18 January 2021

Mengenal Lebih Jauh Pentingnya Asuransi Motor dan Cara Memilih yang Terbaik

Bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi, memiliki kendaraan pribadi merupakan sebuah hal yang penting. Dengan semakin banyaknya pengguna kendaraan motor, saat ini sudah banyak perusahaan asuransi  yang menyediakan rancangan perlindungan pada kendaraan motor.

Tapi, apa sih manfaat punya asuransi motor?

Pada dasarnya, selain memberikan perlindungan dan rasa aman, manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi motor adalah pengurangan pengeluaran biaya tak terduga di kemudian hari. Manfaat tersebut biasanya melingkupi hal-hal berupa manfaat perbaikan (All Risk), penggantian kendaraan (Total Loss Only), dan manfaat bantuan hukum ke pihak ketiga, hingga layanan asuransi jiwa.

Setelah mengetahui manfaat asuransi motor yang bisa kamu dapatkan, yuk simak cara memilihnya berikut ini!

Cermati PSAKBI

Setiap perusahaan asuransi motor harus selalu menyertakan PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) sebagai bagian standar dari program. Ketika kamu akan menentukan asuransi motor, ada baiknya untuk baca dan pelajari dulu hal ini.

Selain itu, jangan ragu bertanya jika terdapat poin yang kurang kamu mengerti. Setiap nasabah perlu tahu bahasa hukum dan istilah standar tercantum pada PSAKBI. Nantinya semua peraturan disepakati langsung dengan polis asuransi.

Bengkel Rekanan

Berikutnya, pilihlah asuransi motor yang memiliki banyak bengkel rekanan dan dapat dengan mudah diakses jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dalam menghemat banyak waktu dan biaya pada saat akan melakukan perbaikan kendaraan motor.

Semakin banyak bengkel rekanan dari sebuah perusahaan asuransi, maka kamu juga akan semakin mudah dalam mendapatkan pelayanan dan klaim atas kendaraan butuh perbaikan.

Layanan yang Diberikan

Layanan yang diberikan juga merupakan sebuah hal yang penting untuk kamu pertimbangkan.  Tentu saja kamu tidak mau memilih asuransi tanpa layanan yang maksimal, ‘kan?

Beberapa layanan yang sebaiknya diberikan oleh asuransi motor antara lain layanan hotline 24 jam, mobil derek, ambulance, atau berbagai layanan lainnya yang bisa saja kamu butuhkan jika mengalami musibah atau hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Fitur-fitur layanan ini biasanya tergantung sesuai dengan premi yang kamu bayarkan. Oleh karena itu, sebaiknya cermati dan gunakan hanya fitur yang benar-benar kamu butuhkan saja agar jumlah premi bisa ditekan seringan mungkin agar tidak memberatkan.

Dengan penjelasan di atas, jangan ragu untuk memberikan asuransi motor terbaik untuk kendaraan kesayangan kamu, ya! Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh pemilik, sekaligus meminimalisir kejadian tak terduga yang punya risiko kerugian besar.

Baca juga: Apa Itu Asuransi Pendidikan Anak dan Bagaimana Cara Memilih Produk yang Terbaik?

Bagi kamu yang ingin memiliki asuransi motor, LinkAja bisa memudahkan kamu dalam proses pembelian asuransi motor, loh! Selain bisa digunakan untuk membeli dan melakukan pembayaran premi asuransi, kamu bisa memanfaatkan LinkAja untuk membayar tagihan telepon dan TV berlangganan, pembelian pulsa, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, pembayaran BPJS, donasi, kirim uang, bertransaksi online maupun offline di merchant-merchant yang sudah bekerja sama dengan LinkAja.

Agar tidak ketinggalan dengan berbagai informasi menarik terkait promo atau diskon dari LinkAja, kamu bisa mengikuti Instagram @LinkAja dan sering-seringlah membuka aplikasinya. Tunggu apalagi? Aplikasi LinkAja bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :