15 January 2021

Ketahui Perkiraan Biaya Kuliah Universitas Negeri dan Swasta Berikut Ini

Sedang mencari pilihan universitas untuk melanjutkan studi S1 di Indonesia? Tidak perlu khawatir! Di Indonesia sendiri ada banyak universitas negeri maupun swasta yang bisa dijadikan pilihan setelah lulus SMA.

Selain mempersiapkan mental dan juga belajar untuk menghadapi tes masuk, ada hal lain yang tidak boleh diabaikan, yaitu biaya kuliah. Pasalnya, biaya kuliah sering kali menjadi persoalan. Oleh karena itu, kamu perlu membuat perencanaan yang tepat agar tidak menambah beban pikiran selama menempuh proses pendidikan.

Untuk mengetahui perkiraan biaya kuliah universitas negeri dan swasta di Indonesia? Cek informasinya di bawah ini!

Biaya UKT dan BOP

Biaya kuliah universitas negeri memang terkenal lebih terjangkau jika dibandingkan dengan biaya kuliah di universitas swasta. Pasalnya, kamu hanya akan diminta untuk membayar uang kuliah tunggal (UKT) atau biaya operasional pendidikan (BOP). Tergantung universitas negeri yang kamu tuju, apakah UKT atau BOP yang diterapkan pada universitas negeri tersebut.

Perbedaan mendasar antara UKT dan BOP terletak pada sistem perhitungan besaran biaya, tergantung kebijakan universitas. Untuk biaya kuliah UKT menerapkan prinsip berkeadilan, artinya adil terhadap kemampuan setiap mahasiswa dalam membayar biaya kuliah sesuai dengan golongan kemampuan.

Sementara dalam BOP, prinsip yang digunakan adalah berdasarkan pembagian ranah ilmu setiap jurusan, dan keperluan mahasiswa di setiap jurusan, misalnya: ranah sains, ranah sosial-humaniora, atau kedokteran.

Uang Pangkal dan SKS

Di beberapa universitas negeri, apabila kamu sudah melakukan pembayaran UKT atau BOP, maka kamu tidak dikenakan biaya kuliah lainnya karena semua sudah termasuk ke dalam perhitungan UKT atau BOP tersebut.

Berbeda dengan universitas negeri yang memiliki jalur masuk mandiri, biasanya kamu akan dikenakan biaya kuliah awal yang dinamakan uang pangkal. Nah, uang pangkal inilah yang juga menjadi pembeda biaya kuliah universitas negeri dan swasta. Pasalnya, uang pangkal ini sudah pasti akan ditemukan di semua universitas swasta.

Selain uang pangkal, di universitas swasta biasanya juga diharuskan untuk membayar biaya kuliah uang semester yang besarannya tetap. Uang semester ini akan dibayarkan sekali di tiap awal semester. Jumlahnya bervariasi tiap universitas dan tiap jurusan. Selain biaya semester, di beberapa universitas swasta juga diharuskan untuk membayar biaya lainnya, yaitu biaya sistem kredit semester (SKS).

Biaya Tambahan Lain

Selain dua hal di atas, jangan lupa juga bahwa kamu perlu merencanakan uang untuk biaya kuliah yang lainnya, seperti uang buku, modul perkuliahan, fotokopi, dan tidak ketinggalan biaya hidup. Ongkos dari dan ke kampus, misalnya. Hal ini sangat penting untuk diperhitungkan, terutama jika kamu berencana untuk menempuh proses pendidikan di universitas yang jauh dari rumah.

Baca juga: Mau Sukses di Usia Muda? 7 Kunci Ini Penting untuk Diperhatikan

Kategori/Nama Kampus

Estimasi Anggaran SPP

Negeri/Universitas Indonesia

Rp 6.000.000 – Rp 7.500.000 per semester

Swasta/Universitas Bina Nusantara

Rp 17.000.00 - Rp 26.000.000 per semester

Swasta/Universitas Mercu Buana

Rp 8.000.000 – Rp 21.000.000 per semester

Negeri/Universitas Gadjah Mada

Rp 500.000 - Rp 22.500.000 per semester

Swasta/Universitas Telkom Bandung

p 5.000.000 - Rp 20.000.000 per semester

Itu tadi perkiraan rincian biaya kuliah di universitas negeri maupun swasta yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu kamu dalam menentukan pilihan universitas, ya!

Di zaman serba modern seperti saat ini, tahukah kamu kalau membayar biaya kuliah juga bisa dilakukan dengan mudah melalui metode online lewat aplikasi? Betul sekali! Salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk membayar biaya kuliah adalah LinkAja.

LinkAja bekerjasama dengan InfraDigital Nusantara yang merupakan Sistem Keuangan Digital untuk Lembaga Pendidikan, seperti sekolah, pesantren, universitas ataupun lembaga kursus. Melalui linkAja, kamu bisa membayar uang gedung, uang buku, SPP, uang ekstrakurikuler, uang les, dan biaya lainnya hanya lewat satu aplikasi.

Tak hanya itu, LinkAja juga bekerja sama dengan Pahamify yang merupakan platform aplikasi penyedia ribuan video pembelajaran berupa ringkasan pelajaran, kuis, materi persiapan ujian tertulis berbasis komputer untuk anak SMA.

Bila membayar uang pendidikan di Infradigital Nusantara dan layanan pembelajaran di aplikasi Pahamify melalui LinkAja, berkesempatan untuk mendapatkan promo berupa cashback saldo bonus. Makanya jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti berbagai informasi soal promo yang ada di LinkAja, ya! Kamu bisa cek di situs resminya atau update terus media sosialnya di Instagram @LinkAja.

 

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :