Syarat Dan Ketentuan Layanan LinkAja

Selamat datang! Terima kasih telah menggunakan Aplikasi LinkAja.

Aplikasi LinkAja (“Layanan LinkAja” atau “LinkAja”) merupakan aplikasi yang dikelola oleh PT Fintek Karya Nusantara (“Kami” atau “Finarya”). 

Dalam mengakses, mengunduh, atau menggunakan Aplikasi LinkAja, Anda dianggap telah memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja. Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan Kami dan berlaku setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan Aplikasi LinkAja melalui mitra penyedia lain yang bekerja sama dengan Kami. 

 

  1. Akun LinkAja adalah akun milik Pengguna LinkAja yang terdaftar secara resmi dan bisa digunakan untuk berbagai layanan dan fitur yang terdapat di dalam Aplikasi LinkAja. 
  2. Aplikasi LinkAja atau LinkAja adalah sebuah aplikasi yang menyediakan layanan sistem pembayaran dan transaksi perdagangan melalui sistem elektronik yang diselenggarakan oleh Finarya serta telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 
  3. Hari Kalender adalah setiap hari mulai dari Senin sampai dengan Minggu, termasuk hari libur nasional atau hari libur lain yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia. 
  4. LinkAja Syariah adalah fitur layanan uang elektronik yang dikelola sesuai kaidah-kaidah syariat sebagaimana difatwakan dalam Fatwa DSN MUI No. 116/DSN-MUI/IX/2017, dan merupakan bagian layanan uang elektronik yang diselenggarakan oleh Finarya yang telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia. Layanan ini dirancang dengan menggunakan skema Syariah melalui akad Qard antara Finarya dan Anda. 
  5. Pengguna LinkAja adalah Anda yang terdaftar dan memiliki Akun LinkAja. 
  6. Saldo LinkAja adalah saldo uang elektronik yang tersimpan dalam Akun milik Pengguna dan digunakan oleh Pengguna dalam melakukan transaksi di dalam Aplikasi LinkAja. 
  7. Saldo Bonus adalah saldo atau cashback yang Anda dapatkan dari transaksi promo yang dilakukan oleh Anda melalui Aplikasi LinkAja.

 

  1. Uang elektronik LinkAja yang diterbitkan oleh Finarya melalui Aplikasi LinkAja memiliki fungsi yang sama dengan uang tunai sebagai alat pembayaran yang sah, dimana nilainya setara dengan nilai uang tunai yang disetorkan terlebih dahulu ke rekening bank konvesional BUKU 4 untuk Pengguna Aplikasi LinkAja, dan rekening bank syariah yang terafiliasi dengan bank BUKU 4 untuk Pengguna Layanan Syariah LinkAja.  Nilai uang yang disetorkan tersebut bukanlah bersifat simpanan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan perbankan dan oleh karenanya LinkAja tidak memberikan bunga serta tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. 
  2. LinkAja lahir pada tahun 2019 untuk menjadi wadah sinergi bagi semua layanan uang elektronik yang sebelumnya diterbitkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti PT Telekomunikasi Selular dengan merek TCASH; PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dengan merek E-Cash; PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. dengan merek UnikQu; dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dengan merek T-Bank. 
  3. Pemegang layanan uang elektronik TCASH, E-Cash, UnikQu dan/atau T-Bank, yang sampai dengan tanggal 30 Juni 2019 tidak secara nyata menyatakan ketidaksetujuannya untuk melakukan migrasi ke layanan uang elektronik LinkAja, dianggap telah setuju untuk melakukan migrasi dari layanan uang elektronik tersebut ke layanan uang elektronik LinkAja. 
  4. Pemegang layanan uang elektronik LinkAja yang berasal dari prosedur migrasi akan otomatis menjadi Pengguna LinkAja serta saldo pada layanan uang elektronik sebelumnya akan dikonversikan menjadi Saldo LinkAja. 
  5. Nomor rekening LinkAja adalah nomor telepon selular dari Pengguna LinkAja yang tercatat pada Finarya, dimana 1 (satu) Akun LinkAja hanya berlaku untuk 1 (satu) nomor telepon selular dalam jaringan Indonesia, dan juga sebaliknya. 
  6. Jenis layanan yang terdapat dalam Aplikasi LinkAja terbagi atas: 

Pada saat Anda mengajukan permohonan untuk upgrade Akun Anda menjadi LinkAja Full Service, Anda dengan ini menjamin bahwa seluruh informasi milik Anda yang dikirimkan kepada Finarya untuk proses upgrade tersebut adalah valid, sesuai, dan benar milik Anda. Lebih lanjut, Anda hanya diperbolehkan untuk mengajukan untuk maksimal 3 (tiga) Akun dengan menggunakan 1 (satu) KTP milik Anda untuk keperluan upgrade Akun milik Anda. 
 

  1. Sebelum menggunakan LinkAja, Anda harus mendaftarkan informasi Anda dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami. 
  2. Untuk dapat mendaftarkan informasi Anda pada LinkAja, Anda harus terlebih dahulu melakukan aktivasi LinkAja dengan ketentuan sebagai berikut: 
  1. Setelah melakukan pendaftaran, sistem akan menghasilkan kode verifikasi secara otomatis dan mengirimkan kode verifikasi (One Time Password/ OTP) tersebut melalui pesan singkat ke nomor telepon selular yang Anda berikan, dan Anda perlu melakukan verifikasi dengan memasukan kode verifikasi tersebut kepada halaman pendaftaran di Aplikasi LinkAja. 
  2. Setelah melakukan verifikasi dan mengisi data-data yang dimintakan oleh Finarya termasuk tapi tidak terbatas terkait pertanyaan keamanan dan alamat email, sistem akan membuatkan Anda Akun. tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan layanan pada Aplikasi LinkAja. Dengan menggunakan LinkAja, Anda memahami bahwa nomor telepon selular Anda melekat pada Akun LinkAja milik Anda. 
  3. Selanjutnya, apabila Anda yang belum mendaftarkan informasi tambahan Anda untuk LinkAja Full Service pada Aplikasi LinkAja, maka Anda hanya akan aktif sebagai Pengguna layanan LinkAja Basic Service. 
  4. Pengguna layanan LinkAja Basic Service dapat melakukan upgrade menjadi Pengguna layanan LinkAja Full Service dengan cara mendaftarkan informasi Anda, dan memberikan dokumen identitas kepada Finarya sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan telah lulus proses Customer Due Diligence (CDD) yang dilakukan oleh Finarya. 
  5. Pendaftaran dan pemberian dokumen identitas pribadi Anda, sebagaimana dimaksud di atas dapat dilakukan secara mandiri melalui Aplikasi LinkAja.   
  6. Untuk memenuhi kaidah CDD, Finarya dapat meminta informasi/dokumen tambahan tentang Pengguna bila diperlukan sesuai peraturan yang berlaku. 
  7. Finarya berhak atas pertimbangannya sendiri karena alasan apapun, untuk melakukan pembatalan dan/atau penolakan proses upgrade dari layanan LinkAja Basic Service menjadi layanan LinkAja Full Service dengan menginformasikan hal tersebut kepada Pengguna LinkAja. 
  8.  Anda membebaskan Finarya dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami dan/atau istri dan/atau ahli waris Pengguna sehubungan dengan proses pembatalan upgrade dari layanan LinkAja Basic Service menjadi layanan LinkAja Full Service
  9. Apabila Anda ingin mengubah Akun LinkAja Anda menjadi Akun LinkAja Syariah, maka pada bagian Akun LinkAja Anda, Anda dapat memilih dan mengaktifkan LinkAja Syariah, dan secara otomatis Akun LinkAja milik Anda akan berubah menjadi Akun LinkAja Syariah. Atas hal tersebut, maka syarat dan ketentuan yang berlaku untuk Anda adalah Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja Syariah. 

 

  1. Pengisian Saldo LinkAja  (Cash In/Top Up) Andadapat dilakukan pada bank – bank yang bermitra dengan Finarya melalui ATM, M-Banking, Internet Banking, sampai dengan SMS Banking atau melalui mitra layanan keuangan digital yang telah bekerja sama dengan Finarya. 
  2. Anda dapat menambahkan metode pembayaran lainnya untuk kebutuhan transaksi pada aplikasi LinkAja, dengan cara memilih metode pembayaran pada Akun LinkAja milik Anda, dan menambahkan pilihan metode pembayaran yang diinginkan.  
  3. Transaksi menggunakan LinkAja hanya dapat dilakukan selama Saldo LinkAja yang terdapat dalam Akun LinkAja milik Anda tersebut mencukupi untuk melakukan transaksi yang hendak dilakukan. 
  4. Saldo LinkAja yang terdapat dalam Akun Anda memiliki batasan jumlah Saldo LinkAja, dengan ketentuan sebagai berikut: 
  1. Transaksi menggunakan LinkAja dapat dilakukan juga dengan menggunakan Saldo Bonus, dengan ketentuan bahwa Saldo Bonus hanya bisa digunakan untuk transaksi dalam Aplikasi LinkAja serta digunakan untuk pembayaran online dan offline di semua merchant yang bekerja sama dengan Finarya, serta tidak dapat ditransfer atau ditarik tunai.  
  2. Dengan melakukan transaksi dalam Aplikasi LinkAja, Anda dianggap telah memahami dan menyetujui bahwa Saldo Bonus yang Anda miliki akan langsung terpakai pada transaksi berikutnya tanpa persetujuan lebih lanjut dari Anda untuk menggunakan Saldo Bonus tersebut dalam transaksi selanjutnya yang Anda lakukan dengan Aplikasi LinkAja. 
  3. Saldo Bonus memiliki masa berlaku sesuai dengan informasi yang tertera pada bagian Saldo Bonus LinkAja, sehingga Saldo Bonus dapat menjadi hangus ketika masa berlakunya telah berakhir.  
  4. Transaksi Cash Out Saldo LinkAja dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut: 
  1. Untuk kemudahan Anda, dari waktu ke waktu Finarya dapat menyediakan informasi kepada Anda mengenai layanan LinkAja melalui media seperti tetapi tidak terbatas pada Aplikasi LinkAja dan SMS (LinkAja) yang seluruhnya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari LinkAja. Informasi dari media tersebut akan dijelaskan lebih lanjut dalam website LinkAja (https://www.linkaja.id) serta saluran media sosial yakni Instagram (@LinkAja), Facebook (LinkAja Indonesia), Twitter (@LinkAja), atau media sosial lainnya yang tertera di website resmi LinkAja (https://www.linkaja.id/) atau memiliki status verified
  2. Penggunaan Akun LinkAja Anda hanya dapat dilakukan oleh Anda sesuai dengan syarat dan ketentuan penggunaan yang berlaku dari waktu ke waktu dan tidak dapat dipindahtangankan kepada pihak lain dengan cara apapun. Segala kerugian dan akibat yang timbul dari kelalaian, kesalahan, dan ketidakhati-hatian dalam menggunakan Akun LinkAja merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Oleh karenanya, Finarya tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang Anda alami akibat ketidakhati-hatian, kesalahan, atau kelalaian Anda tersebut. 
  3. Terkait transaksi LinkAja yang disimpan secara elektronik di dalam server milik Finarya, dalam hal terdapat perbedaan antara saldo dan/atau riwayat transaksi yang tertera dalam media atau sumber data lain seperti tetapi tidak terbatas pada Aplikasi LinkAja, catatan merchant, telepon selular Pengguna, maka yang digunakan sebagai pedoman dan memiliki kekuatan mengikat secara hukum adalah data pada server Finarya. 
  4. Dalam hal nomor telepon selular Anda hilang atau hangus, maka pemindahan saldo LinkAja dapat dilakukan selama Pengguna LinkAja lulus proses validasi yang dilakukan oleh Finarya. 
  5. Dengan tetap memperhatikan kebijakan yang berlaku di pedagang (merchant) atau partner resmi LinkAja yang bersangkutan, Finarya hanya akan memproses pengembalian uang (refund) berdasarkan permintaan resmi dari pedagang (merchant) atau partner resmi LinkAja lainnya yang bersangkutan atas transaksi menggunakan LinkAja yang Anda lakukan di platform, aplikasi, atau layanan milik pedagang (merchant) atau partner resmi LinkAja lainnya tersebut. 
  6. Dengan mengacu kepada kebijakan yang berlaku di Finarya, Anda juga dapat mengajukan klaim pengembalian uang (refund) kepada Finarya atas transaksi yang dilakukan di dalam Aplikasi LinkAja, dimana Finarya akan memproses pengembalian uang (refund) berdasarkan hasil penelusuran atas keabsahan klaim yang diajukan tersebut sesuai dengan kebijakan yang berlaku di Finarya. 
  7. Kami dapat menolak transaksi yang Anda lakukan, dalam hal Anda  melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
  8. Anda wajib memahami bahwa pendebetan atas transaksi berhasil dimungkinkan mengalami keterlambatan karena berbagai alasan, dan bahwa LinkAja akan mendebet dana tersebut atas transaksi yang berhasil meskipun terdapat tenggang waktu dari sampainya notifikasi keberhasilan transaksi. Atas hal tersebut, Anda dengan ini dianggap telah sepakat untuk mengikuti ketentuan prosedur internal Finarya dan ketentuan hukum yang berlaku terkait pendebetan tersebut. 
  9. Finarya setiap saat berhak untuk memblokir, membekukan, atau membatalkan Akun yang dimiliki dan/atau transaksi yang dilakukan oleh Anda apabila termasuk dalam parameter transaksi keuangan mencurigakan sebagaimana ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau berdasarkan perintah dari otoritas yang berwenang. namun tidak terbatas pada dana milik Anda berasal dari tindak pidana atau diduga berasal dari tindak pidana dimana dana yang dimiliki tidak seharusnya dikuasai oleh Anda. 
  10. Dalam menggunakan Aplikasi LinkAja, Anda dengan ini telah memahami bahwa terdapat biaya-biaya yang dapat dikenakan kepada Anda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan/atau kerjasama Finarya dengan mitra pihak ketiga, dimana biaya-biaya dalam penggunaan LinkAja yang terdiri dari namun tidak terbatas pada biaya-biaya sebagai berikut: 

 

  1. Layanan dompet elektronik LinkAja (“E-Wallet”) adalah layanan yang memungkinkan Pengguna, baik Pengguna dengan Akun LinkAja Basic Service maupun Full Service, untuk menambahkan kartu debit milik Pengguna sebagai sumber pembayaran di Aplikasi LinkAja. Dalam menggunakan E-Wallet, Pengguna dapat menambahkan paling banyak 1 (satu) kartu debit per bank dengan pilihan bank yang dapat dipilih Pengguna adalah pilihan bank yang tersedia dalam Aplikasi LinkAja.  
  2. Pengguna dengan ini memahami bahwa untuk menambahkan kartu debit tersebut terdapat beberapa syarat tambahan yang ditetapkan oleh bank yang digunakan Pengguna untuk menggunakan fitur E-Wallet ini. 
  3. Batasan transaksi harian yang dapat dilakukan Pengguna dalam menggunakan E-Wallet paling sedikit Rp. 10.000 (sepuluh ribu Rupiah) dan paling banyak Rp. 2.000.000 (dua juta Rupiah), dimana Pengguna dapat mengatur sendiri batasan transaksi hariannya dengan mengacu pada jumlah minimal dan maksimal yang ditentukan dalam poin Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini. 
  4. Pengguna dengan ini memahami bahwa atas penggunaan fitur E-Wallet, bank yang bekerja sama dengan Kami dalam menyelenggarakan fitur E-Wallet ini dapat mengenakan biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan pengguna menggunakan fitur E-Wallet sesuai dengan kebijakan yang berlaku di bank tersebut atau berdasarkan kebijakan Kami. 
  5. Apabila terdapat kendala yang dialami Pengguna dalam menggunakan fitur E-Wallet yang terkait dengan Aplikasi LinkAja, Kami mengimbau kepada Pengguna untuk menghubungi layanan informasi resmi Kami yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini. Apabila kendala yang dialami Pengguna tersebut terkait kartu debit milik Pengguna, Kami imbau untuk menghubungi layanan informasi resmi dari bank yang digunakan Pengguna tersebut.

 

  1. Anda memahami bahwa atas Akun LinkAja milik Anda dapat dilakukan pemblokiran ataupun pemberhentian sementara dan/atau permanen, berdasarkan kebijakan Finarya dalam kepentingannya untuk menyediakan layanan LinkAja serta fitur-fitur yang ada di dalamnya apabila terdapat indikasi termasuk namun tidak terbatas pada fraud atas penggunaan layanan LinkAja ataupun Akun LinkAja milik Anda, tidak validnya data milik Anda, Akun LinkAja milik Anda dianggap oleh Finarya sudah tidak aktif digunakan, serta apabila terdapat permintaan dari: 
  1. Anda dapat setiap saat mengajukan pemblokiran sementara Akun LinkAja melalui call center dan/atau titik pelayanan Finarya dalam hal kehilangan nomor telepon selular dan/atau media LinkAja lainnya milik Pengguna LinkAja. Pengajuan pemblokiran tersebut hanya dapat dilaksanakan setelah Finarya melakukan verifikasi data kepada Anda terkait pengajuan pemblokiran tersebut. Finarya tidak bertanggung jawab atas transaksi sah yang terjadi antara waktu kehilangan hingga adanya permintaan pemblokiran. 
  2. Anda dapat mengajukan permohonan pembukaan Akun LinkAja yang telah diblokir kepada Finarya melalui call center dan/atau titik pelayanan Finarya apabila nomor telepon selular Pengguna tersebut telah diaktifkan kembali oleh Anda. Pembukaan akun yang telah diblokir hanya dapat dilakukan oleh Anda setelah melalui proses verifikasi data oleh Finarya. 
  3. Anda sepakat bahwa Finarya berdasarkan pertimbangannya sendiri berhak melakukan pemblokiran Akun LinkAja Anda jika Pengguna LinkAja melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini dan/atau terdapat indikasi bahwa Saldo LinkAja pada Akun tersebut patut diduga berpotensi atau telah disalahgunakan, termasuk namun tidak terbatas untuk menampung dan/atau untuk melakukan kejahatan dan/atau untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan masyarakat atau pihak lain dan/atau Finarya berdasarkan alasan dan pertimbangan lain yang semata-mata ditetapkan oleh Finarya. Anda dengan ini sepakat bahwa terkait pengakhiran pemblokiran Akun LinkAja merupakan wewenang sepenuhnya dari Finarya. 
  4. Atas permintaan Institusi dan/atau Lembaga Pemerintah yang berwenang, Finarya dapat memblokir Akun LinkAja sampai ada instruksi lebih lanjut dari Lembaga Pemerintah yang berwenang untuk membuka kembali rekening LinkAja. 
  5.  Anda sepakat bahwa demi keamanan, Finarya berhak memblokir Akun LinkAja Anda, dalam hal terdapat kesalahan PIN sebanyak 3 (tiga) kali pada saat mengakses atau melakukan transaksi ataupun karena hal-hal lain yang menurut pertimbangan Finarya patut diduga dapat menimbulkan kerugian bagi Anda. 
  6. Layanan permintaan blokir dan buka blokir tersedia bagi Anda Pengguna LinkAja Basic Service dan Pengguna LinkAja Full Service
  7. Layanan LinkAja berakhir apabila: 
  1. Dalam hal pengakhiran LinkAja, dengan memperhatikan kebijakan Finarya, untuk Saldo LinkAja yang masih tersisa dalam Akun LinkAja milik Anda hanya dapat dikembalikan dengan cara melakukan transfer atas seluruh Saldo LinkAja tersebut kepada Akun LinkAja milik Anda lainnya selain dari Akun LinkAja yang hendak Anda akhiri ini. Apabila Anda tidak memiliki Akun LinkAja lainnya, maka Anda diimbau untuk melakukan transaksi dalam Aplikasi LinkAja hingga Saldo LinkAja dalam Akun Anda telah habis. 
  2. Finarya berhak untuk melakukan downgrade atas status Akun milik Anda, dimana Kami berhak berdasarkan penilaian Kami atas sebab tertentu untuk melakukan penurunan status Akun Anda dari LinkAja Full Service menjadi LinkAja Basic Service, termasuk tapi tidak terbatas karena data yang Anda kirimkan ke Finarya saat mengajukan permohonan upgrade Akun Anda menjadi LinkAja Full Service berdasarkan penilaian Finarya tidak valid, tidak benar, atau tidak sesuai. 
  3. Atas keputusan untuk melakukan downgrade atas status Akun milik Anda, Finarya akan memberikan pemberitahuan kepada Anda 2 (dua) minggu sebelum Akun milik Anda dilakukan downgrade menjadi LinkAja Basic Service, dimana selama jangka waktu tersebut Anda dapat melengkapi data yang dimintakan oleh Finarya untuk Finarya dapat mempertimbakan untuk membatalkan keputusan downgrade tersebut. Apabila setelah jangka waktu berakhir Anda tidak melengkapi data yang dimintakan, maka Finarya akan memberikan pemberitahuan kepada Anda bahwa status Akun Anda telah downgrade menjadi LinkAja Basic Service. 
  4. Anda dengan ini menyatakan bertanggung jawab sepenuhnya dan karenanya membebaskan Finarya dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami dan/atau istri dan/atau ahli waris Anda sehubungan dengan proses pemblokiran, downgrade Akun, dan/atau pengakhiran Layanan LinkAja. 

 

  1. Anda dengan ini menyatakan dan menjamin penggunaan Aplikasi LinkAja oleh Anda hanya akan digunakan sesuai yang telah ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini serta untuk tujuan yang sah dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia. 
  2. Anda dengan ini menyatakan telah memahami bahwa pendebetan atas transaksi yang dilakukan dengan Aplikasi LinkAja terdapat kemungkinan keterlambatan karena berbagai alasan yang wajar dan Finarya akan tetap mendebet transaksi tersebut meski terdapat keterlambatan dan oleh karena itu Anda membebaskan Finarya dari segala bentuk pertanggungjawaban yang timbul atas keterlambatan pendebetan tersebut. 
  3. Anda dengan ini menyatakan telah memahami bahwa atas suatu alasan yang wajar terdapat kemungkinan terjadinya Aplikasi LinkAja yang menjadi tidak stabil, terganggu, adanya perubahan, tidak tersedia, dan/atau tidak berjalan sebagaimana mestinya yang diharapkan oleh Anda dan oleh karena itu anda tidak akan mengajukan klaim, tuntutan, dan/atau gugatan terhadap Finarya atas terjadinya hal-hal tersebut.

 

Anda dengan ini dianggap telah memahami segala risiko yang mungkin timbul atas penggunaan LinkAja. Atas hal tersebut, Kami kembali ingatkan kepada Anda untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 

  1. Kami tidak pernah meminta detail akses terhadap Akun LinkAja milik Anda, seperti kode verifikasi dalam bentuk OTP dan detail akses lainnya yang hanya diketahui oleh Anda, atas alasan apapun kecuali terkait dengan dan untuk memenuhi permintaan langsung dari Anda seperti untuk sebatas keperluan yang dibutuhkan dalam hal recovery Akun LinkAja milik Anda. Kami tidak akan pernah menghubungi pengguna untuk meminta informasi detail akses maupun informasi pribadi lainnya yang dapat digunakan untuk memperoleh hak akses akun Pengguna, sehingga Kami mengimbau Anda untuk tidak menanggapi pihak yang mengatasnamakan LinkAja yang meminta hal tersebut kepada Anda dan untuk senantiasa menjaga kerahasiaan informasi pribadi milik Anda. 
  2. Kami mengimbau Anda untuk hanya menghubungi layanan informasi resmi yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini, dan tidak menanggapi setiap pihak yang mengaku sebagai perwakilan resmi dari Finarya yang menghubungi Anda di luar dari layanan informasi resmi tersebut. 
  3. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas kerahasiaan OTP yang diberikan kepada Anda terkait layanan LinkAja, dan membebaskan Finarya dari segala kelalaian, kesalahan ataupun tindakan Anda yang menyebabkan kebocoran atas kerahasiaan OTP yang Anda terima yang menyebabkan kerugian dalam bentuk apapun bagi Anda. 
  4. Untuk kenyamanan dalam menggunakan LinkAja, Kami imbau kepada Anda untuk hanya mengunduh Aplikasi LinkAja hanya dari Appstore (jika anda menggunakan sistem operasi ponsel iOS) atau Playstore (jika Anda menggunakan sistem operasi ponsel Android) dan Kami mengimbau Anda untuk senantiasa melakukan update terbaru yang ada untuk Aplikasi LinkAja. 
  5. Apabila terdapat kendala dalam mengakses Akun LinkAja milik Anda, Kami imbau kepada Anda untuk segera menghubungi layanan informasi resmi Kami. 
  6. Kami mengimbau Anda untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini. 
  7. Perlu Kami informasikan bahwa setiap informasi mengenai promo, hadiah, atau undian hanya disampaikan melalui Aplikasi LinkAja atau media sosial resmi LinkAja yang tertera di website resmi LinkAja (https://www.linkaja.id/) atau memiliki status verified. Kami tidak pernah meminta Anda untuk melakukan transfer uang ke rekening manapun dengan mengiming-imingi adanya promo, hadiah, atau undian yang mengatasnamakan LinkAja tersebut.

 

  1. Anda dengan ini membebaskan Finarya atas segala kerugian tidak langsung termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan kesempatan, kehilangan pendapatan, atau kehilangan keuntungan maupun kerugian imateriil lainnya termasuk karena tuntutan dari pihak manapun yang timbul akibat penggunaan LinkAja oleh Anda selaku Pengguna LinkAja. 
  2. Finarya hanya berkewajiban untuk menanggung kerugian langsung yang diderita Anda  sepanjang dapat dibuktikan terjadi karena kesalahan Finarya, dengan jumlah maksimum sebesar jumlah nominal transaksi yang dimaksud. 
  3. Finarya dibebaskan dari kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja  ini dalam hal terjadi  Force Majeure  dan/atau karena tindakan pihak ketiga lain dengan itikad tidak baik dan/atau karena kewajiban sesuai peraturan pemerintah yang berlaku yang menyebabkan Finarya tidak dapat memberikan Layanan LinkAja. 
  4. Dalam hal terjadinya kegagalan sistem maka Finarya akan mengupayakan dengan usaha yang paling baik untuk menjaga nilai saldo uang elektronik dalam LinkAja tetap aman dan dapat digunakan kembali saat sistem kembali normal. 
  5. Anda dengan ini memahami dan menyetujui bahwa Finarya tidak pernah dalam hal apapun melalui Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini atau melalui media resmi LinkAja lainnya memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa penggunaan LinkAja akan tepat waktu, tidak terganggu, aman, atau bebas dari gangguan atau hambatan serta komponen berbahaya lainnya; Penyediaan serta kualitas fitur dan layanan LinkAja pasti memenuhi harapan Anda; Bahwa LinkAja dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat atau sistem pihak ketiga; Setiap data transaksi yang Kami simpan atau tersimpan dalam LinkAja atau Sistem LinkAja adalah akurat atau benar; dan tidak akan ada kesalahan atau gangguan dari LinkAja dan/atau Sistem LinkAja. 

 

  1. Kami hanya menyediakan perangkat lunak Aplikasi LinkAja yang resmi pada Google Play Store atau Apple App Store, dan untuk digunakan hanya pada perangkat telepon genggam atau tablet. Mengunduh Aplikasi LinkAja dari tempat lain selain pasar digital resmi dan/atau ke dalam perangkat lain selain telepon genggam atau tablet merupakan pelanggaran terhadap Syarat Dan Ketentuan Layanan LinkAja ini dan terhadap hak kekayaan intelektual Kami. 
  2. Anda dengan ini dianggap telah memahami bahwa dalam menggunakan ponsel Anda, terdapat kemungkinan bahwa sistem operasi yang digunakan pada ponsel Anda tersebut akan menyediakan suatu syarat dan ketentuan layanan khusus untuk dapat Anda setujui atau tidak Anda setujui terkait penggunaan aplikasi pada ponsel Anda termasuk penggunaan Aplikasi LinkAja, sistem operasi tersebut termasuk namun tidak terbatas seperti Android ataupun iOS. Anda dengan ini dianggap telah memahami bahwa atas permintaan persetujuan atas syarat dan ketentuan tersebut adalah inisiatif dari sistem operasi masing-masing ponsel Anda dan dalam hal apapun bukan merupakan inisiatif Finarya, sehingga Finarya dengan ini dibebaskan dari segala pertanggungjawaban atas persetujuan ataupun permintaan atas syarat dan ketentuan tersebut. 

 

  1. Seluruh Aplikasi LinkAja dan sistem pendukungnya termasuk namun tidak terbatas pada seluruh: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi LinkAja yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi LinkAja, (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi LinkAja; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan hak kekayaan intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi LinkAja maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi LinkAja. 
  2. Anda tidak diperkenankan dari waktu ke waktu untuk (i) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi LinkAja (termasuk sistem pendukung dan layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Anda, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini, (ii) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga dan/atau perangkat lunak dengan cara; (iii) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang memberikan lisensi hak-nya kepada Kami, (iv) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi LinkAja, (v) merekayasa ulang atau mengakses Aplikasi LinkAja dan/atau sistem pendukungnya untuk (a) membangun produk atau layanan tandingan, (b) membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis, atau (c) menyalin ide, fitur, fungsi, atau grafis, (vi) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web crawlers, web robots, web indexers, bots, virus, worm, atau aplikasi lain sejenis dan segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi LinkAja, (vii) menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, "tambang data" (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi LinkAja dan isi yang terdapat di dalamnya. 

 

Terdapat kemungkinan, di kemudian hari Kami tidak dapat meneruskan transaksi Anda atau tidak dapat dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan ketentuan karena disebabkan oleh adanya Force Majeure (keadaan kahar) di luar kekuasaan dan kemampuan Finarya. Bahwa yang dimaksud dengan Force Majeure dalam Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini adalah adalah kejadian-kejadian yang terjadi diluar kehendak dan kekuasaan Finarya yang secara langsung dan material dapat mempengaruhi pelaksanaan hak dan tanggung jawab Finarya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini, termasuk kejadian-kejadian sebagai akibat adanya hal-hal berikut yang dialami oleh Finarya: segala gangguan virus komputer, gangguan komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu operasional LinkAja, gangguan telekomunikasi atau gangguan listrik yang mengganggu penyediaan layanan LinkAja, kegagalan sistem keuangan, bencana alam; kebakaran; keberlakuan peraturan perundang-undangan yang secara langsung mempengaruhi kemampuan penyediaan layanan LinkAja oleh Finarya; aksi  penyampaian pendapat; kelalaian dari pemerintah; perang atau keadaan yang timbul dari atau sebagai akibat perang;  wabah, epidemi, dan/atau pandemi penyakit; kerusuhan; aksi terorisme; atau kejadian – kejadian lain diluar kemampuan Finarya yang secara langsung dapat mengakibatkan tidak terlaksananya pelaksanaan hak dan kewajiban Finarya dalam Syarat dan Ketentuan LinkAja ini. Anda setuju untuk membebaskan kami dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat menjalani instruksi Anda, baik sebagian maupun keseluruhan, karena suatu Force Majeure

 

  1. Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan dan/atau kebutuhan pendampingan sehubungan dengan penggunaan LinkAja, maka Anda dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan secara tertulis dengan melampirkan fotokopi identitas Anda atau data diri Anda melalui: 
  1. Finarya akan melakukan verifikasi data Anda dengan berpedoman pada data Anda yang tersimpan pada sistem Finarya. Finarya berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan yang diajukan Anda dalam hal data Anda yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Anda yang tersimpan pada sistem Finarya. 
  2. Finarya akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Anda, serta memberikan jawaban kepada Anda sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Finarya.  

 

  1. Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia. 
  2. Segala perselisihan atau sengketa yang timbul akibat dari pelaksanaan dan/atau penafsiran atas isi Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini yang terjadi di antara Finarya dan Anda akan pertama-tama diupayakan untuk diselesaikan secara kekeluargaan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat di antara Finarya dan Anda. 
  3. Segala perselisihan yang timbul berkenaan dengan layanan LinkAja yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender sejak tanggal musyawarah tersebut dilaksanakan, Anda dan Finarya sepakat untuk perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui arbitrase di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), dengan mengacu terhadap prosedur yang berlaku di BANI serta prosedur arbitrase menggunakan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan menggunakan Bahasa Indonesia. 

 

  1. Dalam menggunakan layanan LinkAja, Anda menyadari bahwa atas penggunaan fitur yang ada pada layanan LinkAja, maka Anda terut terikat dengan Syarat dan Ketentuan masing-masing fitur yang Anda gunakan (“SnK Fitur”). Anda dengan ini dianggap telah memahami bahwa apabila terdapat ketentuan dalam SnK Fitur tersebut yang bertentangan secara langsung dengan ketentuan yang tertuang pada Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini, maka ketentuan yang berlaku atas penggunaan fitur/layanan khusus tersebut adalah SnK Fitur yang bersangkutan, dan Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini akan tetap berlaku kepada Anda terhadap hal-hal yang tidak diatur dalam SnK Fitur. Anda diimbau untuk membaca dengan seksama SnK Fitur yang bersangkutan. 
  2. Kami menerima dan menjalankan setiap instruksi Pengguna LinkAja sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan layanan LinkAja dan karenanya Kami tidak mempunyai kewajiban kepada Anda untuk menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud dan oleh karena itu intruksi tersebut sah mengikat Anda, kecuali Anda dapat membuktikan sebaliknya. 
  3. Anda setuju bahwa Finarya dapat memperoleh, mengumpulkan, mengirimkan, menyimpan, menganalisis, dan/atau mengolah informasi sehubungan dengan informasi Anda sesuai keberlakuan pada Kebijakan Privasi yang ada pada Finarya, baik yang diberikan sendiri oleh Anda, diperoleh dari pihak ketiga, atau timbul akibat penggunaan LinkAja, termasuk menggabungkan, memisahkan, atau melakukan tindakan lain yang dibutuhkan termasuk menyerahkan data kepada pihak ketiga lain termasuk namun tidak terbatas pada mitra, afiliasi atau perusahaan-perusahaan terkait lainnya yang dianggap pantas oleh Finarya serta aparat penegak hukum dan lembaga pemerintah dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 
  4. Anda setuju untuk sewaktu-waktu menerima penawaran atau informasi terkait dengan produk-produk maupun program marketing LinkAja dan pihak yang bekerja sama dengan Finarya sesuai dengan batas kewajaran yang ditetapkan oleh Finarya. 
  5. Finarya dapat mengubah, melengkapi, atau mengganti Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini secara berkala dengan pemberitahuan terlebih dahulu melalui media pemberian informasi/pengumuman yang lazim digunakan Finarya. Setiap perubahan atas Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini mengikat Anda selama Anda tetap menggunakan LinkAja, dan diharapkan Anda dapat mengakses halaman ini secara periodik untuk mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila terdapat isi Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini yang dinyatakan tidak berlaku atau tidak sah oleh ketentuan peraturan perundang-undangan, maka ketentuan lainnya yang terkandung dalam Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini akan tetap berlaku sepenuhnya.  
  6. Anda wajib tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada Finarya serta syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur semua jasa fasilitas dan transaksi yang dicakup oleh Layanan LinkAja, termasuk setiap perubahan yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh Finarya dalam bentuk dan melalui sarana apapun.Terhadap hal-hal yang tidak diatur secara khusus dalam Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini, Anda menyatakan tunduk pada seluruh ketentuan dan prosedur operasional yang seumumnya berlaku di Finarya terkait dengan LinkAja dan layanan telekomunikasi lainnya seperti namun tidak terbatas pada prosedur verifikasi baik tanda tangan maupun verifikasi secara elektronis.Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini, Anda mengikatkan dan menyatakan bahwa Finarya telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik Layanan LinkAja yang akan dimanfaatkan oleh Anda dan Anda telah mengerti serta memahami segala konsekuensi pemanfaatan Layanan LinkAja termasuk manfaat, risiko, dan biaya-biaya yang melekat pada Layanan LinkAja. 
  7. Finarya tidak bertanggung jawab atas ketidaksesuaian atau ketersediaan barang di pihak ketiga atau mitra yang bekerjasama dalam penyelenggaraan Layanan LinkAja. 
  8. Anda setuju untuk tidak membantah keabsahan, kebenaran, atau keaslian bukti transaksi yang menggunakan Layanan LinkAja yang ditransmisi secara elektronik antara kedua belah pihak, termasuk dokumen dalam bentuk SMS,  tape/cartridge, print out  komputer, Salinan, atau bentuk penyimpanan informasi yang lain sebagaimana dimaksud sebagai Dokumen Elektronik dan Informasi Elektronik dalam Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik berikut seluruh perubahannya dari waktu ke waktu (apabila ada) serta peraturan perundang-undangan relevan yang berlaku, dan semua alat atau dokumen tersebut merupakan alat bukti yang sah atas transaksi yang diinstruksikan dengan menggunakan Layanan LinkAja, kecuali Anda dapat membuktikan sebaliknya. 
  9. Dengan melakukan transaksi dengan menggunakan Layanan LinkAja, Anda memberikan persetujuannya atas semua ketentuan yang ditetapkan oleh Finarya yang ada pada seluruh layanan atau fasilitas LinkAja dan mengakui semua komunikasi dan instruksi yang diterima Finarya adalah dari Anda dan dapat diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dikeluarkan dokumen tertulis yang ditandatangani. 
  10. Penggunaan PIN, verifikasi  One Time Password (OTP), verifikasi sidik jari, dan/atau media identifikasi pribadi lainnya pada Layanan LinkAja mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Anda. 
  11. Terkait dengan fitur/layanan yang disediakan pihak ketiga di dalam LinkAja, Anda dengan ini dianggap telah memahami bahwa Finarya berhak untuk mengubah atau menangguhkan fitur/layanan pihak ketiga tersebut yang ada di LinkAja tanpa kewajiban Finarya untuk memberitahukan atau meminta persetujuan kepada Anda terlebih dahulu.  
  12. Pengguna dengan ini telah memahami dan setuju bahwa LinkAja bisa terdapat dalam suatu platform atau aplikasi milik pihak ketiga sebagai hasil dari suatu kerjasama antara pihak ketiga tersebut dengan Kami. Oleh karena itu, Pengguna dengan ini menjamin akan tunduk terhadap syarat dan ketentuan dalam platform atau aplikasi pihak ketiga tersebut. Atas hal tersebut, Anda dengan ini membebaskan Finarya atas penggunaan platform atau aplikasi milik pihak ketiga yang digunakan oleh Anda sejauh hal tersebut tidak menyangkut kewajiban Finarya yang diatur berdasarkan kerjasama Finarya dengan pihak ketiga tersebut. 
  13. Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini berlaku hingga adanya perubahan atas isi Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini yang diubah oleh Finarya yang akan diumumkan kepada Pengguna.