Info

5 Tips dan Trik Lolos Kartu Prakerja 2022

Icon Calendar LinkAja14 Feb 2022

Image Artikel 5 Tips dan Trik Lolos Kartu Prakerja 2022 LinkAja
Sumber: Shutterstock

Penyelenggaraan program Kartu Prakerja 2022 akan kembali diselenggarakan untuk mendukung kesempatan yang lebih baik untuk para angkatan kerja. Calon peserta yang berminat untuk mendaftarkan diri bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi dan membuat akun Prakerja.

 

Proses selekesi Kartu Prakerja gelombang 23 sudah bisa diikuti oleh angkatan kerja di seluruh Indonesia. Sepanjang tahun 2021, sejumlah Rp11,7 triliun anggaran diberikan kepada 5.932.867 penerima dengan 5.689.417 peserta yang menyelesaikan pelatihan.

 

Kamu bisa mendapatkan insentif pelatihan untuk mengikuti program pengembangan diri. Setelah menyelesaikan program pelatihan, akan ada insentif yang diberikan. Jika kamu memiliki rencana untuk memulai usaha kecil di rumah atau ingin menambah skill untuk mencari pekerjaan, ini waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri.

 

Baca juga: LinkAja Mitra Pembayaran Resmi Kartu Prakerja

 

Persyaratan Peserta Kartu Prakerja 2022

 

Agar dapat lolos dari program seleksi Kartu Prakerja, kamu harus mempersiapkan diri sesuai syarat dan ketentuan yang diminta. Untuk itulah, berikut persyaratan peserta Kartu Prakerja yang perlu kamu perhatikan.

> Warga Negara Indonesia usia 18 tahun ke atas

> Sedang tidak menempuh pendidikan formal (SMA, perguruan tinggi, dsb.)

> Calon peserta sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang di-PHK, pekerja atau buruh yang dirumahkan, pelaku usaha mikro dan kecil, serta pekerja yang bukan penerima upah.

> Tidak menerima bantuan sosial lain selama pandemi Covid-19

> Bukan penjabat negara, anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, perangkat desa, atau direksi/komisaris/dewan pengawas di BUMN atau BUMD

 

Tips dan Trik Lolos Kartu Prakerja 2022

 

Berdasarkan persyaratan yang sudah dijelaskan melalui situs prakerja, kamu harus benar-benar termasuk dalam kategori penerima Kartu Prakerja. Agar lebih jelas dalam menyiapkan persyaratan untuk bergabung sebagai peserta, berikut tips dan triknya.

 

1. Periksa persyaratan dengan detail

 

Dengan adanya persyaratan yang sudah dilampirkan pada halaman website resmi Prakerja, calon peserta harus memastikan kelayakan dirinya. Jika ada salah satu persyaratan yang tidak sesuai pada diri kamu, sudah pasti pengajuan kepesertaan akan ditolak.

 

2. Persiapkan diri untuk mengisi dokumen

 

Kamu juga memerlukan waktu untuk mengisi dokumen persyaratan. Selain dokumen yang diperlukan seperti NIK, kartu keluarga, dan alamat email, kamu juga perlu waktu untuk melakukan pengisian data. Oleh karena itu, kamu bisa menyiapkan berbagai dokumen pribadi lebih dahulu.

 

Tidak hanya saat melalukan pengisian data pendaftaran, proses seleksi juga bisa memakan waktu yang cukup lama. Karena itu, selalu antisipasi waktu yang diluangkan untuk mengurus Kartu Prakerja agar kamu tidak terburu-buru dan ceroboh saat mengakes website.

 

3. Pastikan koneksi internet dan website Prakerja stabil

 

Program Kartu Prakerja sepenuhnya dilakukan secara digital. Oleh karena itu, semua tahap mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pelatihan saat terpilih akan dilakukan online. Hal yang penting saat melakukan pendaftaran melalui situs (website) Prakerja.

 

Sebelum mengisi, pastikan kamu bisa membuka website Prakerja dengan lancar. Biasanya, website juga akan ramai diakses sehingga pengisian data lambat atau malah berpotensi gagal. Kamu bisa memilih waktu yang tidak terlalu ramai dikunjungi orang, hindari pengisian di hari libur.

 

Nah, saat sudah berhasil membuat akun dan login, kamu juga perlu memastikan jaringan internet kamu stabil. Kamu bisa mengetes dengan membuka alamat website lain. Jika alamat website lain bisa diakses dengan lancar, artinya website Prakerja sedang ramai dan bisa kamu coba lain waktu.

 

4. Isi data diri secara teliti

 

Saat melakukan pengisian data diri, kamu juga harus melakukan pengisian data dengan teliti. Jangan sampai salah mengisi atau kurang lengkap mengisi data wajib. Begitu pula dengan keaslian pengisian data, jika ada jumlah digit nomor yang kurang atau salah pengisian, pengajuan bisa gagal.

 

Mungkin kamu memerlukan waktu setidaknya satu jam untuk mengisi data. Karena itulah, kamu harus memastikan punya waktu yang cukup untuk melakukan pengisian data hingga selesai. Jika sudah selesai diisi, data tersebut harus dicek kembali agar bisa diproses sesuai ketentuan.

 

5. Pakai email dan nomor telepon aktif

 

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah memastikan kontak yang kamu isi benar. Hal ini termasuk email dan nomor HP aktif. Semua update dan proses pendaftaran, seleksi, dan penerimaan dana akan disampaikan melalui kontak yang kamu lampirkan. Jadi, pastikan nomor HP selalu bisa dihubungi. Kamu juga bisa membuat alamat email dengan format sesuai nama kamu, ya!

 

 

Itulah tips dan trik lolos Kartu Prakerja 2022 bagi para calon peserta. Sederhananya, kamu harus benar-benar menyiapkan diri dengan tenang untuk mendaftarkan diri. Tahap-tahap lain dalam proses pengajuan dan pendaftaran Kartu Prakerja juga mungkin memakan waktu cukup lama. Karena itulah, para calon peserta sebaiknya menyiapkan waktu dan persyaratan dengan baik, ya!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya