13 April 2020

Percaya Diri Lewat Kartu Prakerja, Ini Keuntungannya

Pemerintah baru-baru ini mengenalkan kepada publik apa yang disebut dengan Kartu Prakerja. Kartu Prakerja memungkinkan penerimanya untuk mengembangkan diri dan mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja lewat pelatihan kerja bersertifikat. Pelatihan kerja bersertifikat ini tentunya dihadirkan oleh mitra-mitra penyelenggara yang diyakini kualitasnya seperti Tokopedia, Skill Academy, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir dan Kemnaker.

Pelatihan kerja hadir untuk berbagai bidang keilmuan seperti marketing, teknik mesin, tata boga dan lain sebagainya. Pelatihan kerja ini terselenggara dengan mekanisme offline atau datang langsung ke tempat dan online atau berbasis digital layaknya kursus online. Tidak hanya itu, penerima Kartu Pekerja juga diberikan tunjangan hingga 2,4 juta rupiah setelah berhasil menyelesaikan pelatihan kerja hingga ke tahap tes dan penilaian. Lebih lanjut mengenai Kartu Prakerja akan dibahas dalam tulisan ini:

  1. Syarat-syarat Pendaftar Kartu Pekerja

Kartu Prakerja merupakan program yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah, maka untuk mendaftar Kartu Pekerja dibutuhkan syarat berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia 18-24 tahun
  3. Belum atau sedang bekerja
  4. Tidak sedang menempuh pendidikan formal seperti sekolah atau kuliah
  1. Cara mendaftar Kartu Prakerja

Bila kamu telah memenuhi sejumlah syarat di atas, berikut adalah syarat mendaftar Kartu Prakerja:

  1. Buka situs prakerja.go.id
  2. Pastikan proses pendaftaran tahun ini telah dibuka
  3. Isi data diri yang diminta dengan lengkap dan benar
  1. Manfaat Kartu Prakerja

Dalam halaman resminya, pemerintah memuat sejumlah manfaat untuk para pemegang Kartu Prakerja terdaftar antara lain:

  1. Mengasah dan meningkatkan kualitas kemampuan diri
  2. Membuka kesempatan masuk dunia kerja
  3. Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Dan yang pastinya, kamu akan mendapatkan bantuan dana insentif hingga 2,4 juta rupiah per orang yang akan disalurkan lewat mitra Kartu Prakerja untuk penerimaan insentif, salah satunya LinkAja. Di aplikasi LinkAja, kamu dapat melakukan banyak transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja seperti pembelian pulsa dan data, pembayaran tagihan dan asuransi hingga transfer dan kirim uang cepat dan mudah ke semua bank.


Yuk mulai #SiapDariSekarang dan dapatkan informasi lebih lengkap di situs ini.

Bagikan artikel ini :