23 April 2021

Mengenal JOOX, Layanan Musik Streaming dengan Harga Murah

Tidak dapat dipungkiri bahwa mendengarkan musik atau lagu merupakan hobi bagi kebanyakan orang. Sebelum adanya smartphone, seseorang hanya bisa mendengarkan musik melalui kaset, CD player, radio, atau bahkan media download yang lainnya.

Namun saat ini, kegiatan mendengarkan musik telah berubah sedemikian rupa karena lebih gampang diakses oleh masyarakat. Kita tidak perlu lagi repot-repot membeli kaset lalu memutarnya di tape musik atau menunggu lagu kesukaan kita diputarkan di radio.

Makanya tidak heran jika makin banyak aplikasi streaming atau pemutar musik online yang tersedia di pasaran. Menurut data yang diambil dari Statista.com, sekitar 125 juta orang telah beralih dari kaset dan CD menuju streaming. Bahkan, jumlah ini terus meningkat di setiap tahunnya dan menembus angka 260 juta pengguna di akhir tahun 2020 kemarin.

Salah satu aplikasi streaming musik yang memiliki banyak pengguna di Indonesia adalah JOOX. Sebelum diluncurkan di Indonesia, JOOX telah terlebih dahulu diluncurkan di Hongkong dan Malaysia di awal 2015. Lantas, apa itu JOOX?

Awal Mula JOOX

Nama aplikasi streaming musik JOOX diambil dari kata Jukebox, yang merupakan mesin pemutar lagu otomatis. Tidak hanya berfungsi untuk streaming musik, aplikasi JOOX juga bisa digunakan untuk mendengarkan radio.

Sesuai dengan tagline yang diusung, yaitu “Music Anytime, Anywhere”, aplikasi JOOX bisa diakses di smartphone ataupun PC/laptop. Pada aplikasi JOOX, kamu akan diberikan pilihan untuk menjadi pengguna VIP atau tidak. Jika kamu tidak berlangganan menjadi pengguna VIP, maka pilihan lagu yang bisa kamu putar jadi terbatas.

Fitur-fitur JOOX

Selain menyediakan jutaan lagu untuk dinikmati para penggunanya, JOOX juga menawarkan fitur-fitur lain untuk menambah pengalaman penggunaan aplikasinya, yang terdiri dari:

Koleksi Musik yang Lengkap

Tersedia jutaan lagu, mulai dari lokal, asia, hingga internasional dari berbagai genre untuk bisa dinikmati para pecinta musik secara gratis, dan bisa diunduh secara offline jika kamu merupakan pelanggan VIP.

JOOX Radio

Aplikasi ini juga memiliki fitur JOOX Radio, untuk mengakomodir kebutuhan para pendengar radio untuk mengakses puluhan channel radio yang telah dikelompokkan ke dalam beberapa kategori.

Rekomendasi Playlist

Fitur playlist ini adalah beragam pilihan playlist yang telah dikurasi secara khusus oleh tim JOOX berdasarkan kategori yang ada, seperti genre, mood, aktivitas, throwback, atau tren terbaru. Fitur ini dibuat untuk memudahkan para pendengar lagu agar tidak lagi kesulitan menemukan lagu berdasarkan kategori yang ingin mereka dengarkan.

JOOX Top Chart

JOOX Top Chart adalah sebuah fitur yang berisi daftar lagu yang paling sering diputar oleh pengguna aktif yang lainnya. Hingga saat ini, fitur Top Chart terbagi menjadi lima kategori, yakni: Trending Top Hits, International Top Hits, Indonesia Top Hits, New Single Top Hits dan juga K-pop Top Hits. Fitur JOOX Top Chart ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan penikmat musik dengan preferensi yang berbeda-beda setiap orangnya.

Personalisasi Musik

Dengan menggunakan fitur ini, para pengguna JOOX bisa membuat playlist baru yang berisi lagu-lagu favorit, sesuai dengan pilihan masing-masing.

Real-time Sharing

Fitur Real-time Sharing ini memungkinkan para pengguna JOOX mobile app untuk membagikan dan memberikan komentar terhadap lagu-lagu yang sedang didengarkan ke teman-teman pengguna JOOX yang lainnya.

Local Flavor

Walaupun menawarkan berbagai hits musik mancanegara, JOOX tetap ingin membangun koneksi dan komunitas musik lokal, salah satunya dengan  cara memprioritaskan lagu-lagu karya anak bangsa untuk tetap mengudara di tengah persaingan musik internasional.

Oleh karena itu, fitur local flavor menghadirkan berbagai pilihan musik lokal yang dikurasi secara saksama oleh JOOX berdasarkan pengamatan musik lokal tertentu pada sebuah tren yang sedang berlangsung.

Perbedaan JOOX VIP dan Biasa

JOOX VIP pada dasarnya diperuntukan untuk para pecinta musik sejati di mana mereka dapat menikmati layanan Play On-demand, mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline, kualitas streaming terbaik, unlimited song skips serta terbebas dari iklan.

Tidak hanya itu, JOOX VIP juga menyediakan fitur Auto-Download, yaitu sebuah fitur untuk mengunduh lagu-lagu yang ada dalam playlist secara otomatis ketika smartphone sudah tersambung koneksi Wi-Fi. Untuk lebih ringkasnya, berikut tabel perbandingan JOOX VIP dan Biasa:

 

Paket VIP

Non VIP

Katalog 30 juta lagu

Tanpa batas

Terbatas

Musik latar belakang

Bebas iklan

-

Unduh

-

Diputar sesuai keinginan

-

Kualitas musik Hi-Fi

-

Lewati tanpa batas

-

Baca juga: Cari Tahu Cara Mudah Bayar Gojek Pakai LinkAja di Sini!

Selain memiliki beragam fitur untuk memudahkan para penggunanya, perlu diketahui juga bahwa JOOX memberikan akses tak terbatas (Unlimited Licensed Music) kepada pendengar setia yang selalu menghargai karya-karya musisi baik lokal maupun internasional dengan cara yang legal. Oleh karena itu, tidak heran juga masyarakat yang didominasi anak muda sangat tertarik mencoba JOOX.

Jika kamu tertarik ingin mulai berlangganan sebagai pengguna aplikasi JOOX, silakan mengunduh aplikasinya pada Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS. Tidak perlu khawatir, untuk melakukan pembayarannya pun kini tersedia dan bisa dibeli menggunakan aplikasi pembayaran LinkAja yang #LengkapnyaUntukSemua!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :