30 November 2020

Apa Itu Asuransi Pendidikan Anak dan Bagaimana Cara Memilih Produk yang Terbaik?

Asuransi pendidikan anak merupakan produk yang digunakan sebagai perlindungan dan investasi untuk anak sebagai pihak terjamin maupun ahli waris pemegang polis. Biasanya asuransi pendidikan juga meliputi asuransi jiwa.

Jadi, bila pemegang polis meninggal dunia, maka ahli waris dalam hal ini anak akan memperoleh sejumlah uang pertanggungan dan dana pendidikan berdasarkan perjanjian yang ada di dalam polis. Biasanya dana dari asuransi jiwa akan berkembang setelah masuk tahun ke-6.

Apa sih manfaat asuransi pendidikan anak yang bisa dirasakan? Beberapa di antaranya menjamin biaya pendidikan anak di masa depan, sebagai investasi jangka panjang di masa depan, dan bisa dimanfaatkan sebagai asuransi jiwa.

Yang perlu dicatat, setiap kali anak berganti jenjang pendidikan, perusahaan asuransi biasanya memberikan biaya pendidikan sekian persen tergantung ketentuan perusahaan. Lalu bagaimana cara memilih asuransi pendidikan anak yang tepat? Mari, simak informasinya di bawah ini!

Perhatikan Riwayat dari Perusahaan dan Produk Asuransi Pendidikan Anak

Cara memilih asuransi pendidikan anak yang pertama, yakni kamu perlu cari tahu dulu soal track record perusahaan asuransi maupun produk asuransi pendidikan anak yang ada. Apakah perusahaan asuransi tersebut cukup kredibel atau tidak.

Selain itu, cari tahu apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perhatikan juga apa saja testimoni dari pesertanya.

Jika kamu memilih asuransi pendidikan anak menggunakan jasa agen, pastikan agen tersebut sudah terdaftar dan memiliki lisensi dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk produk asuransi regular dan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) untuk produk asuransi berbasis Syariah. Biasanya agen asuransi ini akan membantu kamu menemukan produk yang sesuai kebutuhan dan budgetmu.

Cari Tahu Besaran Premi yang Akan Dibayarkan

Agar uang yang ada di asuransi pendidikan itu cukup hingga anak menyelesaikan jenjang pendidikannya, kamu perlu cari tahu anak akan disekolahkan di mana dan berapa biaya yang diperlukan untuk anak bersekolah di sana.  Jangan sampai lupa juga untuk pertimbangkan berapa kenaikan biaya sekolah tersebut setiap tahunnya.

Baru setelah itu, kamu bisa menentukan mana asuransi yang bisa diandalkan untuk membantu membiayai pendidikan anak. Cari tahu juga berapa sih biaya premi yang akan dibayarkan setiap bulan atau tahunnya. Tidak semua premi asuransi pendidikan itu tinggi. Ada juga yang menawarkan harga yang lebih terjangkau. Hal yang perlu diingat, bila preminya lebih ringan, maka nominal klaim yang bisa kamu peroleh tidak akan terlalu tinggi. 

Baca Juga: Ini Cara dan Pilihan Investasi yang Cocok untuk Milenial

Cek Lama Waktu Pembayarannya

Kamu perlu menghitung usia anak sampai kelak ia masuk perguruan tinggi. Umumnya asuransi pendidikan memberikan periode term yang cukup panjang, yakni bisa mencapai 10 tahun. Mengetahui skema pembiayaan asuransi pendidikan ini berguna agar kamu bisa mengetahui sampai kapan harus menggunakan asuransi pendidikan anak ini.

Tidak Mudah Tergiur

Ingatlah bahwa asuransi pendidikan anak merupakan produk jangka panjang. Kamu harus cermat dalam memilih produknya. Meskipun banyak pilihan dan masing-masing produk memiliki kelebihan, jangan mudah tergiur dan gegabah mengambil keputusan.

Kamu bisa membandingkan tiga atau lebih perusahaan asuransi. Fokus pada perusahaan asuransi yang menyediakan produk yang benar-benar sesuai kebutuhan.

Itu tadi hal-hal yang berkaitan dengan apa itu asuransi pendidikan anak dan bagaimana cara memilihnya. Semoga dapat membantu, ya!

Sekarang untuk membayar biaya pendidikan juga bisa dilakukan dengan mudah melalui metode online lewat aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk membayar biaya pendidikan adalah LinkAja.

LinkAja bekerjasama dengan Infradigital Nusantara yang merupakan Sistem Keuangan Digital untuk Lembaga Pendidikan, seperti sekolah, pesantren, universitas ataupun lembaga kursus. Melalui linkAja, kamu bisa membayar uang gedung, uang buku, SPP, uang ekstrakurikuler, uang les, dan biaya lainnya hanya lewat satu aplikasi.

Tak hanya itu, LinkAja juga bekerjasama dengan Pahamify yang merupakan platform aplikasi penyedia ribuan video pembelajaran berupa ringkasan pelajaran, kuis, materi persiapan ujian tertulis berbasis komputer untuk anak SMA.

Bila membayar uang pendidikan di Infradigital Nusantara dan layanan pembelajaran di aplikasi Pahamify melalui LinkAja, berkesempatan untuk mendapatkan promo berupa cashback saldo bonus. Makanya jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti berbagai informasi soal promo yang ada di LinkAja ya. Kamu bisa cek di situs resminya atau update terus media sosialnya di Instagram @LinkAja!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :