Gaya Hidup

Cara Cek Kuota Telkomsel yang Praktis Biar Internetan Makin PeDe

Icon Calendar LinkAja6 Jul 2022

Image Artikel Cara Cek Kuota Telkomsel yang Praktis Biar Internetan Makin PeDe LinkAja
Sumber foto: Shutterstock

Kebutuhan komunikasi zaman sekarang sudah beralih dari penggunaan pulsa menjadi kuota internet. Saat ini, penggunaan kuota internet sudah dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi yang praktis dan murah. Lewat aplikasi, kuota internet sudah bisa dipakai telepon dan berkirim pesan.

Ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi suara maupun teks. Namun, dalam hal ini penggunaan pulsa internet yang dibutuhkan sama saja. Karena itulah, penggunaan kuota atau paket data lebih sering dilakukan ketimbang pulsa reguler.

Meningkatnya kebutuhan penggunaan kuota juga membuat banyak orang lebih membutuhkan fitur cek kuota. Cara cek kuota Telkomsel merupakan salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh para pengguna provider. Sebagai provider yang andal, cek kuota Telkomsel bisa dilakukan dengan berbagai cara.

 

Baca juga: Dari Beli Hingga Transfer, Berikut Informasi Lengkap Pulsa Telkomsel yang Wajib Diketahui

 

Apa Itu Kuota Telkomsel?

Kuota Telkomsel adalah jatah layanan komunikasi yang disediakan oleh provider Telkomsel dan biasanya tersedia dalam berbagai jenis paket. Penggunaan kuota bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi di handphone (HP).

Para pengguna Telkomsel juga bisa memilih paket kuota yang sesuai dengan kebutuhan. Selain kuota internet reguler, ada pula kuota internet nonton, media sosial, dan lain-lain. Ada pula paket internet Telkomsel yang bisa dibeli pengguna dengan gabungan beberapa jenis kuota sekaligus.

Bagi kamu yang aktif menggunakan internet sebagai sarana komunikasi sehari-hari, mungkin kamu akan memilih kombinasi paket internet tersebut. Masing-masing jenis kuota bisa dicek secara berkala agar tidak kehabisan tiba-tiba dan sesuai dengan kebutuhan internet kamu.

Cara Cek Kuota Telkomsel

Penggunaan kuota internet juga bisa dipilih berdasarkan periode penggunaan harian, mingguan, dan bulanan. Biasanya, paket internet yang dibeli bisa disesuaikan dengan kebuthan. Nah, untuk mengecek kuota Telkomsel yang aktif, berikut inilah cara cek kuota Telkomsel yang bisa dilakukan.

1. Cara cek kuota Telkomsel dari menu dial UMB

Jika ingin mengecek kuota Telkomsel langsung, kamu bisa melihatnya dari menu dial USSD Menu Browser (UMB). Biasanya, masing-masing layanan telekomunikasi menyediakan operator layanan pelanggan. Melalui menu ini, pelanggan bisa mendapatkan sejumlah informasi yang dibutuhkan.

Cara cek kuota Telkomsel lewat UMB tidak membutuhkan kuota internet maupun pengenaan biaya alias gratis. Kamu juga bisa tetap mengecek status kuota internet meskipun sudah masuk masa tenggang. Nah, berikut inilah cara cek kuota Telkomsel dari menu dial UMB:

> Masuk ke menu telepon

> Tekan *363#

> Tekan tombol dial

> Pilih “Cek status”

> Tunggu hingga ada SMS masuk, lalu cek status kuota Telkomsel dari SMS yang masuk

2. Cara cek kuota Telkomsel lewat SMS

Kamu juga bisa melakukan mengecekan kuota Telkomsel lewat cara klasik yaitu SMS. Cara cek kuota Telkomsel lewat SMS bisa dilakukan dengan mengirim pesan ke operator. Berikut inilah cara cek kuota Telkomsel yang tersisa melalui fitur SMS di HP kamu:

> Buka menu pesan di HP kamu

> Ketik pesan dengan format UL<spasi>INFO

> Kirimkan pesan SMS ke nomor 3636

> Tunggu balasan pesan dari operator, cek status kuota Telkomsel seperti mengecek dari menu UMB

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet Telkomsel 2022 dan Masa Aktifnya

3. Cara cek kuota Telkomsel dari MyTelkomsel

Makin berkembangnya teknologi juga membuat provider layanan terus aktif memberikan inovasi layanan yang praktis bagi pelanggan. Salah satu cara yang aktif dilakukan oleh layanan provider adalan membuat aplikasi yang menjadi pusat layanan terintegrasi untuk semua kebutuhan.

Aplikasi MyTelkomsel menjadi salah satu pelopor aplikasi yang praktis untuk semua pelanggan Telkomsel. Berikut ini cara cek kuota Telkomsel lewat MyTelkomsel:

> Download aplikasi MyTelkomsel dari AppStore atau Play Store

> Buka aplikasi MyTelkomsel dan login menggunakan nomor HP

> Ikuti langkah verifikasi yang dikirimkan melalui SMS

> Pilih opsi “Internet” di halaman utama aplikasi, lalu cek sisa kuota beserta masa aktifnya

4. Cara cek kuota Telkomsel dari Customer Service

Cek kuota Telkomsel juga bisa dilakukan dengan menelepon ke Customer Service. Layanan pelanggan ini tersedia untuk 24 jam. Layanan pelanggan ini bisa dihubungi untuk pengaduan maupun pengecekan kuota. 

Kamu juga bisa menelepon gratis lewat nomor 155 yang akan dijawab oleh mesin penerima panggilan. Berbeda dengan nomor 155, menghubungi nomor 188 akan dikenai biaya Rp300 karena ditangani oleh Customer Service. Nah, berikut inilah cara untuk cek kuota Telkomsel dari Customer Service:

> Buka menu telepon

> Tekan nomor 188

> Pilih menu dial, tunggu operator mengangkat panggilan dan tanyakan sisa kuota Telkomsel kamu

5. Cara cek kuota Telkomsel dari Veronika

Pengguna layanan Telkomsel mungkin juga sudah familier dengan persona Veronika. Veronika adalah asisten virtual Telkomsel yang bisa melayani kamu melalui media sosial. Kamu bisa menghubungi asisten virtual Telkomsel dan meminta bantuan untuk melakukan cek kuota lewat channel berikut ini:

> WhatsApp (0811-1111-1111): https://tsel.me/wa1

> LINE (@Telkomsel): https://tsel.me/lineVA

> FB Messenger (Telkomsel): https://tsel.me/facebookVA

> Telegram (@telkomsel_official_bot): https://tsel.me/telegramVA

Nah, itulah berbagai pilihan yang bisa digunakan untuk memastikan HP kamu masih memiliki kuota internet yang cukup. Melalui alokasi kuota internet tersebut, kamu bisa mendapatkan perkiraan kuota yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dalam periode waktu tertentu.

Penggunaan kuota internet tentunya sangat penting untuk bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan komunikasi masa kini. Belum lagi, kamu juga bisa menggunakan layanan provider yang andal asalkan punya kuota yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas.

 

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Cara Isi dan Transfer Pulsa Indosat yang Sering Bikin Bingung!

 

Jangan lupa untuk selalu memastikan kuota internet kamu terpenuhi. Kalau kuota sudah habis dari cara cek kuota Telkomsel di atas, kamu juga bisa langsung beli paket internet dari aplikasi LinkAja. Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan aplikasi MyTelkomsel dan menghubungkannya dengan aplikasi LinkAja sebagai menu pembayaran yang praktis karena sekarang #Apa2Bisa pakai LinkAja!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya