Syariah

10 Daftar Reksa Dana Syariah Terdaftar di OJK

Icon Calendar LinkAja7 Mar 2022

Image Artikel 10 Daftar Reksa Dana Syariah Terdaftar di OJK LinkAja

 

Seiring dengan berkembangnya tren investasi terutama melalui reksa dana belakangan ini, meningkat juga kebutuhan masyarakat akan keberadaan reksa dana syariah. Reksa dana syariah menjadi jenis instrumen investasi yang banyak dipilih masyarakat karena halal dan bebas riba.

Apa Itu Reksa Dana Syariah?

Reksa dana syariah sendiri menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola badan hukum bernama manajer investasi (MI). Dana yang dihimpun tersebut selanjutnya diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah.

Baca juga: 10 Daftar Saham Syariah Terbaik 

Reksa Dana Syariah Menurut MUI

Menurut Majelis Ulama Indonesia, reksa dana syariah juga telah dianggap halal dan patuh pada ketentuan hukum syariah yang berlaku berdasarkan Fatwa MUI No. 20/DSN-MUI/IV/2001 yang menyatakan bahwa hukum reksa dana syariah itu mubah. Reksa dana syariah juga menerapkan praktik akad Mudharabah dan Wakalah.

Dalam konteks ini, reksa dana syariah menghimpun efek yang dijadikan portofolio berupa efek yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal, yaitu saham syariah, sukuk, dan efek syariah lainnya.

Jika kamu ingin mulai investasi reksa dana syariah, kamu bisa membelinya di bank, Manajer Investasi, Perusahaan Efek penyedia Sistem Online Trading Syariah, serta marketplace yang bekerja sama dengan perusahaan efek, tentunya yang telah mendapat izin OJK sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana.

Daftar Reksa Dana Syariah yang Terdaftar di OJK

Untuk kamu yang masih bingung ingin membeli reksa dana syariah yang mana, berikut 10 daftar reksa dana syariah terbaik dan terdaftar di OJK yang tersedia di Bibit:

REKSA DANA

JENIS

AUM (RP MILIAR)

SUCORINVEST SHARIA MONEY MARKET FUND

Pasar Uang

2.489,30

BNP PARIBAS PESONA SYARIAH

Saham

833,57

SUCORINVEST SHARIA EQUITY FUND

Saham

702,60

EASTSPRING SYARIAH FIXED INCOME AMANAH..

Obligasi

689,43

BAHANA LIKUID SYARIAH KELAS G

Pasar Uang

563,53

MAJORIS SUKUK NEGARA INDONESIA

Obligasi

434,00

MANULIFE SYARIAH SEKTORAL AMANAH KELAS..

Saham

245,84

BNI-AM DANA LANCAR SYARIAH

Pasar Uang

244,53

SCHRODER SYARIAH BALANCED FUND

Campuran

214,06

BATAVIA DANA SAHAM SYARIAH

Saham

164,48

TRIM SYARIAH SAHAM

Saham

147,51

Untuk membeli reksa dana, kamu bisa menggunakan aplikasi LinkAja. LinkAja kini bekerja sama dengan platform Bibit sehingga kamu bisa mendapatkan promo-promo menarik pembelian reksa dana. LinkAja kini bekerja sama dengan Bibit dan kamu bisa melakukan pembayaran reksadana di Bibit melalui aplikasi LinkAja.

LinkAja juga bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi di sejumlah merchant yang telah bekerja sama dengan LinkAja, baik secara online maupun offline.

Baca juga: Ternyata Reksadana Punya Banyak Jenis, Berikut daftar lengkapnya!

Terakhir, buat kamu yang ingin fokus hanya pada layanan syariah, LinkAja kini punya Layanan Syariah dengan beberapa fitur, antara lain:

  1. Ekosistem ZISWAF (Pengumpulan dan penyaluran)
  2. Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Masjid
  3. Digitalisasi Pesantren dan UMKM
  4. Investasi dan Asuransi Syariah
  5. Pembayaran Umroh/Haji

Yuk, download LinkAja di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS sekarang!

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya