Syarat Dan Ketentuan Layanan LinkAja

Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja (Syarat dan Ketentuan) ini berlaku dan mengikat Pemegang LinkAja serta PT Fintek Karya Nusantara (Finarya)

 

Layanan LinkAja

  1. LinkAja adalah sebuah layanan keuangan elektronik yang diselenggarakan oleh PT. Fintek Karya Nusantara (“Finarya”) yang telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia, memiliki fungsi yang sama dengan uang tunai sebagai alat pembayaran yang sah, dimana nilainya setara dengan nilai uang tunai yang disetorkan terlebih dahulu ke rekening LinkAja dan uang yang disetorkan bukanlah bersifat simpanan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan perbankan dan oleh karenanya LinkAja tidak memberikan bunga serta tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
  2. Nomor Rekening LinkAja adalah Nomor Telepon selular dari Pemegang LinkAja yang tercatat di Finarya, dimana 1 (satu) Rekening LinkAja hanya berlaku untuk 1 (satu) Nomor Telepon selular dalam jaringan Indonesia, dan juga sebaliknya.
  3. Jenis Layanan LinkAja terbagi atas:
    1. LinkAja Basic Service adalah jenis layanan LinkAja yang data identitas pemegangnya tidak terdaftar dan tidak tercatat di Finarya yang dapat dipergunakan untuk fasilitas layanan sebagai berikut:
      1. Isi Saldo (Cash In/Top Up);
      2. Pembayaran Transaksi;
      3. Pembayaran Tagihan;
      4. Fasilitas lain berdasarkan persetujuan Bank Indonesia
    2. LinkAja Full Service adalah jenis layanan LinkAja yang data identitas pemegangnya terdaftar dan tercatat di Finarya; yang dapat dipergunakan untuk fasilitas layanan sebagai berikut:
      1. Isi Saldo (Cash In/Top Up);
      2. Pembayaran Transaksi;
      3. Pembayaran Tagihan;
      4. Transfer Dana;
      5. Tarik Tunai;
      6. Penyaluran Dana pihak ketiga;
      7. Fasilitas lain berdasarkan persetujuan Bank Indonesia.

Aktivasi LinkAja Bagi Pemegang Baru

  1. Untuk dapat menggunakan layanan LinkAja, Pemegang harus terlebih dahulu melakukan aktivasi LinkAja dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Menggunakan nomor telepon selular yang aktif dalam jaringan Telekomunikasi atau nirkabel.
    2. Melakukan aktivasi LinkAja melalui media yang disediakan oleh Finarya dari waktu ke waktu tetapi tidak terbatas seperti pada Aplikasi LinkAja dan UMB *800# (untuk Pengguna Telkomsel).
  2. Pemegang yang belum mendaftarkan data identitas pada aplikasi LinkAja hanya akan aktif sebagai Pemegang LinkAja Basic Service.
  3. Pemegang yang sudah mendaftarkan data identitas dan memberikan dokumen identitas kepada Finarya akan aktif sebagai Pemegang LinkAja Full Service apabila telah lulus uji tuntas oleh Finarya.
  4. Pemegang LinkAja Basic Service dapat melakukan upgrade menjadi Pemegang LinkAja Full Service dengan cara mendaftarkan data pribadi dan memberikan dokumen identitas Pemegang LinkAja kepada Finarya sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan lulus proses uji tuntas yang dilakukan oleh Finarya.
  5. Pendaftaran dan pemberian dokumen indentitas dimaksud di atas dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi LinkAja atau di seluruh titik pelayanan LinkAja dan Mitra Layanan Keuangan Digital (LKD) Finarya.
  6. Untuk memenuhi kaidah Customer Due Diligence (CDD), Finarya dapat meminta informasi/dokumen tambahan tentang Pemegang bila diperlukan sesuai peraturan yang berlaku.
  7. Finarya berhak atas pertimbangannya sendiri karena alasan apapun, untuk melakukan pembatalan dan/atau penolakan proses upgrade dari Basic Service menjadi Full Service dengan menginformasikan terlebih dahulu kepada Pemegang LinkAja.
  8. Pemegang LinkAja membebaskan Finarya dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami dan/atau istri dan/atau ahli waris Pemegang sehubungan dengan proses pembatalan upgrade dari Basic Service menjadi Full Service LinkAja.

Penggunaan LinkAja

  1. Pengisian Saldo LinkAja (Cash In/Top Up) dapat dilakukan di titik pelayanan Finarya beserta Mitra LKD yang telah bekerjasama untuk menyelenggarakan fasilitas Pengisian Saldo (Cash In/Top Up) sesuai dengan ketentuan yang berlaku, atau melalui transfer dana dari rekening uang atau bank lainnya.
  2. Transaksi menggunakan LinkAja hanya dapat dilakukan selama saldo LinkAja mencukupi.
  3. Untuk kemudahan Pemegang LinkAja, dari waktu ke waktu Finarya dapat menyediakan media seperti tetapi tidak terbatas pada Aplikasi (LinkAja App) dan NFC Tag (LinkAja TAP), USSD *800#, SMS (LinkAja) yang seluruhnya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari produk LinkAja. Dan informasi dari media akan dijelaskan lebih lanjut dalam website LinkAja (https://www.linkaja.id) serta saluran media sosial yakni instagram (@LinkAja), facebook (LinkAja Indonesia), twitter (@LinkAja).
  4. Penggunaan LinkAja termasuk penggunaan melalui saluran dimaksud pada ayat 3 Pasal ini hanya dapat dilakukan oleh Pemegang LinkAja sesuai dengan syarat dan ketentuan penggunaan yang berlaku dari waktu ke waktu dan tidak dapat dipindahtangankan kepada pihak lain dengan cara apapun. Segala kerugian dan akibat yang timbul dari kelalaian, kesalahan, dan ketidakhati-hatian dalam menggunakan LinkAja merupakan tanggung jawab Pemegang sepenuhnya. Oleh karenanya, Finarya tidak bertanggung jawab terhadap pengembalian atas uang elektronik yang hilang akibat kesalahan tersebut.
  5. Transaksi LinkAja disimpan secara elektronik di dalam server milik Finarya; dalam hal terdapat perbedaan antara saldo dan/atau riwayat transaksi yang tertera dalam media atau sumber data lain seperti tetapi tidak terbatas pada aplikasi, catatan merchant, telepon selular  Pemegang, maka yang digunakan sebagai pedoman dan memiliki kekuatan mengikat secara hukum adalah data pada server Finarya.
  6. Dalam hal nomor telepon selular Pemegang LinkAja hilang, maka pemindahan saldo LinkAja  dapat dilakukan selama Pemegang LinkAja lulus proses validasi yang dilakukan oleh Finarya.
  7. Finarya dapat menolak transaksi yang dilakukan Pemegang LinkAja, dalam hal Pemegang LinkAja melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini.
  8. Pemegang LinkAja wajib memahami bahwa pendebetan atas transaksi berhasil dimungkinkan mengalami keterlambatan karena berbagai alasan, dan bahwa LinkAja akan mendebet dana tersebut atas transaksi yang berhasil meskipun terdapat tenggang waktu dari sampainya notifikasi keberhasilan transaksi.
  9. Finarya setiap saat berhak untuk memblokir, membekukan, atau membatalkan rekening LinkAja yang dimiliki atau transaksi yang dilakukan oleh Pemegang LinkAja apabila termasuk dalam parameter transaksi keuangan mencurigakan sebagaimana ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau berdasarkan perintah dari otoritas yang berwenang. namun tidak terbatas pada dana milik Pemegang berasal dari tindak pidana atau diduga berasal dari tindak pidana dimana dana yang dimiliki tidak seharusnya dikuasai oleh Pemegang.

Tanggung Jawab Pemegang LinkAja

  1. Pemegang LinkAja bertanggung jawab terhadap keamanan SIM Card pemegang yang terhubung dengan rekening LinkAja yang dimilikinya dan telepon selular atau media lainnya yang digunakan sebagai sarana untuk mengakses layanan LinkAja dengan melakukan pemeliharaan dan penyimpanan yang memadai guna mencegah terjadinya kegagalan proses akibat tidak berfungsinya SIM Card dan/atau telepon selular dan/atau media lainnya yang digunakan Pemegang LinkAja, pencurian maupun penyalahgunaan dan/atau kejahatan lainnya oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.
  2. Pemegang LinkAja  bertanggung jawab untuk memperlakukan secara rahasia data-data yang bersifat pribadi, di antaranya namun tidak terbatas pada: nama Pemegang, token, kode verifikasi, PIN (Personal Identification Number), dan lainnya yang berkembang dari waktu ke waktu.
  3. Pemegang LinkAja wajib menjaga kerahasiaan PIN dan bertanggung jawab untuk merubah PIN secara berkala dalam rangka menjaga keamanan rekening LinkAja miliknya dan menghindari penyalahgunaan PIN oleh pihak lain.
  4. Segala akibat penyalahgunaan PIN tersebut adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Pemegang LinkAja yang bersangkutan. Pemegang LinkAja dengan ini membebaskan Finarya dari segala tuntutan yang timbul baik dari pihak lain maupun  dari Pemegang LinkAja sendiri sebagai akibat penyalahgunaan PIN. Penggunaan PIN milik Pemegang LinkAja dianggap sebagai penggunaan yang sah dari pemilik PIN tersebut dan sejak diberitahukannya PIN ke Pemegang LinkAja, kerahasiaan PIN sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemegang LinkAja yang bersangkutan.
  5. Pemegang LinkAja bertanggung jawab atas setiap transaksi yang dilakukan termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan memilih menu transaksi, kesalahan memasukkan nomor tujuan, kesalahan memasukkan nomor rekening, dan kesalahan memasukkan nominal. Untuk itu Pemegang  wajib mengikuti setiap petunjuk dalam melakukan transaksi dengan berhati- hati dan kerugian/pengurangan saldo rekening LinkAja atas transaksi yang keliru merupakan tanggung jawab  Pemegang LinkAja.
  6. Dengan memperhatikan segala ketentuan tersebut di atas, Pemegang LinkAja dengan ini menyatakan bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian dan tuntutan uang ditimbulkan oleh penyalahgunaan LinkAja atas kesalahan/kelalaian Pemegang dan/atau kejahatan atas rekening LinkAja, termasuk namun tidak terbatas atas kerugian yang timbul dikarenakan kelalaian dan/atau kesalahan, tindakan ketidakhati-hatian atau kecerobohan serta penyalahgunaan data pribadi oleh Pemegang LinkAja dan Finarya dilepaskan dari segala kerugian dan tuntutan yang timbul dari Pemegang  dan Pihak Ketiga manapun.

Pemblokiran dan Pengakhiran LinkAja

  1. Pemegang LinkAja memahami bahwa atas rekening LinkAja dapat dilakukan pemblokiran baik secara sebagian dan/atau keseluruhan, sementara dan/atau permanen, dengan alasan seperti namun tidak terbatas pada permintaan dari :
    1. Pemegang LinkAja
    2. Finarya; dan/atau
    3. Lembaga Pemerintah.
  2. Pemegang  LinkAja dapat setiap saat mengajukan pemblokiran sementara Layanan LinkAja melalui call centre dan/atau titik pelayanan Finarya dalam hal kehilangan nomor telepon selular dan/atau NFC dan/atau media LinkAja lainnya milik Pemegang, Finarya tidak bertanggung jawab atas transaksi sah yang terjadi antara waktu kehilangan hingga adanya permintaan pemblokiran.
  3. Pemegang LinkAja dapat mengajukan permohonan pembukaan blokir kepada Finarya melalui call centre dan/atau titik pelayanan Finarya apabila nomor telepon selular Pemegang dan/atau NFC LinkAja atau media LinkAja lainnya tersebut telah diaktifkan kembali oleh Pemegang. Pembukaan blokir hanya dapat dilakukan oleh Pemegang setelah melalui proses verifikasi data oleh Finarya.
  4. Pemegang LinkAja sepakat bahwa Finarya berdasarkan pertimbangannya sendiri berhak melakukan pemblokiran rekening LinkAja jika Pemegang LinkAja melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan/atau terdapat indikasi bahwa rekening tersebut patut diduga disalahgunakan, termasuk tapi tidak terbatas untuk menampung dan/atau untuk melakukan kejahatan dan/atau untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan masyarakat atau pihak dan/atau Finarya berdasarkan alasan dan pertimbangan lain yang semata-mata ditetapkan oleh Finarya.
  5. Atas permintaan Lembaga Pemerintah yang berwenang, Finarya dapat memblokir rekening LinkAja sampai ada instruksi lebih lanjut dari Lembaga Pemerintah yang berwenang untuk membuka kembali rekening LinkAja.
  6. Pemegang LinkAja sepakat bahwa demi keamanan, Finarya berhak memblokir rekening LinkAja dalam hal terdapat kesalahan PIN sebanyak 3 (tiga) kali pada saat mengakses atau melakukan transaksi ataupun karena hal-hal lain yang menurut pertimbangan Finarya patut diduga dapat menimbulkan kerugian bagi Pemegang LinkAja.
  7. Layanan permintaan blokir dan buka blokir hanya tersedia untuk Pemegang LinkAja Full Service.
  8. Layanan LinkAja berakhir apabila:
    1. Diakhiri atas permintaan pemegang LinkAja setiap saat dengan mengisi permintaan pengakhiran Layanan atau formulir lainnya yang ditetapkan oleh Finarya.
    2. Finarya melaksanakan suatu  keharusan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
    3. Terdapat indikasi penyalahgunaan Layanan LinkAja oleh pemegang atau pihak ketiga lainnya dalam kaitannya dengan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku
    4. Berakhirnya layanan nomor telepon selular yang terhubung dengan layanan LinkAja.
  9. Dalam hal pengakhiran LinkAja, Pemegang LinkAja berhak mendapatkan pengembalian sisa saldo yang tersisa setelah dikurangi biaya-biaya terhutang apabila ada, namun apabila setelah dikurangi biaya-biaya terhutang lebih besar dari sisa saldo Pemegang LinkAja, maka Pemegang LinkAja wajib melunasi kewajibannya tersebut.
  10. Pemegang LinkAja dengan ini menyatakan bertanggung jawab sepenuhnya dan karenanya membebaskan Finarya dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami dan/atau istri dan/atau ahli waris Pemegang  sehubungan dengan proses pemblokiran dan/atau pengakhiran Layanan LinkAja.

Pembatasan Tanggung Jawab Finarya

  1. Pemegang LinkAja dengan ini membebaskan Finarya atas segala kerugian tidak langsung termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan kesempatan, kehilangan pendapatan, atau kehilangan keuntungan maupun kerugian imateriil lainnya termasuk karena tuntutan dari pihak manapun yang timbul akibat penggunaan LinkAja oleh Pemegang LinkAja.
  2. Finarya hanya berkewajiban untuk menanggung kerugian langsung yang diderita Pemegang LinkAja sepanjang dapat dibuktikan terjadi karena kesalahan Finarya, dengan jumlah maksimum sebesar jumlah nominal transaksi yang dimaksud.
  3. Finarya dibebaskan dari kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dalam hal terjadi Force Majeure atau karena tindakan pihak ketiga atau karena kewajiban sesuai peraturan pemerintah yang berlaku yang menyebabkan Finarya tidak dapat memberikan Layanan LinkAja.
  4. Dalam hal terjadinya kegagalan sistem maka nilai saldo Pemegang dalam LinkAja tetap dijamin aman pada Finarya dan akan dapat digunakan kembali saat sistem kembali normal.

Layanan Informasi

  1. Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan LinkAja, maka Pemegang LinkAja dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan secara tertulis dengan melampirkan fotokopi identitas Pemegang atau data diri Pemegang melalui:
    1. Titik pelayanan LinkAja;
    2. Mitra Layanan Keuangan Digital (LKD);
    3. Secara tertulis melalui email (info@linkaja.id)
    4. Secara tertulis melalui live chat di dalam website LinkAja (https://www.linkaja.id) dan/atau 
    5. Secara lisan melalui call center 150911 dan berlaku untuk semua operator telekomunikasi di Indonesia (dikenakan tarif local sesuai dengan operator masing-masing).
  2. Finarya akan melakukan verifikasi data Pemegang LinkAja dengan berpedoman pada data Pemegang yang tersimpan pada sistem Finarya. Finarya berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan yang diajukan Pemegang dalam hal data Pemegang yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Pemegang  yang tersimpan pada sistem Finarya.
  3. Finarya akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Pemegang  LinkAja serta memberikan jawaban kepada Pemegang sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Finarya setelah Finarya menerima keluhan/pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.

 

Hukum Yang Berlaku

  1. Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  2. Segala perselisihan yang timbul berkenaan dengan layanan LinkAja yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah akan diselesaikan melalui arbitrase di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

Lain-Lain

  1. Finarya menerima dan menjalankan setiap instruksi Pemegang LinkAja sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan layanan LinkAja dan karenanya Finarya tidak mempunyai kewajiban kepada Pemegang LinkAja untuk menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud dan oleh karena itu intruksi tersebut sah mengikat Pemegang LinkAja, kecuali Pemegang LinkAja dapat membuktikan sebaliknya.
  2. Pemegang LinkAja setuju bahwa Finarya dapat menyimpan, mengolah, dan memberikan informasi sehubungan dengan data Pemegang LinkAja yang ada pada Finarya, baik yang diberikan sendiri oleh Pemegang atau timbul akibat penggunaan LinkAja, termasuk menggabungkan, memisahkan, atau melakukan tindakan lain yang dibutuhkan termasuk menyerahkan data kepada pihak lain termasuk namun tidak terbatas pada mitra, afiliasi atau perusahaan-perusahaan terkait lainnya yang dianggap pantas oleh Finarya dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam rangka penyelenggaraan system pembayaran uang elektronik.
  3. Pemegang setuju untuk sewaktu-waktu menerima penawaran atau informasi terkait dengan produk-produk maupun program marketing LinkAja dan pihak yang bekerja sama dengan LinkAja sesuai dengan batas kewajaran yang ditetapkan oleh LinkAja.
  4. Finarya dapat mengubah, melengkapi, atau mengganti Syarat dan Ketentuan layanan LinkAja ini setiap saat dengan pemberitahuan kepada Pemegang LinkAja atau melalui media pemberian informasi/pengumuman yang lazim digunakan Finarya. Setiap perubahan atas Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini mengikat Pemegang LinkAja, dan diharapkan Pemegang LinkAja mengakses halaman ini secara periodik untuk mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  5. Pemegang LinkAja wajib tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada Finarya serta syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur semua jasa fasilitas dan transaksi yang dicakup oleh Layanan LinkAja, termasuk setiap perubahan yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh Finarya dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  6. Terhadap hal-hal yang tidak diatur secara khusus dalam Syarat dan Ketentuan ini, Pemegang LinkAja menyatakan tunduk pada seluruh ketentuan dan prosedur operasional yang seumumnya berlaku di Finarya terkait dengan LinkAja dan layanan telekomunikasi lainnya seperti namun tidak terbatas pada prosedur verifikasi baik tanda tangan maupun verifikasi secara elektronis.
  7. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan LinkAja ini, Pemegang mengikatkan dan menyatakan bahwa Finarya telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik Layanan LinkAja yang akan dimanfaatkan oleh Pemegang LinkAja dan Pemegang LinkAja telah mengerti serta memahami segala konsekuensi pemanfaatan Layanan LinkAja termasuk manfaat, risiko, dan biaya-biaya yang melekat pada Layanan LinkAja.
  8. Finarya tidak bertanggung jawab atas ketidaksesuaian atau ketersediaan barang di pihak ketiga atau mitra yang bekerjasama dalam penyelenggaraan layanan LinkAja.
  9. Pemegang LinkAja akan membebaskan Finarya dari segala tuntutan apapun, dalam hal sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan ataupun kemampuan Finarya, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, tidak berfungsinya sistem atau transmisi, gangguan listrik, gangguan jaringan telekomunikasi operator, kebijakan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan Finarya.
  10. Pemegang LinkAja setuju untuk tidak membantah keabsahan, kebenaran, atau keaslian bukti transaksi yang menggunakan Layanan LinkAja yang ditransmisi secara elektronik antara kedua belah pihak, termasuk dokumen dalam bentuk SMS, tape/cartridge, print out komputer, Salinan, atau bentuk penyimpanan informasi yang lain sebagaimana dimaksud sebagai Dokumen Elektronik dan Informasi Elektronik dalam Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik berikut seluruh perubahannya dari waktu ke waktu (apabila ada) dan semua alat atau dokumen tersebut merupakan alat bukti yang sah atas transaksi yang diinstruksikan dengan menggunakan Layanan LinkAja, kecuali Pemegang LinkAja dapat membuktikan sebaliknya,
  11. Dengan melakukan transaksi dengan menggunakan Layanan LinkAja, Pemegang LinkAja memberikan persetujuannya atas semua ketentuan yang ditetapkan oleh Finarya yang ada pada seluruh layanana atau fasilitas LinkAja dan mengakui semua komunikasi dan instruksi yang diterima Finarya adalah dari Pemegang LinkAja yang bersangkutan dan dapat diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.
  12. Penggunaan PIN, verifikasi One Time Password, verifikasi sidik jari, dan/atau media identifikasi pribadi lainnya pada Layanan LinkAja mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Pemegang LinkAja.
  13. Dengan mempergunakan dan/atau mengaktivasi LinkAja maka Pemegang telah tunduk, menyetujui dan terikat pada Syarat dan Ketentuan ini.