Keuangan

Cara Setor dan Tarik Tunai BRI yang Mudah di Mesin ATM

Icon Calendar LinkAja5 Agt 2022

Image Artikel Cara Setor dan Tarik Tunai BRI yang Mudah di Mesin ATM LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan salah satu Bank BUMN yang cukup banyak menjangkau masyarakat Indonesia. Layanan perbankan yang diberikan pun sangat beragam, salah satunya menyediakan mesin ATM untuk tarik dan setor tunai. Nah, sudah tahu belum cara setor dan tarik tunai BNI dari mesin ATM?

Mesin ATM yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi setor tunai sudah memiliki fitur Cash Deposite Machine (CDM). Mesin ini memiliki tempat slot khusus untuk mengambil uang saat tarik tunai sekaligus menaruh uang saat setor tunai. Di samping itu, ada juga Cash Recycling Machine (CRM) yang bisa digunakan untuk melakukan udah transaksi yang sama.

Tarik atau setor tunai di mesin ATM akan langsung mengubah saldo rekening saat itu juga. Khusus untuk tarik tunai, kamu harus memastikan saldo rekening mencukupi dengan jumlah yang ingin diambil.

 

Baca juga: 11 Jenis Tabungan BRI, Syarat, dan Keuntungannya

Cara Setor dan Tarik Tunai di ATM BRI

Perlu diketahui bahwa setor dan tarik tunai di ATM BRI hanya bisa menggunakan uang pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 saja. Pecahan uang yang lebih kecil tidak akan bisa digunakan di mesin ATM BRI. Selain itu, pastikan juga bahwa kondisi uang dalam keadaan baik, tidak terlipat, atau sobek.

Berikut cara yang harus kamu lakukan untuk melakukan setor tunai di ATM BRI:

1. Kunjungi ATM BRI terdekat dengan mesin CDM atau CRM

2. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin

3. Pilih bahasa yang mau digunakan (bahasa Indonesia atau Inggris)

4. Masukkan PIN ATM

5. Pilih menu “Setor Tunai”

6. Pilih menu “Rekening Tabungan”

7. Masukkan uang ke mesin ATM melalui tempat setor tunai

8. Tunggu sampai layar ATM menampilkan jumlah uang yang disetor

9. Pilih menu “Setor”

10. Ambil dan simpan struk yang keluar dari mesin ATM

11. Jika tidak ingin melakukan transaksi lain, pilih menu “Tidak”

12. Ambil kartu BRI kamu sebelum meninggalkan ATM

Apa Bisa Tarik Tunai BRI Tanpa ATM?

BRI juga memberikan layanan setor dan tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM, loh. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi BRImo untuk melakukannya. Untuk membuat akun di BRImo, kamu perlu datang dulu ke cabang BRI terdekat untuk mengaktifkannya.

Perlu diingat bahwa batas minimal untuk tarik tunai tanpa kartu di ATM BRI adalah Rp100.000. Sedangkan, batas maksimal tarik tunai tanpa kartu ATM BRI hanya Rp1.000.000 per transaksi.

Berikut langkah-langkah tarik tunai tanpa ATM BRI:

1. Datang ke mesin ATM BRI terdekat

2. Login aplikasi BRImo dengan memasukkan user id dan password atau menggunakan pemindai sidik jari

3. Pilih menu “Tarik tunai” di aplikasi

4. Pilih “Rekening sumber dana”

5. Tentukan nominal uang yang akan diambil, mulai dari Rp100.000—Rp1.000.000

6. Masukkan password BRImo

7. Kamu akan dapat kode unik

8. Beralih ke mesin ATM dan pilih tombol transaksi tanpa kartu

9. Pilih menu “Tarik tunai”

10. Masukkan kode unik dari aplikasi BRImo

11. Tunggu ATM BRI untuk memproses transaksi

12. Ambil uang yang keluar dari mesin ATM BRI

 

Baca juga: Cari Tahu Cara Mudah Buka Rekening BRI Secara Online di Sini!

Tips Setor dan Tarik Tunai di ATM BRI

Baik setor maupun tarik tunai, kamu tentunya harus menjaga keamanan saat berada di ATM. Simak tips yang perlu kamu perhatikan saat akan melakukan transaksi di mesin ATM BRI:

1. Pilih ATM yang tidak terlalu sepi

Mesin ATM BRI sudah tersebar di banyak titik di kota besar dan beberapa pelosok. Namun, ada baiknya tidak memilih mesin ATM yang terlihat sepi, terlebih untuk melakukan tarik tunai. Mungkin kamu bisa lebih cepat tanpa antre, tapi tempat tersebut biasanya jadi incaran para penjahat.

2. Tidak melakukan transaksi pada malam hari

Malam hari juga jadi waktu yang kurang tepat untuk bertransaksi di ATM. Jika tidak terlalu penting, cobalah menundanya hingga esok hari. Kalau memang harus, pilihlah mesin ATM BRI yang sekitarnya terlihat ramai.

3. Pastikan tetap menjaga kerahasiaan PIN

PIN merupakan data penting yang digunakan saat bertransaksi di ATM. Pastikan hanya kamu yang tahu untuk menurunkan risiko tindak kejahatan pembobolan rekening. Saat melakukan transaksi, kamu perlu menutupi tangan ketika menekan PIN di mesin ATM. Jangan lupa untuk mengganti kombinasi PIN secara berkala.

4. Simpan uang dengan aman

Untuk setor tunai, kamu perlu membawa uang dalam tempat yang aman. Gunakan tas yang tertutup sampai tiba di depan mesin ATM. Hal yang sama pun perlu kamu terapkan jika ingin tarik uang dalam jumlah banyak. Sediakan tas tertutup untuk membawa uangnya nanti.

5. Pastikan setoran sudah masuk

Kamu yang melakukan transaksi setoran tunai juga perlu memastikan uang sudah masuk ke dalam saldo rekening. Cek saldo dari mesin ATM atau aplikasi BRImo untuk melihat apakah uang setoran tunai sudah masuk. Kamu bisa menghubungi call center BRI di 14017 atau 1500 017.

Itu dia cara dan tips untuk melakukan setor dan tarik tunai di ATM BRI. Setelah itu, kamu bisa melakukan segala transaksi perbankan dengan menggunakan rekening BRI, mulai dari transfer hingga mengisi saldo LinkAja dari ATM BRI.

 

Aplikasi LinkAja akan membantu kamu lebih mudah melakukan berbagai transaksi sehari hari. Kamu bisa berbelanja, membayar tagihan, membeli tiket transportasi, hingga melakukan investasi reksadana. LinkAja buat kamu #Apa2Bisa!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya