22 February 2021

Cara Sambung Akun LinkAja dengan Prakerja

Insentif dalam program Prakerja bisa diperoleh seseorang yang telah dinyatakan terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja serta telah mengikuti pelatihan yang dipilih hingga selesai. Insentif Kartu Prakerja adalah program pemerintah untuk pelatihan dan pengembangan  keahlian masyarakat. Namun, selama pandemi COVID-19, pemerintah menerapkan kebijakan agar terdapat komponen bantuan insentif bagi pekerja yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) atau angkatan kerja baru.  

Penerima Kartu Prakerja dapat meninggkatkan kemampuan kapasitas diri melalui berbagai macam pelatihan oleh mitra pelatihan Kartu Prakerja, seperti Kemnaker, Tokopedia, Bukalapak, Mau Belajar Apa, serta Pijar Mahir.    Untuk dapat mencairkan insentif Kartu Prakerja, seseorang perlu mendaftarkan serta menyambungkan rekeningnya terlebih dahulu. Jika hal ini belum dilakukan, maka informasi pada halaman utama akun Kartu Prakerja kamu akan bertuliskan rekening "Belum Tersambung". Jika belum tersambung, maka transfer dana insentif Kartu Prakerja bisa jadi belum atau tidak dapat dilakukan. Dalam artikel ini akan diulas mengenai cara sambung rekening di Kartu Prakerja khususnya \LinkAja:

1) Masuk ke halaman utama aplikasi Kartu Prakerja

Di halaman utama akun kamu, jika kamu belum melakukan sambung rekening maka akan terlihat pada kolom "Rekening" dengan tulisan "Belum Tersambung". Pada kolom tersebut, terdapat pula opsi "Sambungkan Rekening" untuk mulai menyambungan rekening atau e-wallet kamu yang dapat kamu pilih.

2) Pilih e-wallet atau rekening

Selanjutnya, terdapat opsi bank atau e-wallet yang dapat kamu pilih untuk mencairkan insentif Kartu Prakerja. Kamu dapat memilih LinkAja dengan logo dan teks LinkAja yang terpampang, lalu melanjutkan proses sambung e-wallet atau rekening dengan pilih tombol "Sambungkan".

3) Verifikasi nomor telepon

Pastikan akun e-wallet atau akun LinkAja yang kamu gunakan aktif dan telah ter-upgrade Full Service. Dengan meng-upgrade akun LinkAja menjadi Full Service, kamu akan melewati proses eKYC yaitu proses verifikasi resmi yang melibatkan data diri secara lengkap agar dapat memaksimalkan layanan yang tersedia di LinkAja khususnya untuk menerima insentif Kartu Prakerja.

4) Lakukan verifikasi dengan PIN dan Kode OTP

Dalam proses ini, datamu akan diverifikasi dengan memasukkan PIN LinkAja serta Kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP kamu untuk dapat melanjutkan proses sambung e-wallet atau rekening. Pastikan untuk merahasiakan PIN LinkAja serta Kode OTP yang terkirim di HP untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Nomor HP yang digunakan untuk Kartu Prakerja dan LinkAja juga harus sama untuk dapat mensukseskan proses sambung rekening.

5) Akun LinkAja telah tersambung dengan Kartu Prakerja

Jika pada proses penyambungan rekening kamu tidak melakukan kesalahan, maka ujung dari semua proses yang dilakukan adalah notifikasi berhasil dari LinkAja. Kamu akan dapat kembali ke halaman utama akun Kartu Prakerja dan melihat bahwa e-wallet atau rekening LinkAja telah tersambung sehingga insentif Kartu Prakerja telah dapat dicairkan ke sana. Maksimal dana yang dapat kamu simpan di LinkAja adalah Rp10 Juta serta batas transaksi kirim uang harian hingga Rp2 Juta.

Manfaat memilih LinkAja sebagai mitra pembayaran insentif Kartu Prakerja adalah banyaknya fitur serta promo yang tersedia. Di LinkAja, kamu dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu, kirim uang atau transfer, transaksi di merchant, bayar belanja online, belanja di minimarket, supermarket hingga pasar, beli BBM, bayar transportasi online dan umum (Grab, Gojek, MRT, KRL, dll.) dan masih banyak lagi. Download LinkAja untuk tahu lebih banyak!

 

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :