20 May 2021

8 Cara Sederhana Menghemat Tagihan Listrik

Pandemi Covid-19 menyebabkan konsumsi listrik rumah tangga meningkat. Aktivitas sehari-hari yang biasanya dilakukan di luar rumah, sekarang harus dilakukan di dalam rumah rumah. Laptop/PC dan router internet menjadi perangkat penting yang harus ada. Dengan demikian, penggunaan peralatan elektronik tersebut mau tidak mau membuat konsumsi listrik meningkat.

Makanya, jangan kaget saat membayar tagihan listrik tiba, ternyata tagihan listrik di rumah membengkak. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang bingung mengenai cara menghemat listrik dengan benar.

Nah, buat kamu yang mengalami hal serupa, jangan khawatir sebab di bawah ini ada 7beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat tagihan listrik. Jadi, bulan depan, kamu tidak bakal kaget lagi dengan tingginya tagihan listrik yang harus dibayarkan. 

1. Gunakan Lampu LED

Lampu LED terkenal dengan harganya yang agak mahal, tapi manfaat yang akan diperoleh juga cukup banyak. Penggunaan lampu LED merupakan salah satu cara menghemat tagihan listrik. Lampu LED menghabiskan listrik lebih rendah atau hemat daya jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Selain hemat daya, lampu LED mampu bertahan lebih dari 7 tahun, sehingga ketahanannya dapat membantu kamu untuk menghemat listrik di rumah.

2. Mematikan Lampu Jika Tidak Dibutuhkan

Meskipun sudah menggunakan lampu LED yang hemat daya, kamu tetap harus menggunakan lampu jika diperlukan saja agar lebih menghemat tagihan listrik. Kamu dapat memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan di siang hari. Saat kamu hendak keluar ruangan, jangan lupa matikan lampu di dalam ruangan tersebut, sehingga konsumsi listrik di rumah kamu akan jauh lebih hemat.

3. Manfaatkan Ventilasi Udara

Udara panas seringkali kita rasakan baik siang maupun malam hari. Saat merasakan kegerahan akibat panasnya udara, keinginan untuk menghidupkan air conditioner (AC) atau kipas angin lebih besar. Namun, AC dan kipas angin cukup banyak memakan daya listrik. Hasilnya, tagihan listrik pun akan naik. Maka dari itu, manfaatkanlah ventilasi udara agar suasana udara di dalam rumah menjadi sejuk dan tentunya menghemat listrik.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menghemat Air di Rumah

4. Jangan Sering-sering Mencuci Baju

Mencuci baju dalam jangka waktu yang singkat atau berkali-kali dapat menghabiskan banyak energi listrik, sehingga tagihan listrik membengkak. Daya listrik yang dimiliki oleh mesin pengeringnya juga cukup besar. Maka, untuk menghemat listrik, kamu bisa mencuci baju sesekali ketika tumpukan cucian kamu sudah banyak. Mencuci dengan satu muatan besar akan menghabiskan energi listrik lebih sedikit dibandinkan dengan mencuci dua muatan.

5. Matikan Alat Elektronik di Malam Hari

Tagihan listrik dapat membengkak karena meninggalkan peralatan elektronik dalam keadaan hidup. Energi listrik pun pada dasarnya membutuhkan istirahat agar dayanya tidak terkuras banyak. Mematikan listrik di malam hari merupakan cara untuk menghemat tagihan listrik dan memaksimalkan waktu istirahat kamu.

6. Gunakan Alat Elektronik Sesuai Kebutuhan dan Kapasitas

Alat elektronik yang ada di rumah kamu memiliki kapasitasnya masing-masing. Jika digunakan secara berlebihan atau melampaui kapasitas, maka akan menghabiskan banyak tenaga listrik. Saat tenaga listrik yang digunakan tinggi, tagihan pun akan membengkak. Alat elektronik di rumah dapat diganti dengan kapasitas watt yang lebih kecil atau segera dimatikan jika sudah selesai digunakan.

7. Cabut Kabel Dari Saklar Jika Tidak Digunakan 

Listrik akan tetap mengalir jika kamu membiarkan kabel alat elektronik terpasang pada saklar meskipun sedang tidak digunakan, sehingga tagihan listrik pun akan naik. Kabel pengisi daya laptop atau handphone seringkali lupa dicabut ketika selesai menggunakannya, kebiasaan tersebut harus dihilangkan guna menghemat listrik.

8. Pasang Teknologi Inverter

Teknologi inverter pada dasarnya merupakan teknologi yang bertujuan untuk menghemat penggunaan listrik. Teknologi ini biasanya dipasang di beberapa produk rumah tangga, misalnya kulkas, AC, dan oven. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk beralih ke produk dengan teknologi inverter.

Itulah 8 cara untuk menghemat listrik di rumah kamu agar tagihannya tidak membengkak di bulan berikutnya. Dengan demikian, kamu pun tidak perlu kesal dan pusing lagi.

Nah, untuk membayar tagihan listrik, kamu dapat menggunakan LinkAja. LinkAja merupakan layanan uang elektronik untuk memudahkan transaksi apapun, di mana pun, dan kapan pun. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi saat membayar tagihan listrik!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :