Info

Mengenal Profesi Data Science, Lengkap dengan Perbedaan Analyst, Data Engineer, dan Data Scientist!

Icon Calendar LinkAja20 Jan 2023

Image Artikel Mengenal Profesi Data Science, Lengkap dengan Perbedaan Analyst, Data Engineer, dan Data Scientist! LinkAja
doc. Kuncie

Data science merupakan ilmu yang saat ini sangat populer dan banyak diterapkan pada berbagai industri. Sehingga kebutuhan profesi di bidang ini semakin dibutuhkan oleh berbagai sektor, termasuk perusahaan startup.

Laporan tenaga kerja versi LinkedIn menyatakan bahwa pekerjaan yang bergerak di bidang data telah meningkat 6 kali lipat dibandingkan 5 tahun lalu. Namun sayangnya, kebutuhan perusahaan akan sumber daya seorang data scientist tak sejalan dengan ketersediaan tenaga kerja di bidang ini.

Apakah kamu tertarik untuk berkarier di bidang data science dengan prospek kerja yang menjanjikan? Tapi sebelum itu, kenali dulu perbedaan data science, data analyst, data dan engineer berikut ini!

Baca juga: Pelajari Cara Perhitungan Pajak Sendiri dengan Ikut Kuncie Komplit: Kursus Intensif Pajak

Pekerjaan di Bidang Data Science

Data science mengacu pada sebuah keahlian dalam bidang khusus seperti pemrograman, matematika, dan statistik. Tujuan ilmu ini adalah untuk mengekstrak sebuah informasi dari data. Untuk bidang data science sendiri terdapat beberapa pekerjaan yang membutuhkan kemampuan ini, yaitu:

1. Data Analyst

Seorang data analyst bertanggung jawab untuk mencari, memproses, dan memvisualisasikan data dalam jumlah yang besar. Pada beberapa perusahaan, data analyst bertugas untuk menganalisis website dan menganalisis metode pemrograman apa yang tepat untuk dikembangkan.

Selain itu, data analyst juga bertanggung jawab untuk mengekstrak data dari sumber primer dan sekunder, mengembangkan dan memelihara database, melakukan analisis data, memperkirakan trend yang berdampak pada project, serta memberikan rekomendasi yang relevan pada petinggi perusahaan berdasarkan data temuan.

2. Data Engineer

Data engineer bertugas untuk mengembangkan serta menguji ekosistem big data untuk bisnis sehingga para data scientist dapat menjalankan algoritma pada sistem data yang stabil dan optimal.

Seorang data engineer juga bertanggung jawab dalam membangun, mengelola, dan menjaga saluran data tetap terkoneksi dengan baik terutama dalam ekosistem IT perusahaan. Mereka harus memastikan agar data dapat diakses oleh data scientist secara mudah.

3. Data Scientist

Berikutnya adalah data scientist, yang menjadi pilar penting karena sifatnya sangat teknis dalam dunia IT. Seorang data scientist harus memahami tantangan bisnis dan menawarkan solusi terbaik berdasarkan analisis dan pemrosesan data.

Seorang data scientist bertanggung jawab dalam menganalisis data dalam jumlah data yang besar dan kompleks. Dari data tersebut, nantinya akan dijadikan sebagai model pengembangan organisasi hingga keputusan perusahaan. Mereka juga bertugas untuk memberikan laporan serta rekomendasi yang relevan pada petinggi perusahaan.

Perbedaan Data Analyst, Data Engineer, dan Data Scientist

Secara tanggung jawab pekerjaan, data scientist dan data engineer sangat mirip. Namun, dalam bidang ini data scientist adalah orang yang mengurusi berbagai aktivitas terkait data. Saat mengambil keputusan terkait bisnis, data scientist memiliki kemampuan dan lebih dipertimbangkan. Untuk perbedaan tanggung jawab ketiganya, terangkum dalam tabel berikut!

 

Data Analyst

Data Engineer

Data Scientist

Pre-processing dan mengumpulkan data

Mengembangkan, menguji, dan maintaining sistem data

Mengembangkan sistem operasional data

Merepresentasikan data melalui laporan dan visualisasi

Memahami pemrograman secara kompleks

Melakukan analisis data dan pengoptimalan data menggunakan learning machine

Bertanggung jawab untuk analisis statistik dan interpretasi data

Menerapkan ML dan model statistik

Terlibat dalam perencanaan strategis untuk analisis data

Memastikan akuisisi dan pemeliharaan data

Membuat pipelines untuk berbagai operasi ETL

Mengintegrasikan data dan melakukan analisis ad-hoc

Mengoptimalkan efisiensi dan kualitas statistik

Memastikan akurasi dan fleksibilitas data

Mengisi kesenjangan antara pemangku kepentingan dan pelanggan

 

Persiapan Berkarier di Bidang Data Science

Tertarik untuk memulai karier mu di bidang data science terutama sebagai data analyst? Kamu bisa mengikuti bootcamp Kuncie Komplit: Data Analytics, untuk siap bekerja di dunia data dalam waktu 8 minggu!

Melalui kelas ini, kamu akan dibimbing oleh mentor yang expert dan berpengalaman di bidangnya. Pembelajarannya dilengkapi dengan real case approach, portfolio building, hingga industry networking untuk pengembangan karier.

 

Yuk, ikuti Kuncie Komplit: Data Analytics sekarang juga, dan tingkatkan skill-mu di bidang data! Pendaftarannya hanya sampai 5 Januari 2023 saja dan pembelajaran di mulai pada 9 Januari 2023 mendatang. Untuk informasi pendaftaran selengkapnya, kunjungi website Kuncie sekarang!

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya