Keuangan

Rekomendasi Pinjaman Online Terbaik dan Cara Memilihnya

Icon Calendar LinkAja25 Feb 2022

Image Artikel Rekomendasi Pinjaman Online Terbaik dan Cara Memilihnya LinkAja
Sumber foto: Shutterstock

Di zaman yang sudah serbadigital ini, salah satu tren yang sedang naik daun adalah pinjaman online. Namun, seiring dengan maraknya tren, tidak sedikit pula pinjaman online yang malah menjebak penggunanya.

 

Nah, kami akan memberikan rekomendasi pinjaman online terbaik yang tentu aman dan berada di bawah pengawasan OJK. Memilih pinjaman online terbaik pun memerlukan kejelian khusus. Oleh karena itu, baca terus artikel ini sampai habis ya agar kamu tahu cara memilih pinjaman online yang aman.

 

Pinjaman Online Terbaik

Di luar sana banyak badan yang mengaku sebagai penyedia jasa pinjaman online. Namun, ternyata tidak semua aman dan punya badan hukum. Jika sudah begitu, kamu bisa terjebak dalam skema utang yang merugikan.

 

Oleh karena itu, kami sudah memilihkan lima aplikasi pinjaman online terbaik dan aman. Berikut daftarnya.

 

1. KoinWorks

Layanan pinjaman online terbaik dan tepercaya pertama adalah KoinWorks. Koinworks memiliki dua jenis layanan berdasarkan penggunanya, yaitu personal dan bisnis. Kamu bisa memilih layanan sesuai dengan kebutuhan.

 

Kamu bisa mengunduh aplikasi KoinWorks di ponsel. Tak hanya mendaftar sebagai peminjam, di aplikasi tersebut kamu juga bisa mendaftar sebagai pemberi dana. Jadi, KoinWorks ini juga bisa disebut layanan peer-to-peer.

 

Sementara untuk syarat peminjaman dibedakan jadi dua kategori seperti sudah disebut di atas.

 

Untuk peminjaman kategori bisnis syaratnya meliputi KTP pemilik perusahaan, NPWP perusahaan, mutasi rekening tiga bulan terakhir, dan laporan keuangan.

 

Sementara untuk kategori personal, syaratnya adalah KTP, mutasi rekening tiga bulan, KK (apabila sudah menikah), dan NPWP (jika pengajuan pinjaman di atas 50 juta).

 

2. Kredit Pintar

Rekomendasi tepercaya berikutnya adalah Kredit Pintar. Salah satu penyedia layanan pinjaman online terbaik di Indonesia ini bahkan sudah beroperasi sejak 2017.

 

Dalam rekam jejaknya, Kredit Pintar sudah banyak menggaet pemilik modal yang memberikan dananya pada perusahaan pinjaman online ini. Oleh karena itu, bisnisnya masih bertahan hingga sekarang dengan pengguna dari berbagai kalangan.

 

Sama seperti sebelumnya, kamu bisa mendaftar pinjaman dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di ponsel. Jadi, proses peminjaman bisa berlangsung dengan cepat dan praktis.

 

Ada beberapa skema peminjaman yang ditawarkan Kredit Pintar. Pertama pinjaman sebesar 600 ribu dengan masa pengembalian maksimal 28 hari dan bunga sebesar 0,80%.

 

Lalu ada juga pinjaman dana hingga 2,3 juta dengan tenor cicilan 3 bulan. Selain jumlah tersebut, kamu juga bisa memilih jumlah dana sesuai kebutuhan dan menentukan berapa lama tenor pembayarannya. Nantinya aplikasi akan menghitung berapa cicilan yang harus kamu bayar tiap bulannya.

 

Proses peminjaman pun lumayan singkat. Mayoritas pinjaman hanya membutuhkan waktu 1×24 jam untuk disetujui jika persyaratan sudah lengkap.

 

3. JULO

 

Rekomendasi pinjaman online terbaik berikutnya adalah JULO. Urusan kredibilitas tentu tidak perlu diragukan lagi. JULO sudah beroperasi sejak 2016 dan sudah memiliki izin resmi dan diawasi langsung oleh OJK.

 

Jadi, bisa dipastikan ini merupakan pinjaman online resmi yang keamanannya terjaga.

 

Kamu bisa mengajukan pinjaman online dari JULO dengan nominal mulai dari Rp2 juta sampai Rp8 juta. Bunganya pun cukup rendah, yaitu sekitar 0,1%. Sementara untuk mencicilnya, kamu bisa memilih tenor hingga enam bulan.

 

4. Indodana

Indodana juga jadi salah satu pinjaman online terbaik yang sudah berdiri sejak tahun 2017 dan sudah mengantongi izin resmi dari OJK pada tahun 2018.

 

Sama seperti penyedia layanan pinjaman online lainnya, Indodana bisa diakses melalui aplikasi ponsel.

 

Kamu bisa meminta dana pinjaman mulai dari Rp500 ribu hingga Rp8 juta. Masa pengembalian untuk pinjaman berkisar dari satu hingga enam bulan.

 

Prosesnya pun terbilang mudah dan cepat. Kamu hanya perlu memenuhi persyaratan yang diminta kemudian Indodana bakal memverifikasinya dan mentransfer dana yang diinginkan ke rekening kamu.

 

5. Tunaiku

Dalam daftar ini, Tunaiku merupakan layanan tertua karena sudah mulai beroperasi sejak 2014. Rekam jejak yang sudah begitu lama tentu membuktikan kredibilitasnya sebagai layanan pinjaman online terbaik di Indonesia.

 

Kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp20 juta. Sementara untuk tenor peminjaman, kamu bisa memilih mulai dari lima sampai 20 bulan.

 

Baca juga: Daftar Pinjaman Online Syariah Resmi dan Diawasi OJK

 

Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik dan Tepercaya

 

Selain daftar di atas masih ada banyak lagi layanan pinjaman online terbaik. Untuk memilihnya kamu membutuhkan strategi untuk menentukan mana pinjaman online yang legal dan ilegal.

 

Berikut cara memilih pinjaman online terbaik dan tepercaya.

 

1. Punya Izin OJK

Syarat utama aplikasi pinjaman online tepercaya tentu adalah memiliki izin dan terdaftar di OJK.

 

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga resmi pemerintah yang mengatur badan usaha termasuk pinjol ini. Dengan izin dari OJK, dana kamu bisa aman dari penyalahgunaan oleh sang penyedia jasa pinjaman.

 

Jadi, pastikan kamu memilih perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar OJK. Untuk mengeceknya kamu bisa mengakses situs resmi OJK dan melihat portofolio perusahaan pinjaman online yang ingin kamu ajukan.

 

2. Punya Alamat Kantor Resmi

Pinjaman online fiktif biasanya punya alamat mencurigakan, seperti perumahan atau ruko. Sebaliknya, layanan resmi memiliki alamat kantor resmi yang jelas dan tidak asal.

 

Kamu perlu menggali informasi ini dengan saksama. Kamu bisa mengecek keabsahannya di Google Map atau lebih bagus mendatangi langsung.

 

Dengan alamat kantor yang jelas kamu bisa meminta pertanggungjawaban jika suatu hari nanti pinjaman kamu bermasalah. Jadi, keluhan kamu bisa langsung diatasi dan tentu kuat secara hukum.

 

3. Penjelasan Biaya Transparan

Salah satu ciri khas pinjol abal-abal adalah proses verifikasi yang terlalu cepat dan dana mudah cair, tapi soal klausul peminjaman tidak jelas.

 

Sementara layanan pinjaman online terbaik yang resmi biasanya akan secara detail dan terbuka membahas tentang bunga dan biaya yang akan dibebankan kepada peminjam.

 

Semua ini seharusnya dilakukan sebelum dana ditransfer, bukan setelah dana ditransfer. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan apakah bunganya masuk akal atau tidak sebelum menandatangani perjanjian peminjaman.

 

Jika di awal pinjaman online tidak memberikan detail tersebut, sebaiknya urungkan niatmu daripada terjebak skema penipuan pinjol.

 

 

Nah, itu tadi daftar rekomendasi pinjaman online terbaik yang bisa kamu pilih. Setelah tahu cara memilih pinjaman online tepercaya, jangan sampai tertipu pinjol abal-abal, ya!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya