15 February 2021

Memahami Pengertian Dana Pensiun dan Cara Menyiapkannya

Kalau mendengar istilah dana pensiun, mungkin yang terlintas di benak banyak orang adalah tabungan hari tua. Padahal, pengertian dana pensiun tidak terbatas hanya sebagai penunjang hidup kamu dan keluarga di masa depan saja. Masih ada hal-hal lain yang perlu kamu ketahui soal dana pensiun. Apa saja, sih? Cek informasinya berikut ini!

Pengertian Dana Pensiun

Dana pensiun pada dasarnya dapat diartikan sebagai sebuah dana yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan seseorang yang sudah memasuki usia non-produktif atau tidak bekerja karena sebuah kondisi tertentu.

Dana ini kemudian akan dikelola oleh lembaga berwenang yang menjalankan program manfaat pensiun. Manfaat yang dimaksud adalah pembayaran secara berkala yang dibayarkan kepada seseorang yang memenuhi kriteria penerima dana pensiun berdasarkan peraturan yang berlaku.

Mengapa Dana Pensiun Penting?

Di Indonesia sendiri, masa pensiun karyawan biasanya dimulai ketika berusia 55 tahun. Dengan asumsi usia harapan hidup adalah 75 tahun, maka dana pensiun yang dibutuhkan harus cukup untuk menutupi biaya hidup selama 20 tahun. 

Kalau kamu saat ini masih berusia 25 tahun, berarti kamu masih memiliki waktu untuk menabung dan mengembangkannya selama 30 tahun. Mengapa perhitungan ini penting untuk dilakukan? Pasalnya, semakin singkat durasi kamu mulai menabung, jumlah yang harus kamu alokasikan per bulannya juga akan semakin besar.

Tips Mengalokasikan Dana Pensiun

Setelah mengetahui pengertian dan alasan mengapa mempersiapkan dana pensiun itu penting, berikutnya hal yang perlu kamu ketahui adalah tips dan trik mengalokasikannya. Seperti apa? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Susun Perencanaan Keuangan

Hal ini adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan perencanaan yang meliputi pemasukan dan kebutuhan pengeluaran ini, kamu jadi akan lebih mudah memproyeksikan kebutuhan yang sekiranya dihabiskan di masa tua nanti.

2. Ketahui Kebutuhan yang Harus Dipenuhi

Setidaknya, setiap orang membutuhkan 70-90% dari penghasilan untuk tetap memenuhi gaya hidup yang sama ketika sudah memasuki usia non-produktif. Oleh karena itu, dengan mengetahui kebutuhan yang harus dipenuhi nantinya, persiapan juga akan lebih mudah dilakukan.

3. Mengikuti Program Peserta Pensiun

Saat ini, hampir seluruh pekerja di Indonesia telah mendapatkan jaminan pensiun yang disediakan oleh BPJS. Namun, jika kamu belum mendapatkannya, segeralah melakukan pendaftaran dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

4. Kembangkan Tabungan dengan Investasi

Investasi jangka panjang adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun, mengingat inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Salah satu jenis investasi jangka panjang yang bisa kamu jadikan pilihan adalah reksa dana.

Selain menjadi salah satu pilihan investasi jangka panjang. Saat ini sudah tersedia banyak layanan aplikasi online yang bisa memudahkan kamu dalam melakukan transaksi pembayarannya, seperti LinkAja.

Aplikasi ini bekerjasama dengan PT Mandiri Manajemen Investasi sebagai mitra untuk menyediakan layanan pembayaran Reksa Dana melalui aplikasi Moinves kepunyaan Mandiri Investasi.

Itulah tadi penjelasan singkat seputar pengertian dana pensiun serta beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk mulai mengalokasikannya. Merencanakan dana pensiun dengan cermat bisa membuatmu merasa lebih aman tanpa mengkhawatirkan usia tua. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkannya sejak dini agar kamu bisa merdeka secara finansial di masa tua nanti, ya!

Baca juga: Siap Investasi Jangka Panjang? Cek Dulu Pedomannya Berikut Ini

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :