Keuangan

Cara Daftar m-Banking BCA dengan Mudah

Icon Calendar LinkAja5 Apr 2022

Image Artikel Cara Daftar m-Banking BCA dengan Mudah LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Kini aktivitas perbankan kian mudah berkat kemajuan teknologi. Hampir semua transaksi bisa kamu lakukan dengan ponsel secara aman tanpa perlu ke ATM.

 

Jika termasuk nasabah bank BCA, kamu bisa memanfaatkan layanan m-Banking BCA. Lantas bagaimana cara daftar m-Banking BCA serta apa saja fitur yang bisa kamu gunakan? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Apa Itu Layanan m-Banking BCA?

 

Hal pertama yang harus kita tahu adalah apa itu layanan m-Banking BCA. m-Banking BCA atau lebih dikenal dengan m-BCA merupakan layanan produk perbankan yang disediakan oleh PT Bank Central Asia Tbk.

 

Aplikasi ini dapat diakses secara langsung oleh melalui ponsel. Akses m-Banking BCA bisa digunakan lewat menu yang tersedia di bagian Subscriber Identification Module  (SIM) card menggunakan media SMS atau lewat BCA mobile yang memerlukan jaringan internet.

 

Baca juga: Mengenal VPN Tarumanagara untuk KlikBCA Bisnis

 

Cara Daftar m-Banking BCA

 

Untuk dapat menggunakannya kamu harus daftar m-Banking BCA dengan beberapa langkah. Berikut cara mendaftar m-Banking BCA.

 

1. Daftar m-Banking BCA Lewat ATM

 

Salah satu cara termudah untuk daftar m-Banking BCA adalah dengan melakukan registrasi di ATM. Sesampainya di ATM BCA terdekat, masukan kartu ATM ke mesin ATM. Lalu pilih “Transaksi Lainnya”. Selanjutnya pilih menu daftar m-Banking, lalu pilih “Mobile Banking.”

 

Nantinya di layar ATM akan keluar syarat dan ketentuan m-Banking BCA. Setelah membaca dan menyetujuinya, kamu dapat mengklik tombol “Ya”. Selanjutnya masukkan nomor ponsel yang ingin kamu daftarkan untuk mengakses akun m-Banking kamu nantinya. Lalu klik “Benar”.

 

Kemudian buka aplikasi BCA mobile untuk memverifikasi pendaftaran akun m-Banking BCA kamu. Baca Ketentuan m-BCA lalu pilih accept. Selanjutnya masukkan 16 angka nomor kartu ATM lalu kirim SMS.

 

Lalu buat Kode Akses BCA mobile dan lakukan aktivasi finansial. Akun m-Banking BCA kamu kini sudah siap pakai.

 

2. Daftar di Kantor Cabang BCA Terdekat

 

Jika kamu sempat untuk ke kantor cabang BCA terdekat, kamu juga bisa daftar m-Banking BCA.

 

Registrasi di kantor cabang BCA relatif lebih mudah karena kamu akan dibantu oleh customer service officer (CSO). Dokumen yang harus kamu bawa, antara lain buku tahapan, kartu ATM BCA, KTP asli, dan juga nomor handphone untuk m-BCA.

 

Setelah mengantre, CSO akan membantu kamu mengaktifkan m-Banking BCA dengan berbagai dokumen yang dibawa tadi, termasuk melakukan aktivasi akun m-Banking BCA kamu.

 

Baca juga: Cara dan Syarat Ganti Kartu ATM BCA dan Mandiri via Customer Service Digital

 

3. Daftar di Situs Resmi BCA

 

Jika kamu segan untuk keluar ke ATM atau kantor cabang BCA karena pandemi yang masih juga belum usai, tenang kamu masih bisa daftar m-Banking BCA tanpa ke ATM.

 

Kamu bisa mendaftar layanan m-Banking BCA lewat situs resmi BCA di https://www.bca.co.id. Pilih menu “Layanan” lalu masuk ke pilihan BCA Mobile. Kamu akan diarahkan ke laman aplikasi BCA Mobile di App Store atau Google Play Store. Ikuti petunjuk berikutnya di aplikasi tersebut.

 

Fitur di m-Banking BCA

 

Seperti telah disebut sebelumnya, m-Banking BCA punya banyak fitur yang bakal membuat transaksi lebih mudah, kapan dan di mana pun. Kamu hanya perlu mengakses ponsel yang terhubung ke internet untuk melakukan beragam transaksi yang menunjang produktivitasmu.

 

Berikut fitur m-Banking BCA yang bisa kamu rasakan manfaatnya.

 

1. M-info

 

Layanan paling esensial ini terdiri dari informasi saldo, mutasi rekening, info kurs, info suku bunga tabungan/deposito, info kode bank (yang dapat digunakan untuk transfer antarbank) serta info kode perusahaan (yang dapat kamu gunakan untuk transaksi m-payment dan m-commerce).

 

Tak hanya rekening biasa, kamu juga melihat info rekening deposito, info NAB dan Reksa Dana, info saldo dan transaksi kartu kredit BCA, serta info RDN/rekening Dana Nasabah lewat fitur ini.

 

2. M-transfer

 

Dengan fitur ini kamu bisa melakukan transfer ke sesama rekening BCA, ke bank lain, atau melalui virtual akun.Kamu tidak perlu keluar rumah lagi untuk sekadar mentransfer dana ke rekening lain atau berbelanja lewat e-commerce favorit kamu.

 

Jika kamu rutin melakukan transfer ke nomor rekening atau virtual akun tertentu, kamu juga bisa mendaftarkan nomor tersebut di data penyimpanan BCA Mobile. Jadi, kamu tidak perlu memasukkan ulang nomor akun tersebut di kemudian hari jika ingin melakukan transfer lagi. Simpel banget.

 

3. M-admin

 

Seperti terlihat dari namanya, fitur ini berkaitan dengan administrasi rekeningmu. Di sini kamu bisa melakukan aktivasi, ganti PIN, serta keperluan lainnya terkait dengan registrasi dan status akun bank kamu.

 

4. M-Payment

 

Kebutuhan rumah tangga tentu tidak bisa terlepas dari tanggung jawab kamu tiap bulannya. Nah, dengan aplikasi BCA Mobile di tanganmu, tidak perlu lagi khawatir telat atau repot bayar karena tidak sempat ke ATM.

 

Dengan fitur ini kamu dapat membayar tagihan kartu kredit, PAM, PLN, asuransi, pendidikan, TV, internet, dan sebagainya.

 

5. Cek Saldo Flazz

 

Uang elektronik kini sudah tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari. Nah, dengan aplikasi BCA Mobile kamu bisa mengecek berapa sisa saldo kartu Flazz dengan memanfaatkan fitur NFC di ponsel.

 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir kehabisan saldo saat ingin membayar tol atau parkir.

 

6. Transaksi Cardless

 

Salah satu tindak kriminal yang paling sering terjadi pada kartu ATM adalah skimming akibat kartu terjebak atau tertelan di mesin ATM.

 

Nah, dengan aplikasi BCA Mobile kamu bisa mengambil uang di ATM tanpa kartu ATM. Caranya tinggal pilih menu transaksi tanpa kartu di ATM dan memasukkan kode transaksi yang muncul di aplikasi. Simpel dan terhindar dari bahaya kartu tertelan di ATM.

 

 

Nah, itu dia cara daftar m-Banking BCA serta fitur terbaik dari aplikasi BCA Mobile yang perlu kamu tahu. Mudah, kan?


Artikel Terkait

Kategori Lainnya