Keuangan

Cara Daftar Internet Banking BCA untuk Transaksi Lebih Mudah

Icon Calendar LinkAja5 Apr 2022

Image Artikel Cara Daftar Internet Banking BCA untuk Transaksi Lebih Mudah LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan di zaman serbadigital ini adalah perbankan. Mengingat besarnya aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia, kini bank-bank besar di Indonesia menawarkan banyak kemudahan, termasuk BCA.

 

Dengan fitur internet banking BCA, kamu tidak perlu lagi repot mengatur transaksi keuangan, baik lewat ATM maupun langsung ke kantor cabang. Semuanya cukup terhubung dengan internet.

 

Lantas bagaimana cara daftar internet banking BCA serta fitur terbaik internet banking BCA? Yuk, simak artikelnya berikut ini.

 

Cara Daftar Internet Banking BCA

Untuk daftar internet banking BCA, kamu bisa melakukannya melalui ATM BCA. Berikut langkah-langkah mendaftar internet banking BCA.

 

1. Mendatangi ATM BCA

 

 

Kunjungi ATM BCA terdekat untuk melakukan registrasi awal. Selanjutnya, masukkan kartu ATM dan PIN ATM BCA.

 

2. Pilih Daftar e-Banking

 

Setelah memasukkan PIN ATM, pilih menu Daftar e-Banking. Selanjutnya, pilih menu Internet Banking.

 

3. Buat PIN KlikBCA

 

Setelah langkah di atas, kamu bisa membuat PIN KlikBCA sesuai keinginan. Selanjutnya masukkan ulang PIN untuk mengonfirmasi PIN tersebut.

 

4. Struk User ID.

 

Setelah mengikuti tahap-tahap di atas, kamu bakal mendapatkan struk yang memuat User ID.

 

5. Masuk ke Internet Banking BCA Lewat HP

 

Setelah mendapatkan user ID, login internet banking di http://www.klikbca.com/ lewat HP dengan user ID dan password yang tadi kamu buat.

 

Cara Daftar Internet Banking BCA Langsung di Bank

 

Jika menurutmu cara di atas cukup sulit, kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang BCA terdekat. Di sana kamu bakal dibantu oleh customer service officer (CSO) berpengalaman yang tentu jauh lebih mudah ketimbang melakukan pendaftaran internet banking BCA sendiri.

 

Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar internet banking BCA di kantor cabang adalah KTP, buku tabungan BCA, dan kartu ATM BCA.

 

Selanjutnya, CSO akan memberikan KeyBCA. Biasanya User ID akan dikirimkan ke email dalam waktu 1 x 24 jam. Sementara untuk password, PIN yang digunakan adalah PIN dari kartu ATM kamu.

 

Fitur Internet Banking BCA

 

Ada banyak fitur internet banking BCA yang bakal memudahkan kamu. Berikut daftar fitur internet banking BCA yang wajib kamu tahu.

 

1. Pembelian dan Pembayaran

 

Hampir semua transaksi pembayaran dan pembelian bisa kamu lakukan di internet banking BCA. Kamu bisa membayar tagihan di e-commerce, membeli PLN prabayar, voucher isi ulang, PLN prabayar manual advice, dan tiket.

 

Selain itu, kamu bisa membayar kartu kredit, ponsel, telepon rumah, internet, asuransi, pinjaman, pajak, listrik/PLN, air/PAM, pendidikan, BPJS sampai dengan surat berharga negara dan pajak PBB.

 

 

2. Informasi Rekening

 

Fitur esensial ini tentu tersedia lengkap di internet banking BCA. Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui informasi saldo, mutasi rekening.

 

Kamu juga bisa melihat e-statement (laporan rekening) online yang bisa kamu unduh kapan saja dan di mana pun tanpa perlu repot ke kantor cabang BCA untuk print riwayat transaksi.

 

3. Kartu Kredit BCA

 

Bagi kamu pemegang kartu kredit BCA, dengan KlikBCA kamu bisa mengecek setiap transaksi yang baru terjadi, melihat tagihan terakhir serta mengatur penggunaan kartu kredit.

 

Semua informasi sisa saldo kartu kredit BCA, informasi transaksi, serta informasi tagihan bisa kamu akses lewat menu ini.

 

4. Menarik Dana di PayPal

 

Jika kamu sering melakukan transaksi luar negeri, besar kemungkinan metode pembayaran yang biasa kamu gunakan adalah PayPal. PayPal adalah layanan keuangan tepercaya di dunia untuk melakukan transaksi jual dan beli.

 

Nah, jika kamu ingin mencairkan saldo PayPal, KlikBCA menawarkan kemudahan untuk menerima dan mencairkan dana tersebut.

 

Hubungkan akun PayPal kamu dengan KlikBCa untuk transaksi luar negeri mudah yang bisa langsung cair ke rekeningmu.

 

5. Top Up E-Wallet

 

KlikBCA juga menawarkan kemudahan untuk kamu melakukan top up saldo e-wallet, termasuk aplikasi kesayangan kamu, LinkAja.

 

Pilih fitur transfer virtual account untuk mengisi saldo LinkAja yang bisa kamu gunakan untuk transaksi apa pun. Mudah banget, tidak perlu antre di ATM!

 

Baca juga: Mengenal VPN Tarumanagara untuk KlikBCA Bisnis

 

 

Tips Aman Transaksi di KlikBCA

 

Meskipun semua aktivitas perbankan kamu sudah dijamin keamanannya oleh BCA dengan enkripsi yang canggih, kamu tetap harus waspada. Apalagi kejahatan di internet kini sudah semakin canggih.

 

Nah, berikut tips untuk tetap aman bertransaksi di internet banking BCA.

 

1. Kartu ATM dan OTP

 

Dalam keadaan apa pun, jangan pernah berikan nomor kartu ATM dan kode OTP ke orang lain. Bahkan meski ada orang yang mengaku itu petugas bank BCA sekalipun.

 

Data itu hanya milik kamu dan bisa berbahaya jika jatuh ke tangan orang lain.

 

2. Akun Palsu HaloBCA

 

Di media sosial banyak akun bertebaran yang berpura-pura jadi layanan pelanggan BCA atau HaloBCA. Perhatikan akun tersebut jika kamu ingin mengajukan komplain dan memberikan data pribadimu.

 

Biasakan melakukan verifikasi akun sebelum memberi data apa pun, apalagi di media sosial.

 

3. Pakai Jaringan Internet Aman

 

Internet banking BCA tentu membutuhkan jaringan internet untuk diakses. Sebaiknya jangan melakukan transaksi dengan internet banking saat kamu menggunakan jaringan internet publik, seperti di kafe, bandara, atau stasiun.

 

Bukan tidak mungkin data kamu bisa dilihat oleh peretas yang masuk dalam jaringan internet yang sama.

 

Nah, itu tadi cara daftar internet banking BCA dan fitur serta tips menggunakan internet banking dengan aman.

 

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya