Masukkan 6 digit nomor PIN

        Pilih “Transaksi Lainnya”

        Pilih “Informasi”

        Pilih “Mutasi Rekening”

        Kemudian, struk mutasi akan keluar, dan kamu bisa melihat nomor rekening kamu yang tertera di struk tersebut

 

 4. m-BCA

Melalui mobile banking m-BCA, kamu dapat melihat nomor rekening dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Mobile banking m-BCA merupakan layanan dari Bank BCA yang berbasis aplikasi. Namun, perlu dipastikan jika kamu sudah mendaftarkan rekening kamu ke layanan mobile banking m-MBA ya dengan registrasi nomor ponsel di ATM maupun KC BCA terdekat. Selain itu, pastikan bahwa gawai kamu terhubung dengan internet dan kamu sudah mendownload aplikasinya baik di Google Play Store maupun Apple Store. 

Cara melihat nomor rekening BCA melalui m-BCA:

        Buka aplikasi m-BCA

        Pilih m-BCA

        Masukkan 6 digit kode akses m-BCA

        Klik “Login”.

        Pilih “m-Info”

        Pilih “Info Saldo

        Masukkan PIN m-BCA.

        Informasi mengenai nomor rekening beserta saldo akan terpampang pada layar ponsel kamu

 

KlikBCA

KlikBCA merupakan layanan internet banking dari BCA yang dapat membantu kamu untuk cek nomor rekening, jumlah saldo, dan mutasi rekening. Kamu juga harus melakukan aktivasi rekening untuk menikmati fitur internet banking di KCP BCA terdekat. Saat hendak mengecek nomor rekening melalui KlikBCA, pastikan juga ponsel kamu terhubung internet ya!

Berikut ini langkah-langkah cek nomor rekening melalui KlikBCA:

        Buka website KlikBCA

        Pilih jenis internet banking sesuai dengan yang didaftarkan (individual atau bisnis)

        Klik “Login”

        Masukkan User ID BCA kamu dan masukkan 6 digit PIN

        Pilih menu “Informasi Rekening”

        Pilih “Informasi Saldo”

        Jumlah saldo kamu akan terlihat bersama dengan nomor rekening

 

Halo BCA

Selanjutnya, cara untuk cek nomor rekening BCA, kamu dapat menghubungi Call Center Halo BCA. Layanan ini tersedia selama 24 jam, dan kamu dapat menghubungi melalui telepon seluler maupun kabel. Layanan ini memerlukan tarif yang disesuaikan dengan operator yang kamu punya.

Kamu harus menyiapkan beberapa berkas untuk melakukan proses verifikasi saat menggunakan layanan Halo BCA. Berkas yang perlu diverifikasi seperti KTP dan kartu debit aktif yang kamu punya. Halo BCA akan mengajukan pertanyaan verifikasi sebelum kamu terhubung dengan customer service. Kamu dapat menjawab seluruh pertanyaan, kemudian sampaikan tujuan kamu dalam menelpon, yaitu untuk cek nomor rekening.

Halo BCA juga memiliki aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store. Fitur aplikasinya cukup lengkap karena seluruh kanal resmi Halo BCA diintegrasikan, seperti Call Center, email, chat, WhatsApp, dan Twitter yang dapat kamu gunakan saat berada di luar negeri. Untuk menggunakan aplikasi Halo BCA ini kamu juga tetap harus melakukan registrasi terlebih dahulu, ya!

 

Cara Cek Nomor Rekening BRI

Berikut ini adalah beberapa cara membuka rekening BRI:

 

1. Buku Tabungan BRI

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat kamu membuka rekening, biasanya kamu akan mendapatkan buku tabungan. Tidak jauh berbeda dengan bank lainnya, nomor rekening tabungan dapat kamu ditemukan di balik sampul buku tabungan. Mudah sekali, bukan?

 

2. ATM BRI

ATM BRI banyak dijumpai di berbagai tempat. Mesin ATM tidak hanya digunakan untuk menarik uang, namun bisa juga untuk cek nomor rekening BRI yang kamu punya, selain itu kamu juga bisa melakukan transfer dan cek saldo. Kamu bisa mendatangi ATM BRI terdekat untuk cek nomor rekening BRI yang kamu punya.

 

3. E-Banking

Melalui E-Banking, kamu tidak perlu repot-repot mendatangi gerai ATM BRI terdekat. Selama kamu memiliki koneksi internet dan sudah melakukan aktivasi rekening kamu pada e-banking BRI, kamu bisa cek nomor rekening dengan praktis di website e-banking tersebut. Kamu hanya perlu memasukkan username dan password, kemudian nomor rekening kamu akan terlihat di layar depan. Selain cek nomor rekening, kamu juga dapat melakukan transaksi lainnya, lho, melalui e-banking tersebut.

 

Cara Cek Nomor Rekening BNI

Berikut ini adalah beberapa cara membuka rekening BNI:

 

1. Buku Tabungan

Nomor rekening BNI biasanya terletak di bagian informasi pribadi yang di dalamnya terdapat informasi berupa nama, alamat, dan kantor cabang. Bagian informasi pribadi tersebut biasanya ada pada halaman paling depan dan sudah tertera nomor rekening kamu juga. Namun, jika kamu lupa membawa buku tabungan, tidak perlu khawatir, masih ada beberapa cara lain yang dapat kamu coba untuk cek nomor rekening kamu.

 

2. ATM

Kamu dapat cek nomor rekening BNI melalui mesin ATM BNI terdekat, dan kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

        Masukkan kartu ATM ke dalam mesin.

        Masukkan PIN

        Pilih bahasa dan layanan

        Pilih menu Mutasi Rekening

        Pilih keterangan “Tampilkan pada Layar”

        Pilih Rekening Giro atau Rekening Tabungan sesuai dengan jenis tabungan yang kamu punya

        Saat mutasi rekening sudah muncul, kamu dapat melihat nomor rekening kamu melalui layar

 

3. E-Banking

Untuk melakukan proses cek rekening BNI melalui internet banking, pastikan kamu sudah memiliki akun e-banking BNI ya. Jika sudah, kamu langsung bisa akses laman ibank.bni.co.id lewat browser komputer atau smartphone kamu. Jika kamu berhasil login, halaman awal dari e-banking akan ditampilkan informasi pribadi dari pemilik rekening. Nah, di situ kamu bisa  cek nomor rekening BNI yang biasanya berjumlah 10 digit. Sangat mudah, kan?

 

4. M-Banking

E-banking dan m-Banking sama-sama mengandalkan internet. Untuk bisa menggunakan m-banking, kamu harus mengunduh aplikasinya yang bisa diunduh lewat Google Play Store atau Apple Store terlebih dahulu.

        Masukkan ID dan password yang telah  didapatkan dari customer service BNI.

        Pilih menu Informasi Akun atau Account Information

        Nama dan data diri nasabah, serta nomor rekening akan terlihat pada layar ponsel

 

Baca Juga : SMS Banking BRI: Info Lengkap, Cara Transfer, dan Cek Saldo

 

Cara Cek Nomor Rekening Mandiri

Berikut ini adalah beberapa cara membuka rekening Mandiri:

 

1. ATM

Kamu dapat melakukan cek nomor rekening mandiri melalui mesin ATM mandiri terdekat. Kamu dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini saat melakukan cek nomor rekening mandiri di mesin ATM:

        Masukan kartu ATM

        Pilih menu Bahasa Indonesia.

        Masukan PIN ATM

        Pilih menu Informasi Saldo.

        Informasi saldo akan terlihat bersama dengan nomor rekening kamu

 

2. Melalui Aplikasi Mandiri Online

Kamu dapat mengunduh Mandiri Online App di Google Play Store maupun Apple Store. Setelah itu ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

        Masuk menggunakan akun internet banking yang kamu punya (pastikan kamu sudah registrasi ke KC Mandiri terdekat)

        Setelah berhasil login di aplikasi, nama pemilik rekening, nomor rekening, dan saldo rekening kamu akan terpampang di layar depan aplikasi.

 

Cara Cek Nomor Rekening Penipu

Selain mencari nomor rekening sendiri, saat ini kamu juga sudah bisa lho mendeteksi nomor rekening yang diduga terlibat dengan tindak penipuan. Hal ini menjadi fitur yang sangat bermanfaat karena saat ini kasus penipuan secara online kerap terjadi. Modusnya adalah para korban diminta untuk mentransfer sejumlah dana ke nomor rekening pelaku dalam sebuah transaksi online. Nah, untuk mendeteksi apakah nomor rekening tersebut aman atau tidak, kamu bisa mengeceknya melalui cara-cara berikut ini.

 

1. CekRekening.id

CekRekening.id merupakan situs milik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atau Kemkominfo. Situs ini biasanya menerima laporan terkait informasi penipuan dan kejahatan yang terjadi pada masyarakat. Berikut ini langkah-langkah untuk cek nomor rekening penipu melalui situs cekrekening.id:

        Buka situs cekrekening.id di browser Anda.

        Klik menu Periksa Rekening.

        Pilih salah satu opsi Bank/E-Wallet.

        Lalu klik Cek Sekarang.

        Jika informasi yang ada merupakan indikasi penipuan, silahkan klik Tambah Laporan.

        Isi kolom informasi terkait data rekening, biodata dan kronologi penipuan serta buktinya.

        Informasi yang ditampilkan hanya sekedar laporan-laporan yang sebelumnya pernah diberikan oleh korban penipuan.

 

2. kredibel.co.id

Selanjutnya, kamu bisa cek rekening penipu melalui situs resmi kredibel.go.id. Selain cek nomor rekening penipu, situs ini juga memiliki fasilitas untuk cek nomor HP dari pemilik rekening penipu tersebut. Berikut adalah langkah-langkah cek nomor rekening penipu melalui situs kredibel.go.id:

        Buka website resmi kredibel.co.id

        Pilih nomor Rekening atau Telepon.

        Silahkan masukkan nomor di kolom yang tersedia.

        Pilih Cari dan informasi laporan terkait nomor rekening atau nomor HP akan muncul.

        Untuk informasi lebih detail, kamu harus melakukan log in atau sign up akun terlebih dahulu.

 

3. lapor.go.id

Situs lapor.go.id ini merupakan situs yang dapat digunakan untuk melaporkan rekening penipuan yang mengatasnamakan atau berkaitan dengan instansi pemerintahan yang berwenang. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan situs lapor.go.id:

        Kunjungi website www.lapor.go.id di browser

        Pilih jenis laporan antara Pengaduan, Aspirasi, dan Permintaan Informasi

        Isi data dan laporan dengan benar

        Unggah bukti pendukung untuk laporan

        Klik Lapor untuk membuat laporan

 

Baca Juga: 11 Jenis Tabungan BRI, Syarat, dan Keuntungannya

 

Bagaimana? Gampang kan cara cek nomor rekening bank? Setelah mengetahui nomor rekening yang kamu punya, kamu juga bisa melakukan transaksi online melalui LinkAja, lho! Yuk, download aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS sekarang juga, untuk memudahkan transaksi kamu saat belanja atau saat hendak menaiki transportasi umum.

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya