16 June 2021

Cara Mudah Naik MRT Jakarta dan Jalur yang Sering Dilalui

Moda Raya Terpadu Jakarta (disingkat MRT Jakarta atau MRTJ, bahasa Inggris: Jakarta Mass Rapid Transit) merupakan sebuah sistem transportasi rel angkutan cepat yang ada di Jakarta. Proses pembangunan moda transportasi ini sudah dimulai tahun 2013 dan pertama kali dioperasikan pada tanggal 24 Maret 2019.

Penjelasan Singkat MRT Jakarta

Sedikit penjelasan singkat MRT Jakarta bahwa pilihan transportasi ini merupakan layanan moda raya terpadu pertama yang beroperasi di Indonesia. Layanan MRT Jakarta sendiri berada di bawah naungan PT MRT Jakarta (Perseroda), yang merupakan badan usaha milik daerah DKI Jakarta.

Sejak mulai beroperasi pada tahun 2019, rute MRT Jakarta yang diberi nama “Ratangga” (berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti “Kendaraan beroda” atau “kereta”) memiliki jalur sepanjang 16 KM, terbentang dari selatan sampai dengan pusat Jakarta. Rute MRT terbagi menjadi dua struktur konstruksi yang berbeda, yaitu 6 KM struktur bawah tanah dan 10 KM struktur layang. Hingga saat ini, setelah hampir dua tahun pengoperasiannya, rute MRT Jakarta telah mengangkut lebih dari 30 juta penumpang.

Pertumbuhan penumpang ini tentu bukan hal yang mengherankan karena efektifitas rute MRT Jakarta yang melalui area-area strategis. Area-area strategis tersebut selain melalui pusat perkantoran dan perbelanjaan, dan jalur MRT Jakarta juga dekat dengan area pemukiman, terutama bagi komuter yang berasal dari luar wilayah Jakarta.

Ingin tau rute lengkapnya? Berikut ini merupakan rute MRT Jakarta yang bisa dijadikan panduan ketika ingin mulai bepergian dengan menggunakan MRT Jakarta:

Rute MRT Jakarta dari Stasiun MRT Lebak Bulus - Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia:

  • Stasiun MRT Lebak Bulus
  • Stasiun MRT Fatmawati
  • Stasiun MRT Cipete Raya
  • Stasiun MRT Haji Nawi
  • Stasiun MRT Blok A
  • Stasiun MRT Blok M
  • Stasiun MRT Sisingamangaraja
  • Stasiun MRT Senayan
  • Stasiun MRT Istora
  • Stasiun MRT Bendungan Hilir
  • Stasiun MRT Setiabudi
  • Stasiun MRT Dukuh Atas
  • Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia

Sebaliknya, untuk rute dari stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia ke stasiun MRT Lebak Bulus akan melalui stasiun yang sama karena rute ini memang dua arah. Jadi, kamu tidak perlu lagi bingung dengan rute atau jalur MRT Jakarta.

Baca Juga: Informasi Lengkap Mutasi Kendaraan yang Wajib Diketahui

Ah, sudah tidak sabar ingin keliling Jakarta menggunakan MRT? Buat kamu yang ingin bepergian dengan sarana transportasi umum yang satu ini, kamu bisa melakukan pembayarannya secara digital melalui aplikasi LinkAja. Jadi, tidak hanya Gojek, Bluebird, Kereta Commuter, atau Kereta Api saja yang bisa bayar #PakeLinkAja. Mau tahu caranya? Ini dia langkah-langkahnya:

Cara Bayar MRT Jakarta dengan LinkAja

1. Pastikan kamu sudah memiliki akun LinkAja dan saldo minimal Rp20.000

2. Unduh aplikasi MRT Jakarta di Google Playstore atau Apple Store

3. Lakukan Registrasi atau login MRT App

4. Pilih beli tiket untuk menentukan perjalanan

5. Pilih Stasiun Keberangkatan

6. Pilih Stasiun Tujuan

7. Pilih LinkAja saat menu pembayaran

8. Masukkan detail nomor LinkAja kamu dan PIN

9. Konfirmasi untuk lanjut ke Pembayaran

10. Pembayaran berhasil! Scan QR di gerbang MRT dan nikmati perjalanan!

Untuk jam operasional MRT Jakarta sendiri dimulai sejak pukul 05.00-21.00 WIB di hari kerja dan 06.00 WIB-20.00 WIB di akhir pekan. Makin tidak sabar untuk mencobanya? Jangan lupa untuk tetap menaati protokol kesehatan selama bepergian menggunakan MRT Jakarta, ya!  Tetap pakai masker, jaga jarak dan hindari percakapan selama berada di dalam MRT. Selamat mencoba!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :