Info

Begini Cara Pakai dan Fungsi Kalkulator TikTok

Icon Calendar LinkAja25 Feb 2022

Image Artikel Begini Cara Pakai dan Fungsi Kalkulator TikTok LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Popularitas TikTok di Indonesia maupun dunia mungkin sedang mencapai puncaknya sekarang. Media sosial untuk berbagi video ini makin digemari di Indonesia karena kontennya yang singkat dan mudah dinikmati oleh berbagai kalangan.

 

Tak hanya pengguna biasa, kini perusahaan besar dan bisnis lainnya pun juga sudah mendedikasikan kehadirannya di media sosial buatan Tiongkok ini. Nah, karena popularitas tersebut kini TikTok juga jadi salah satu sumber penghasilan bagi content creator.

 

Untuk mengukur penghasilan seorang content creator di TikTok, kamu bisa menggunakan TikTok kalkulator. Penasaran apa saja aplikasi kalkulator TikTok dan bagaimana cara memakainya? Yuk, simak informasi berikut ini.

 

Apa itu TikTok Kalkulator?

 

Tiktok Kalkulator atau Calculator TikTok adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah keuntungan atau pendapatan dari konten TikTok yang sudah dibuat.

 

Seperti terlihat dari namanya, Tiktok kalkulator ini digunakan untuk mengetahui berapa penghasilan pemilik akun tertentu. Influencer TikTok dengan jumlah followers besar tentu punya keuntungan bisa mendapatkan endorse atau kerja sama lain dari merek dagang tertentu.

 

Sebenarnya kalkulator TikTok tidak dikeluarkan secara resmi oleh TikTok, melainkan pihak ketiga. Salah satu tools yang dapat dengan mudah kamu pakai adalah ekstensi dari Google Chrome. Beberapa situs yang menawarkan tool serupa, antara lain Likigram dan Influencer Marketing Hub.

 

Meski bentuknya hanya perkiraan, perhitungan yang dilakukan oleh kalkulator TikTok ini dinilai cukup akurat sehingga bisa jadi acuan para marketer.

 

Cara Mendapatkan Uang di TikTok

 

Cara kerja atau mendapatkan uang di Tiktok berbeda dengan Youtube. Di anak perusahaan Google itu, content creator dapat menghasilkan uang dari program Google Adsense.

 

Namun, hingga sekarang TikTok masih belum meluncurkan program monetisasi serupa. Jadi, para pembuat konten di TikTok hanya bisa mendapatkan sumber penghasilan dari kerja sama di luar aplikasi, baik dengan merek atau pemilik usaha tertentu.

 

Nah, dengan kalkulator TikTok inilah kamu bisa memperkirakan berapa jumlah pendapatan yang dihasilkan para konten kreator di platform tersebut.

 

Ini berguna untuk para pemilik bisnis yang ingin memasarkan produk atau jasanya melalui Tiktok. Jadi, mereka bisa memperkirakan berapa harga yang harus dibayar kepada content creator untuk mempromosikan produknya.

 

Cara Memakai Kalkulator TikTok

 

Cara memakai kalkulator TikTok atau TikTok Calculator sangat mudah. Kamu bisa melihat engagement, jumlah likes, hingga jumlah follower dari sebuah akun.

 

Sementara untuk penghasilan, TikTok kalkulator bakal memperkirakan jumlah penghasilan yang didapat oleh content creator dengan memperhitungkan engagement, likes, jumlah followers, dan jumlah share.

 

Estimasi penghasilan dari aplikasi kalkulator TikTok tersebut akan muncul dalam bentuk dolar Amerika.

 

Semakin besar jumlah metriks di atas maka semakin besar pula penghasilan mereka. Akun Raditya Dika, misalnya. Per video diperkirakan dia bisa menghasilkan $200-$500. Jumlah aslinya tentu bisa lebih besar atau lebih kecil, bergantung pada kerja sama yang dia sepakati dengan merek tertentu.

 

Baca Juga: 7 Aplikasi Penghasil Uang Halal yang Dijamin Aman

 

Aplikasi Kalkulator TikTok Terbaik

 

Saat ini, terdapat setidaknya tiga aplikasi kalkulator uang Tiktok terbaik yang bisa kamu akses langsung dari browser tanpa mengunduh aplikasi.

 

Aplikasi kalkulator TikTok terbaik yang bisa kamu jajal adalah Exolyt, Feedpixel, dan Likigram.

 

Ketiga aplikasi ini juga cukup mudah digunakan. Berikut cara menggunakan ketiga aplikasi kalkulator TikTok terbaik

 

1. Buka browser di laptop atau ponsel

2. Lalu Googling Tiktok Money Calculator, diikuti dengan Exolyt, Feedpixel, atau Likigram.

3. Kamu bakal diberikan pilihan tools tersebut. Cara ini lebih mudah ketimbang membuka langsung situs aplikasi tersebut karena banyak tools media sosial selain TikTok yang akan membuat kamu bingung.

4. Selanjutnya masukkan username content creator tadi.

5. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai melakukan estimasi.

6. Estimasi penghasilan content creator tersebut akan segera muncul. Biasanya perhitungan dilakukan per video.

7. Jika kamu seorang marketer, kamu bisa membuka analytic tentunya dengan fitur yang lebih lengkap. Fitur ini biasanya berbayar karena dianggap penting untuk menentukan strategi dan belanja iklan produkmu.

 

Fungsi Kalkulator TikTok

 

Setelah tahu estimasi penghasilan dari kalkulator TikTok, selanjutnya harus apa? Seperti tool lainnya, TikTok Calculator tentu punya fungsi yang lebih dalam daripada sekadar menjawab rasa penasaran kamu berapa penghasilan TikToker itu.

 

Ada beberapa fungsi kalkulator TikTok untuk para pemilik bisnis. Ini fungsi kalkulator TikTok yang bisa kamu manfaatkan.

 

1. Menentukan Bujet Promosi

 

Jika kamu seorang pemilik bisnis, kalkulator TikTok ini bisa jadi patokan untuk menentukan bujet promosi produk. Jika kamu sudah menyasar influencer tertentu, kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk menyewa jasa endorse-nya.

 

Tak hanya secara spesifik, kamu juga bisa membuat perbandingan di antara beberapa TikToker untuk menyesuaikan bujet promosi yang ingin kamu keluarkan. Pilih content creator yang harganya masih masuk akal. Selanjutnya tinggal menghubungi mereka untuk menanyakan rate card.

 

2. Menentukan Demografi

 

Untuk memakai jasa influencer kamu tidak bisa begitu saja memilih yang populer. Dengan membaca analytic kalkulator TikTok tadi, kamu bisa tahu demografi follower influencer tersebut.

 

Pastikan demografi follower mereka cocok dengan target pasar kamu agar promosi yang kamu buat tidak sia-sia.

 

3. Menentukan Engagement

 

Ada banyak yang membuat konten, tapi tidak sedikit pula yang enggan berinteraksi dengan followers-nya

 

Engagement adalah salah satu metriks penting dalam media sosial. Artinya, influencer yang punya engagement tinggi biasanya punya follower yang setia.

 

Nah, follower yang setia ini bisa diterjemahkan jadi produk yang laris jika dipromosikan oleh TikToker tersebut. Jadi, ini tentu bakal membuat promosi yang kamu lakukan punya conversion rate yang tinggi. Jadi, lebih cuan deh.

 

 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai kalkulator TikTok atau TikTok Calculator yang wajib kamu tahu. Sekarang sudah tahu cara mainnya, kamu ingin jadi content creator atau pebisnis andal yang jeli memilih influencer?


Artikel Terkait

Kategori Lainnya