22 February 2021

Mau Cairkan Insentif Prakerja? Pastikan 3 Hal Ini!

Di tahun 2021, program pemerintah Kartu Prakerja akan segera kembali dibuka. Kartu Prakerja terdiri dari program pelatihan bersertifikasi yang diberikan kepada mereka yang belum atau tidak bekerja serta insentif berupa uang yang diberikan setelah mereka berhasil menyelesaikan pelatihan yang dipilihnya. Untuk mengikuti program Kartu Prakerja, seseorang perlu melakukan pendaftaran di situs resmi Kartu Prakerja. Ada sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pendaftar program Kartu Prakerja seperti data diri serta dokumen pendukung seperti KTP. Serta terdapat proses seleksi yang perlu dilalui oleh pendaftar program Kartu Prakerja seperti tes kemampuan dasar. Insentif Kartu Prakerja baru dapat dicairkan apabila pendaftar resmi Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihan serta mendaftarkan rekening miliknya di akun Kartu Prakerja.

1. Cara Sambung Rekening di Kartu Prakerja

Untuk menyambungkan rekening di Kartu Prakerja, kamu dapat mengakses aplikasi Kartu Prakerja lalu pilih kolom Rekening. Jika sebelumnya kamu belum pernah menyambungkan rekening, maka akan tertera informasi bahwa rekening kamu belum tersambung. Klik "Sambungkan Rekening" untuk mulai melakukan sambung rekening. Tersedia sejumlah mitra resmi pembayaran insentif Kartu Prakerja yang dapat dipilih langsung, salah satunya LinkAja. Kamu hanya perlu menekan tombol di samping logo mitra untuk memilih rekening yang akan digunakan.

2. Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sambung Rekening

Untuk memperlancar proses penyaluran insentif Prakerja, berikut 3 hal yang perlu diperhatikan. 1) Pilih mitra pembayaran di mana kamu telah mendaftarkan diri. Saat memilih LinkAja misalnya, kamu sudah harus memiliki akun LinkAja untuk nantinya dihubungkan dengan Kartu Prakerja. 2) Ikuti persyaratan yang ada. Di LinkAja, untuk menerima insentif Prakerja serta memaksimalkan fitur dan layanan LinkAja, kamu akan diminta melakukan proses eKYC untuk menjadi akun LinkAja Full Service. 3) Nomor HP yang digunakan pada akun LinkAja dan Kartu Prakerja harus sama. Hal ini untuk mempermudah proses verifikasi serta integrasi antara kedua platform tersebut.

3. Mengapa Pilih LinkAja

Memilih LinkAja untuk menyalurkan insentif Prakerja memiliki banyak manfaat. LinkAja yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan layanan tidak hanya memudahkan kamu dalam menerima insentif Prakerja melainkan juga menunjang keseharian dan kebutuhan kamu dalam satu aplikasi. Di LinkAja, kamu bisa melakukan banyak hal sekaligus, mulai dari beli pulsa/data, bayar tagihan bulanan, isi token listrik, bayar ojek online, isi BBM, belanja online dan masih banyak lagi. LinkAja juga memudahkan kamu dalam mengontrol pengeluaran dan pemasukan dengan fitur Riwayat untuk mengecek berbagai transaksi yang telah kamu lakukan.

Sambil menunggu Prakerja dibuka, kamu dapat mempersiapkan diri dengan berbagai informasi yang telah kamu pelajari, serta berbagai dokumen yang sekiranya perlu dipersiapkan. Bagi yang belum memiliki akun LinkAja, kamu dapat melakukan pendaftaran mulai dari sekarang dan mulai menikmati berbagai fitur dan layanannya hingga nanti melakukan sambung rekening dengan Kartu Prakerja. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada dengan baik, untuk masa depan cerah di depan menanti!

Baca juga: Cara Sambung Akun LinkAja dengan Prakerja

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :