26 July 2021

Kartu Prakerja 101: Pendaftaran, Manfaat, dan Rincian Insentif

Gelombang 18 Kartu Prakerja kini kembali dibuka! Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Kartu Prakerja adalah salah satu program pemerintah yang dilakukan untuk mengembangkan kompetensi kerja masyarakat usia 18 tahun ke atas, yang tidak sedang dalam masa pendidikan (sekolah ataupun kuliah).

Jika dilihat dari antusiasme masyarakat Indonesia, tentunya program Kartu Prakerja ini memiliki banyak manfaat. Apa saja, sih?

Manfaat Kartu Prakerja

Dilansir dari situs prakerja.go.id, masyarakat yang mengikuti program Kartu Prakerja dapat memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

  1. Setiap peserta akan mendapatkan insentif atau total uang senilai Rp3.550.000, dengan rincian berikut:
  • Bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000
  • Insentif setelah menjalani pelatihan sebesar Rp600.000 per-bulan (selama 4 bulan)
  • Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per-survei (survei dilakukan sebanyak tiga kali, dengan total akhir Rp150.000 per-peserta)

Seluruh bentuk bantuan untuk pelatihan Kartu Prakerja akan disalurkan secara non-tunai. Namun, besarnya insentif akan secara langsung ditransfer ke rekening bank atau e-wallet yang terdaftar.

  1. Insentif untuk Beragam Keperluaan

Insentif yang diberikan kepada penerima Kartu Prakerja dijabarkan ke dalam insentif biaya mencari kerja dan pengisian Survei Evaluasi. Insentif ini juga dimaksudkan untuk meringankan biaya mencari kerja dan biaya hidup serta pelaksanaan evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

  1. Mendapatkan Bantuan Pelatihan Kerja

Penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan Kartu Prakerja dalam bentuk saldo digital dan si penerima dapat memanfaatkan saldo tersebut sebagai metode pembayaran untuk membeli atau membayar biaya satu atau lebih pelatihan yang tersedia melalui platform digital yang bekerja sama. Dengan begini, penerima Kartu Prakerja diharapkan memaksimalkan hal tersebut untuk mengikuti pelatihan untuk meningkat soft skill dan hard skill sebagai bekal untuk mencari kerja atau berwirausaha.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Semakin tertarik untuk melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 18? Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu tempuh:

  1. Masuk ke situs prakerja.go.id
  2. Lakukan registrasi dengan memasukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan buat password
  3. Cek e-mail yang didaftarkan, lakukan verifikasi
  4. Lakukan proses Login dengan memasukkan e-mail dan password
  5. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir. Klik tombol berikutnya
  6. Isi data diri pada form pengisian secara lengkap dan detail. Klik tombol berikutnya
  7. Masukkan nomor HP, kode OTP akan dikirimkan melalui SMS oleh pihak Prakerja
  8. Melakukan tes motivasi (dibutuhkan waktu 1-2 menit)
  9. Tunggu e-mail pemberitahuan apabila Kamu sudah menyelesaikan tes tersebut
  10. Apabila e-mail pemberitahuan sudah diterima, kembali ke laman prakerja.go.id, klik Gabung ke Gelombang 18 (opsi akan muncul apabila pendaftaran sudah dibuka)

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18

Sebelum melakukan pendaftaran Kartu Prakerja 2021, pastikan Kamu telah memenuhi syarat-syarat berikut, ya:

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan sekolah atau kuliah
  3. Untuk merespon situasi Covid-19, prioritas program ini adalah para pekerja dan pelaku usaha mikro yang terdampak
  4. Masyarakat yang sudah bekerja, karyawan, serta masyarakat yang terkena PHK diperbolehkan mendaftar

Baca Juga: Cara Daftar Prakerja 2021

Itulah informasi yang perlu Kamu ketahui seputar pendaftaran program Kartu Pekerja gelombang 18 di tahun 2021 ini. Untuk memudahkanmu dalam mengakses biaya pelatihan, pastikan kamu sudah memiliki e-wallet untuk didaftarkan, ya. Salah satu e-wallet yang bisa kamu gunakan adalah LinkAja.

Kelebihan menggunakan aplikasi LinkAja antara lain adalah, kamu tidak hanya dapat menerima dan mentransfer dana, melainkan bisa untuk transaksi di merchant,  melakukan sejumlah transaksi keuangan,seperti pembayaran tagihan, pembelian pulsa/data, pembayaran transportasi, isi BBM, belanja online dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, berbagai pilihan promo dan diskon juga kamu bisa temukan di aplikasi ini! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS sekarang juga!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :