Syariah

Arti Barakallah Fii Umrik dan Hukum Mengucapkan dalam Islam

Icon Calendar LinkAja31 Okt 2022

Image Artikel Arti Barakallah Fii Umrik dan Hukum Mengucapkan dalam Islam LinkAja
Sumber foto: Pexels

Istilah Barakallah fii umrik sudah makin sering dipakai oleh masyarakat muslim di Indonesia. Sama seperti ucapan selamat pada umumnya, Barakallah fii umrik artinya mendoakan orang yang sedang berulang tahun supaya mendapatkan keberkahan dalam hidupnya. Namun, arti dari ucapan selamat ulang tahun ini bisa lebih luas lagi.

Biarpun begitu, masih banyak orang yang mempertanyakan hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam. Untuk lebih jelasnya, yuk simak makna yang terkandung dalam ucapan barakallah fii umrik di bawah ini.

Baca juga: Akad Murabahah: Definisi, Jenis, Rukun, Syarat, dan Contohnya

Arti dari Ucapan Barakallah Fii Umrik

Pada dasarnya, barakallah fii umrik merupakan ucapan selamat ulang tahun yang menggunakan bahasa Arab. Ucapan tersebut berasal dari sederet kata yang berkesinambungan membentuk sebuah doa. Doa ini memang dikhususkan untuk mereka yang sedang merayakan hari lahirnya.

Jika dibedah satu per satu, istilah ini terdiri dari kata “barakallah” dan “umrik”. Kata “barakallah” merupakan gabungan kata berkah dan Allah dalam bahasa Arab. Artinya adalah kebaikan dan kemanfaatan dari Allah.

Di sisi lain, kata “umrik” memiliki arti usia atau umur milik kamu, orang kedua, atau orang yang diajak berbicara. Dua gabungan kata ini dihubungkan dengan konjungsi “fii” yang bermakna “pada”. Dengan kata lain, barakallah fii umrik artinya semoga Allah memberkahi pada usia kamu (yang sekarang).

Selain usia, umrik juga memiliki makna lain dalam etimologi bahasa Arab. Kamu bisa menggunakan kata umrik untuk menyebutkan makna “kelahiran” atau “kehidupan.” Dengan kata lain, kamu bisa memaknai ucapan barakallah fii umrik dengan makna sebagai berikut:

  • Semoga Allah SWT memberkahi usia/umur kamu
  • Semoga Allah SWT memberkahi kelahiranmu
  • Semoga Allah SWT memberkahi kehidupanmu

 

Baca juga: Perbedaan Aqiqah dan Qurban yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Membalas Ucapan Barakallah Fii Umrik

Kamu yang ulang tahun mungkin akan mendapatkan ucapan atau doa barakallah fii umrik. Namun, tidak jarang juga bingung atau tidak tahu caranya membalas ucapan tersebut ke mereka yang telah bersedia mendoakan. Tidak perlu khawatir karena cara menjawabnya terbilang cukup mudah, kok.

Kamu bisa membalas ucapan barakallah fii umrik dengan ucapan “Jazakallahu khairan” yang artinya “semoga Allah membalas kebaikanmu”. Ucapan balasan ini juga berisi doa untuk orang yang telah mendoakan kamu sebelumnya. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih karena sudah 

Pilihan Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahas Arab

Masih ada beberapa ucapan yang bisa kamu pakai untuk mendoakan kerabat dan teman yang merayakan hari ulang tahunnya. Cek daftarnya di bawah ini:

  • Eid milad saeid: selamat ulang tahun
  • Tahanina: selamat!
  • Eid milad saeid ya sidiqi: selamat ulang tahun, temanku
  • Eid milad saeid habi: selamat ulang tahun, cintaku
  • Eid milad saeed yajmil: selamat ulang tahun, cantik
  • Atamanaa lak eid milad rayiei: selamt ulang tahun yang luar biasa
  • Easaa ‘an tatahaqaq kulu ‘amaniki: semoga semua keinginan kamu menjadi kenyataan
  • ‘Atamanna lake id milad rafiei: saya mengucapkan selamat ulang tahun yang luar biasa
  • ‘Atamanaa lak ywman rayean wasunatan rayieatan qadimatan: saya harap kamu dapat hari yang luar biasa dan tahun yang fantastis
  • ‘Atamanna lak kula al tawfiq fi yawmik alkhasi: saya doakan yang terbaik untuk kamu di hari istimewa ini
  • ‘Atamanna lak wyman meezan mithlaka: semoga kamu mendapatkan hari yang spesial
  • ‘Atamanaa ‘alaa tatawaqaf abdan ean alaistimtae bikuli allahazat alsaghirat fi hayaatika: semoga kamu tidak pernah berhenti menikmati semua momen kecil dalam hidup
  • ‘Atamanna lak ‘asead eid milad ealaa al’iitlaqi: semoga kamu memiliki hari ulang tahun yang paling bahagia
  • Iinah li’amr rayie ‘an takun qadran ealaa musharakat hadha alyawm almumayaz maeki: senang bisa berbagi hari istimewa dengan kamu.

 

Baca juga: 5 Perbedaan Haji dan Umroh yang Wajib Diketahui oleh Muslim

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun dalam Islam

Banyak juga yang mempertanyakan hukum memberikan selamat ulang tahun kepada orang lain. Pada dasarnya, mengucapkan selamat ulang tahun memiliki hukum mubah atau diperbolehkan dalam Islam. Artinya, siapa pun diperkenankan untuk memberikan selamat sekaligus mendoakan orang yang sedang berulang tahun.

Meskipun begitu, hukum mubah membuat mereka yang melakukannya tidak akan mendapatkan ganjaran pahala maupun dosa. Mubah sendiri merupakan hukum yang menyarankan orang untuk melakukannya, tapi tidak ada jaminan mereka akan mendapatkan ganjaran pahala.

Hukum mengucapkan selamat ulang tahun pernah dijelaskan dalam kitab Al-Iqna’ fi Halli Alfazhi Abi Syuja karya Asy-Syarbini. Pendapat tersebut tertuang dalam kitabnya halaman 162 yang berbunyi:

“Tahniah (ucapan selamat) merupakan mubah alias tidak sunnah dan tidak pula bid'ah.”

Ada juga hadis Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Imam Bukhari. Hadis tersebut menceritakan seorang sahabat yang memberikan selamat kepada orang lain atas perbuatan taubatnya. Selama tidak ada keburukan dalam pengucapan selamat, termasuk selamat ulang tahun, hukumnya boleh dilakukan.

Terlebih lagi jika pemberian selamat ulang tahun tersebut didasari oleh niat mendoakan keluarga, kerabat, dan teman, hal tersebut boleh dilakukan. Dengan catatan, tidak ada perbuatan yang melanggar ajaran agama di dalamnya.

Sudah tahu ‘kan arti dan hukum dari mengucapkan barakallah fii umrik. Nah, coba sekarang cek lagi siapa orang terdekat yang akan merayakan ulang tahunnya sebentar lagi. Kamu bisa mulai siapkan ucapan dan doa terbaik untuknya dari sekarang.

Baca juga: Ini Syarat Visa Umroh 2022, Cara Membuat Serta Biayanya

Jangan lupa juga untuk berburu kado terbaik untuk hari spesialnya nanti dan bayarnya pakai saldo LinkAja. Dapatkan banyak promo menarik di banyak merchant seluruh di Indonesia. Mau belikan pulsa, voucher game, atau kado tiket pesawat juga bisa karena #Apa2Bisa pakai LinkAja.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya