27 July 2020

5 Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik

Hari raya  Idul Adha adalah hari besar kedua yang dirayakan oleh semua umat muslin yang datang setelah hari raya Idul Fitri. Pada hari ini, umat muslim yang pergi ke tanah suci akan menjalani tawaf dan selain itu akan menjalani sholat serta berkurban. Di Indonesia, biasanya hewan yang menjadi hewan kurban adalah kambing, domba, sapi atau kerbau. Harga hewan kurban sendiri bervariasi, untuk hewan seperti kambing dan domba. Hewan untuk kurban ini dibeli dengan harga dan bobot bervariasi.

Dalam Islam, berkurban merupakan salah satu ibadah dengan nilai sejarah yang kuat. Hewan kurban tidak bisa sembarang memberikan hewan, melainkan telah diatur dan terdapat sejumlah syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Berikut adalah 5 cara memilih hewan kurban mengacu pada syarat-syarat membeli hewan kurban: 

  1. Pastikan terhubung dengan penjual hewan yang amanah dan jujur terhadap hewan kurban yang dijualnya. 

  2. Jika membeli langsung, perhatikan hewan kurban dari dekat. Periksa kelengkapan fisik dan bobotnya. Jika membeli secara online, mintalah informasi lengkap terkait hewan kurban (bobot dan ciri fisik), lebih baik lagi jika memperoleh foto asli.

  3. Pilih hewan kurban yang paling baik fisiknya dan paling baik bobotnya 

  4. Namai hewan kurban dengan nama shohibul kurban (kepala keluarga yang berkurban atau anggota yang berkurban) 

  5. Sembelih hewan kurban sesuai syariat Islam yakni saat Idul Adha (10 Dzulhijah) atau 3 hari setelahnya yakni hari tasyrik (11, 12 dan 13 Dzulhijah). Jika penyembelihan hewan dilakukan selain di waktu - waktu tersebut, maka bukan lagi disebut kurban, melainkan hanya sedekah biasa.

Berkurban kini tidaklah sesulit dahulu, karena telah banyak lembaga dan yayasan terpercaya yang dapat mewakili kita menyalurkan hewan kurban kepada mereka yang membutuhkan. Hal ini tentu dapat menjadi pertimbangan baik, mengingat kondisi saat ini, mengharuskan kita berhati-hati untuk keluar rumah atau melakukan kontak langsung dengan orang lain. Bahkan di beberap platform kita dapat menemukan beragam promo hewan kurban yang tentu akan meringankan kita sebagai shohibul qurban.

Melalui aplikasi LinkAja yang terpasang Layanan Syariah, kita dapat menggunakan fitur Kurban yang menghubungkan kita dengan lembaga dan yayasan terpercaya serta mendapatkan hewan kurban terbaik. Selain itu, kita sebagai penyalur kurban juga akan diberikan laporan terkait hewan kurban yang disalurkan

Semua Beres #PakeLinkAja

 

 

 

Bagikan artikel ini :