Gaya Hidup

10 Bahan Makanan yang Harus Dipersiapkan untuk Bulan Puasa

Icon Calendar LinkAja21 Mar 2023

Image Artikel 10 Bahan Makanan yang Harus Dipersiapkan untuk Bulan Puasa LinkAja
Pexels

Tak terasa bulan puasa pada tahun 2023 ini telah tiba. Selama sebulan penuh umat Muslim akan beribadah puasa untuk menunaikan salah satu dari rukun Islam ini. Untuk menyambut bulan Ramadan ini, tentunya kita harus mempersiapkan baik-baik kebutuhan bahan makanan sehari-hari karena kebutuhan tubuh tentunya akan berbeda selama bulan puasa ini. 

Bahan Makanan yang Wajib Tersedia Selama Bulan Puasa

Pola makan kita selama bulan puasa tentunya sudah bisa dijadwalkan dengan baik, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Dengan pola makan yang sudah terjadwal ini tentunya akan memudahkan kita untuk mempersiapkan makanan-makanan yang siap disantap nantinya. Untuk mempermudah kamu, berikut adalah bahan-bahan makanan yang wajib tersedia selama bulan puasa nanti untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi selama berpuasa.

1. Beras

Beras menjadi salah satu sumber karbohidrat yang biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia pada umumnya. Jumlah kalori yang dikandungnya bisa membantu tubuh untuk tetap bisa bugar selama seharian saat berpuasa. Selain mudah dikombinasikan dengan beraneka lauk pauk, nasi juga bisa dengan cepat diolah menjadi nasi goreng untuk keperluan santap sahur. 

2. Telur

Telur menjadi salah satu sumber protein yang sangat mudah diolah menjadi apa saja. Rasa bosan terhadap makanan yang itu-itu saja biasanya kerap terjadi saat bulan puasa, nah dengan telur ini kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai macam jenis makanan, mulai dari telur mata sapi, telur dadar, omlet, martabak, dan atau bahkan campuran nasi goreng. 

3. Daging-dagingan

Sumber protein hewani lainnya yang harus selalu tersedia selama bulan puasa adalah aneka daging-dagingan, mulai dari daging sapi, ayam, sampai ikan. Jumlah asupan protein yang cukup telah teruji secara efektif membuat tubuh terasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan konsumsi karbohidrat atau lemak. 

Oleh karena itu, dalam memilih aneka daging ini pastikan kamu memilih daging yang lebih sedikit mengandung lemak, seperti potongan ayam bagian dada, ikan segar, atau daging dengan potongan tenderloin. 

Baca juga: 8 Barang Sehari-hari untuk Kebutuhan Rumah Tangga

4. Makanan beku

Makanan beku bisa menjadi penyelamat saat kamu sudah kehabisan ide untuk memasak atau bahkan saat hampir terlambat untuk bangun sahur. Proses memasaknya yang sebentar dan rasanya yang lezat membuat makanan beku menjadi pilihan yang tepat dalam situasi tersebut. 

Untuk menghindari rasa bosan, kamu tentu harus mengombinasikan aneka makanan beku ini, mulai dari yang digoreng seperti nuget dan sosis sampai yang bisa dioleh menjadi rebusan seperti bakso ikan dan olahan untuk shabu-shabu lainnya. 

5. Makanan kaleng

Selain makanan beku, makanan dalam kemasan kalengan juga bisa menjadi penyelamat untuk makanan cepat saji lainnya. Makanan kalengan ini mulai dari daging kornet, tuna, atau ikan sarden. Bahan makanan ini bisa disantap secara langsung atau bisa diolah lagi secara sederhana, misalnya ditambahkan potongan bawang merah, bawang bombai atau irisan cabe merah untuk menambah cita rasanya. 

Makanan kaleng ini tak hanya aneka protein saja, kamu juga bisa membeli buah-buahan yang dikemas di kaleng. Buah-buahan ini bisa kamu buat menjadi minuman es buah untuk menyegarkan dahaga saat berbuka puasa. Kamu hanya tinggal menambahkan sedikit air dan es batu untuk membuat buah-buahan dalam kemasan kaleng menjadi es buah yang menyegarkan. 

6. Aneka sayuran

Untuk melengkapi protein dari daging-dagingan, kamu juga harus menyediakan sumber serat dalam bentuk aneka sayuran hijau. Sayuran ini dibutuhkan agar asupan nutrisi untuk tubuh tetap seimbang dan tidak mengalami gangguan pencernaan selama puasa karena asupan serat yang baik. 

Menyediakan sayuran ini memang cukup tricky karena bahan makanan ini tidak bisa disimpan terlalu lama di dalam kulkas. Oleh karena itu, kamu harus membelinya setiap hari, baik itu beli di pasar ataupun memesannya secara online. Sayuran juga termasuk bahan makanan yang cukup mudah untuk diolah karena bisa direbus, dioseng, dijadikan salad, atau bahkan pelengkap untuk makanan lainnya, seperti mie instant. 

Baca juga: Mau Beli Sayur Online? Cek Aplikasinya Berikut Ini!

7. Mie instant

Baca kalimat “mie instant” di atas? Coba di sini siapa yang seminggu sebelum lebaran santap sahurnya pasti ada mie instant? Tenang kamu tidak sendirian di sini. Mie instant memang telah menjadi makanan kuncian sejak lama saat rasa malas untuk memasak sahur mulai menyerang. Proses masaknya cepat, rasanya enak, dan bisa dicampur dengan apa saja, termasuk juga dicampur pakai nasi. Iya nasi, kenapa memang? 

8. Buah-buahan

Sering dilupakan, tapi percayalah tetap mengonsumsi buah-buahan secara rutin selama bulan puasa akan membuat asupan nutrisi kamu tetap seimbang. Aneka vitamin yang terkandung di dalam buah-buahan akan membuat sistem kekebalan tubuh tetap terjaga meskipun sedang berpuasa. Kamu bisa mengonsumsi buah secara langsung maupun dengan mengolahnya menjadi jus atau es buah.

9. Susu

Susu memang menjadi pelengkap terhadap segala macam kebutuhan tubuh akan nutrisi dan gizi yang seimbang. Namun, kamu bisa mengonsumsi susu setiap selesai makan sahur untuk menambah asupan nutrisi agar lebih kuat dalam beraktivitas seharian nanti. Sebaiknya, susu yang dikonsumsi adalah susu full cream dan bukan merupakan susu kental manis agar asupan nutrisinya lebih bagus dan tidak membuat tubuh terlalu banyak mengonsumsi gula saat santap sahur. 

10. Aneka bumbu masak

Percaya atau tidak aneka bumbu masak bisa menjadi bahan makanan yang paling dicari, baik itu di pasar tradisional atau bahkan modern retail dan online. Bumbu-bumbu seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan yang lainnya bisa menjadi sangat langka menjelang bulan puasa seperti ini. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tetap menjaga stok bumbu-bumbu masak ini.

Selain itu, bumbu masak instan seperti bumbu untuk membuat opor ayam, sambal goreng, atau nasi goreng juga menjadi bumbu masak yang wajib tersedia di dapur agar bisa memudahkan kamu saat memasak nantinya.

 

Nah, itulah aneka macam bahan makanan yang wajib tersedia di rumah saat bulan puasa nanti. Kamu bisa dengan mudah membelinya secara online melalui Tokopedia, Bukalapak, Blibli atau bahkan KlikIndomaret, biar mudah bayarnya pilih saja LinkAja sebagai metode pembayarannya ya!

Dapatkan aplikasi LinkAja melalui link berikut:

 

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya