21 January 2021

7 Cara Sederhana Menghemat Air di Rumah

Tidak bisa dipungkiri, air adalah salah satu kebutuhan utama dalam hidup setiap orang. Namun, tahukah kamu kalau keberadaan air bersih terus berkurang setiap tahunnya?

Hal inilah yang membuat kita harus menjaga ketersediaan air di masa mendatang. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai melakukan penghematan air. Apa saja cara menghemat air bersih yang bisa kita lakukan? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Memantau Penggunaan Air

Cara menghemat air yang paling mudah dilakukan adalah dengan memantau penggunaannya. Pasalnya, kalau tidak diawasi, hal-hal seperti air keran yang luber di bak mandi atau penampungan biasanya sering terjadi. Oleh karena itu, cara sederhana menghemat air di rumah bisa dimulai dengan  melakukan pemantauan agar pemakaiannya dapat terkendali.

2. Matikan Keran Air yang Tidak Dipakai

Salah satu hal yang sering menyebabkan pemborosan sumber daya ini adalah karena lupa mematikan keran air yang sudah tidak dipakai. Jika air yang mengisi bak penampungan sudah penuh atau sedang tidak dipakai, sebaiknya langsung matikan keran air. Selain air jadi terbuang sia-sia, tagihan air atau listrik pun juga bisa mengalami pembengkakan.

3. Perhatikan Durasi Mandi

Aktivitas yang satu ini memang dibutuhkan. Terutama di era new normal ini, kebersihan menjadi sebuah keharusan. Namun, tidak sedikit orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar mandi dan malah membuat keran air terus menerus mengalir.

Sebagai salah satu bentuk cara menghemat air, cobalah untuk membatasi waktu mandi setiap anggota keluarga, sehingga penghematan air pun dapat terealisasikan.

4. Jangan Tunda Perbaikan Pipa Air yang Bocor

Jika saluran air di rumahmu terhubung dengan pipa penyaluran, lakukanlah pengecekan secara berkala untuk mengetahui apakah terdapat kebocoran atau tidak. Hal ini juga bisa dijadikan salah satu cara menghemat air di rumah yang bisa kamu lakukan agar tidak ada air yang terbuang sia-sia karena kerusakan pipa.

5. Gunakan Keran Aerator

Cara sederhana menghemat air di rumah berikutnya adalah dengan beralih menggunakan keran aerator. Apa itu aerator? Aerator adalah mesin yang bisa menghasilkan gelembung udara dan menggerakan air yang biasanya digunakan di akuarium. Namun, dengan menggunakan keran aerator ini, aliran air dari keran pun juga jadi bisa dibatasi untuk menghemat penggunaannya.

Baca juga: Panduan Mudah Cek Tagihan PDAM Melalui Sistem Online

6. Penggunaan Filter untuk Air Minum

Kalau kamu sering membeli air minum kemasan galon, alat filter air minum ini bisa jadi salah satu cara menghemat air yang bisa kamu coba di rumah. Mengapa? Dengan menggunakan alat filter air ini, Kamu jadi tidak perlu lagi terus menerus membeli air kemasan galon karena Kamu bisa menggunakan air keran yang telah difilter untuk dikonsumsi.

7. Mencuci Buah dan Sayur Dalam Wadah

Mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi memang penting untuk menghindari kotoran dan kuman yang menempel. Namun, ketika membersihkan buah dan sayuran di air mengalir sering membuat jumlah sumber daya air yang digunakan terlalu banyak karena tidak terlihat seberapa banyak air yang digunakan. Oleh karena itu, cara menghemat air bersih secara sederhana yang bisa Kamu lakukan adalah dengan mencuci buah dan sayur dalam wadah yang sudah diisi air terlebih dahulu. Dengan demikian, air yang dihemat pun akan menjadi lebih banyak.

Nah, itulah tadi 7 cara sederhana menghemat air di rumah yang bisa Kamu coba. Dengan melakukan penghematan air, Kamu tidak hanya bisa menghemat pengeluaran, tapi juga telah berpartisipasi dalam aksi penyelamatan lingkungan.

Setelah mengetahui cara menghemat air, jangan lupa untuk memastikan bahwa Kamu selalu tepat waktu dalam melakukan pembayaran tagihan air, ya!  Tidak perlu repot, sekarang Kamu bisa melakukan pengecekan tagihan PDAM online sekaligus pembayarannya lewat LinkAja.

LinkAja menyediakan pilihan pembayaran digital yang sangat praktis untuk digunakan. Berikut ini panduan cara cek tagihan PDAM online dan bayar lewat LinkAja:

  1. Unduh aplikasi LinkAja dari App Store untuk pengguna iOS dan Play Store bagi pengguna Android
  2. Buat akun dengan mengisi data diri dan daftarkan akun menggunakan email atau nomor ponsel
  3. Bila akun LinkAja sudah jadi, langkah selanjutnya cari pilihan PDAM di menu utama yang muncul di layar
  4. Pilih kota tempat sesuai dengan domisili kamu tinggal
  5. Masukkan nomor pelanggan lalu pilih tombol Lanjutkan
  6. Selanjutnya akan muncul informasi besaran tagihan nominal tagihan PDAM kamu dan tekan pilihan konfirmasi pembayaran bila saldo LinkAja kamu mencukupi. Tenang saja, bila saldo kamu tidak mencukupi, bisa isi ulang saldo LinkAja di beberapa tempat seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Grapari, Bank BRI BNI, dan Mandiri

Selain cek tagihan PDAM dan membayarnya, LinkAja juga menyediakan berbagai layanan pembayaran seperti BPJS, tagihan listrik atau beli token listrik, membeli pulsa, bayar tagihan internet, berdonasi, bahkan membeli voucher game bisa dibayar dengan mudah lewat LinkAja. LinkAja juga sering mengadakan promo menarik bagi penggunanya, lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan informasi promo dari LinkAja dengan melihat media sosial di Instagramnya di @LinkAja!

Bagikan artikel ini :