08 January 2021

Daftar Harga Solar DEX Terbaru

Jenis kendaraan di Indonesia secara umum terbagi menjadi dua, yaitu kendaraan dengan mesin bensin dan juga mesin diesel. Setidaknya, dua jenis itulah yang paling mendominasi, walau sudah mulai ada beberapa klasifikasi baru seperti mobil listrik dan juga hybrid.

Setiap jenis kendaraan ini tentunya memiliki karakteristik serta kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, seperti misalnya mesin diesel yang tidak dapat digunakan untuk kendaraan dengan RPM tinggi dan tingkat akselerasinya yang cukup rendah.

Meski demikian, mesin diesel memiliki kelebihan, beberapa diantaranya adalah irit konsumsi BBM, dapat membawa beban berat dengan kondisi jalan yang menanjak, dan ketahanan mesin yang baik terhadap air.

Seperti nama mesinnya, bahan bakar yang digunakannya pun merupakan bahan bakar diesel. Pertamina sudah menyediakan beberapa jenis bahan bakar diesel yang bisa digunakan konsumen. Apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini! 

Dexlite

Bahan bakar jenis diesel yang pertama adalah Dexlite. Untuk harga bahan bakar diesel jenis Dexlite ini Pertamina membanderol sebesar Rp9.500 per liter. Namun, harga Dexlite ini berlaku hanya untuk wilayah DKI Jakarta.

Bahan bakar Dexlite ini memiliki angka cetane minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1.200 ppm. Harga Dexlite tersebut sangat cocok untuk kamu pemilik mobil diesel yang memburu bahan bakar dengan harga terjangkau!

Pertamina Dex

Selain Dexlite, Pertamina juga menyediakan bahan bakar Pertamina Dex. Untuk harganya dibanderol sebesar Rp10.200 untuk wilayah DKI Jakarta. Meski harga Pertamina Dex lebih mahal dibanding harga Dexlite, tapi bahan bakar ini dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbaik karena dilengkapi dengan lubricity foaming of gas yang membuat kinerja mesin lebih optimal, tangguh, dan bertenaga.

Di sisi lain, harga BBM diesel atau Pertamina Dex ini telah memenuhi standar Euro 3. Perlu diketahui bahwa Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur yang cukup rendah kurang dari 300 ppm, serta mempunyai angka cetane 53.

Solar Dex

Bahan bakar diesel yang satu ini memiliki angka cetane sebesar 48 dan yang terendah dibanding jenis lainnya, serta memiliki kandungan sulfur 2.500 ppm. Bahan bakar ini cocok untuk kendaraan generasi lama, umumnya banyak digunakan untuk angkutan umum, seperti bus dalam kota.

Dengan kandungan sulfur yang cukup tinggi, cukup wajar sebenarnya jika melihat harga BBM diesel ini. Harga Solar Dex di Indonesia dibanderol sebesar Rp9.300.

Baca juga: Mau Sukses di Usia Muda? 7 Kunci Ini Penting untuk Diperhatikan

Bahan Bakar Diesel

Daftar Harga

Lokasi

Dexlite

Rp 9.500/liter

DKI Jakarta

Pertamina Dex

Rp 10.200/liter

DKI Jakarta

Solar Dex

Rp 9.300/liter

Hampir di seluruh Indonesia

 

Itulah tadi daftar harga Solar Dex terbaru yang perlu kamu ketahui. Nah, dengan adanya kemajuan teknologi, sekarang kamu bisa beli Solar Dex dengan menggunakan aplikasi LinkAja, loh! LinkAja menjadi layanan uang elektronik berbasis aplikasi yang membantu transaksi non tunai dengan cepat.

Pembayaran yang bisa dilakukan, yakni tagihan telepon dan TV berlangganan, pembelian pulsa, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, pembayaran BPJS, donasi, kirim uang, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bekerja sama dengan LinkAja.

Cara Beli Solar Dex dengan Aplikasi LinkAja

  1. Pastikan posisi mobil berada di jarak aman dengan mesin pengisian bahan bakar
  2. Harap matikan mesin kendaraan
  3. Buka aplikasi MyPertamina di smartphone kamu dan pastikan sudah terhubung dengan akun LinkAja dan punya saldo yang cukup untuk beli Pertamina Dex
  4. Lakukan pengisian Pertamina Dex pada mobil diesel
  5. Minta QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina
  6. Klik menu “Bayar” pada aplikasi MyPertamina
  7. Scan QR Code yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina
  8. Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi jika transaksi berhasil

Tunggu bukti pembayaran muncul dan status dinyatakan berhasil. Cukup mudah bukan melakukan pengisian bahan bakar menggunakan LinkAja di SPBU?

Saat melakukan transaksi, asalkan prosesnya memang diikuti sesuai prosedur, maka kamu tidak perlu khawatir gagal. Jadi, untuk pembayaran BBM cukup gunakan smartphone dan akses aplikasi LinkAja agar prosesnya lebih simpel.

Secara berkala LinkAja juga sering mengadakan diskon atau promo menarik yang sayang untuk dilewatkan, lho. Tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Bagikan artikel ini :