27 July 2020

Idul Adha 2020: Cara Menyembelih dan Membagikan Hewan Kurban

Seperti banyak dari kita ketahui, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada hari Raya Iduladha (10 Zulhijah) setelah menggelar sholat dan dalam tiga hari tasyrik, yaitu 11, 12, dan 13 Dzulhijah. Dalam Alquran, terdapat beberapa ayat yang berkaitan dengan kurban, seperti Surah Al-Kautsar ayat 2. Allah berfirman sebagai berikut.

  1. Cara menyembelih hewan kurban 

Dalam proses penyembelihan hewan kurban, terdapat sejumlah langkah yang perlu kita ketahui dan lakukan sebagai yang menyaksikan dan menyembelih. Berikut dirangkum langkah-langkahnya: 

  • Baca doa berkurban 
  • Membaca basmalah diikuti bacaan sholawat 
  • Menghadap ke arah kiblat baik untuk hewan yang akan disembelih maupun orang yang akan melakukan penyembelihan terhadap hewan kurban. Dalam hal ini, hewan dibaringkan di atas lambung sebelah kiri, dan posisi lehernya yang dihadapkan ke kiblat. 
  • Setelah posisi sudah siap, maka diiringi dengan bacaan takbir sebanyak tiga kali dan tahmid sekali 
  • Menggunakan alat yang setajam mungkin sehingga mempercepat kematian dan tidak menyiksa hewan 
  1. Cara pembagian hewan kurban 

Dalam pelaksanaannya, kurban terbagi dua, kurban nazar dan kurban sunnah. Kurban nazar adalah apabila seseorang telah berjanji untuk berkurban. Maka hewan kurban yang ada tidak boleh dikonsumsi oleh dirunya atau keluarganya. Sedangkan kurban sunnah adalah kurban yang diberikan tanpa perencanaan atau janji khusus sebelumnya, hewan kurban sunnah dapar dikonsumsi oleh orang yang berkurban dengan bagian sepertinya. Pembagian hewan kurban sunnah adalah sebagai berikut:

  1. Sepertiga untuk yang berkurban 

  1. Sepertiga untuk yang kurang mampu 

  1. Sepertiga untuk orang kaya 

Semua kalangan masyarakat mendapat bagian dari hewan kurban agar merasakan keberkahan dari pelaksanaan kurban ini. 

  1. Cara menyalurkan kurban lewat aplikasi LinkAja 

Di masa pandemi ini, pelaksanaan kurban mungkin tidak sama seperti dulu. Ada protokol kesehatan serta anjuran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pelaksanaan kurban di masa pandemi seperti penerapan jaga jaraj dan pelaksanaan kurban dengan orang yang dibatasi dan di tempat khusus. Meski begitu, telah banyak lembaga dan yayasan terpercaya yang dapar mewakili kita menyalurkan kuraban kepada mereka yang membutuhkan. Hal ini tentu dapat menjadi pertimbangan baik untuk menyikapi kondisi saat ini.

Melalui aplikasi LinkAja yang terpasang Layanan Syariah, kita dapat menggunakan fitur kurban yang menghubungkan kita dengan lembaga dan yayasan terpercaya serta mendapatkan hewan kurban terbaik. Selain itu, kita sebagai penyalur kurban juga akan diberikan laporan terkait kurban yang dilakukan. Selamat berkurban! Dan temukan promo hewan kurban terbaik  di Layanan Syariah LinkAja.

Semua Beres #PakeLinkAja

 

Bagikan artikel ini :