Info

Tips Mudah Transaksi QRIS Pakai LinkAja di Merchant Mana Pun

Icon Calendar LinkAja9 Mar 2022

Image Artikel Tips Mudah Transaksi QRIS Pakai LinkAja di Merchant Mana Pun LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Metode pembayaran dengan QRIS sudah makin banyak dijumpai di berbagai merchant. Cukup scan logo QR yang sudah disediakan dan kamu sudah bisa melakukan pembayaran. Transaksi scan QRIS ini juga bisa dilakukan dengan LinkAja atau LinkAja Syariah, loh.

 

Enaknya lagi, aplikasi LinkAja bisa digunakan untuk kode QRIS yang dicetak oleh LinkAja maupun penyedia jasa lainnya. Pembayarannya pun sudah terjamin aman di semua merchant, baik pedagang pasar tradisional maupun mal. Jadi, kamu bisa melakukan beragam transaksi hanya dengan satu aplikasi.

 

Biarpun begitu, kamu tetap perlu mengecek beberapa hal penting sebelum dan saat melakukan transaksi memakai aplikasi LinkAja. Yuk, simak tips transaksi pakai LinkAja lewat metode scan QRIS merchant.

 

Tips Transaksi QRIS di Merchant Pakai LinkAja

 

1. Memiliki jaringan internet

 

Dalam urusan transaksi online, kamu akan sangat bergantung dengan koneksi internet. Begitu juga untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan metode scan QR. Jadi, selalu pastikan smartphone kamu memiliki kuota data sebelum bertransaksi.

 

Jika koneksi internet kamu mati atau hilang, sudah pasti transaksi kamu akan gagal atau bahkan tidak bisa dilakukan sama sekali. Coba cek kembali kuota internet pada paket data selular kamu.

 

2. Mengisi saldo LinkAja

 

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memastikan saldo LinkAja kamu cukup. Kamu bisa melihat nominal saldonya di bagian kiri atas dalam beranda aplikasi LinkAja. Jika memang kurang atau tidak mencukupi, segera lakukan pengisian saldo.

 

LinkAja memberikan banyak metode top up saldo, kok. Kamu cukup memilih metode yang paling nyaman untuk kelancaran transaksi. Berikut metode isi saldo LinkAja yang bisa kamu gunakan:

 

> Isi saldo tanpa biaya admin melalui jaringan Himbara (BTN, BNI, Mandiri, dan BRI)

> Isi saldo dengan metode transfer bank melalui ATM, mobile banking, dan internet banking

> Isi saldo dengan metode transfer dari jaringan bank syariah (BSI, BTN Syariah, dan Bank Muamalat)

> Isi saldo secara tunai melalui merchant dan mitra LinkAja

> Isi saldo dari GraPARI terdekat

 

3. Tahu batas maksimal pembayaran QRIS

 

Bank Indonesia sudah membatasi nilai transaksi dengan menggunakan scan QRIS, yaitu Rp20 juta. Aplikasi LinkAja bisa memberikanmu batas maksimal transaksi hingga Rp10 juta, loh. Kamu pun bisa memanfaatkannya di merchant mana pun.

 

Namun, transaksi ini hanya bisa dilakukan oleh para pengguna LinkAja Full Service. Sudah upgrade aplikasi LinkAja kamu belum? Yuk, ikuti cara upgrade ke full service di bawah ini:

 

> Masuk ke aplikasi LinkAja

> Pilih profil

> Pilih “Tipe Akun”

> Pilih “Upgrade Sekarang”

> Unggah foto KTP

> Unggah foto selfie dengan KTP

> Rekam diri sambil memegang KTP dan menyebutkan nama, NIK, dan alamat lengkap

> Tunggu proses 3x24 jam

 

4. Memasukkan nominal belanja yang tepat

 

Bagian ini yang paling penting saat berbelanja dengan metode scan QR. Perhatikan data merchant yang muncul setelah kamu melakukan scan. Nama merchant yang tertera harus sama dengan tempat kamu bertransaksi. Tidak ada salahnya kamu memastikan nama tersebut dengan petugas kasir sebelum membayar.

 

Setelah itu, masukkan nominal belanja secara benar. Cek nominal yang sudah kamu tulis sebelum menyelesaikan pembayaran. Jika semuanya sudah sesuai, barulah ketik PIN LinkAja kamu.

 

5. Memastikan transaksi berhasil

 

Pembayaran dengan QRIS pun akan tercatat secara online. Saldo kamu akan terpotong setelah melakukan pembayaran dan merchant pun akan mendapatkan tambahan saldo dari transaksi tersebut. Namun, tidak ada salahnya kamu memastikan keberhasilan transaksi tersebut kepada petugas kasir.

 

Itu dia tips saat bertransaksi dengan merchant QRIS. Mau bayar apa pun QRIS-nya, semuanya bisa pakai LinkAja!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya