19 August 2020

4 Tips dan Trik Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja

Belakangan ini masyarakat mulai sering mendengar program pemerintah bernama Kartu Prakerja. Dalam halaman resminya, dijelaskan bahwa Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan kepada pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) maupun pekerja atau buruh yang mau memiliki tambahan kompetensi kerja. Manfaat Kartu Prakerja dapat dinikmati oleh semua pekerja atau buruh, kecuali mereka yang bekerja sebagai:

  • Pejabat Negara;
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;
  • Aparatur Sipil Negara;
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia;
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  • Kepala Desa dan perangkat desa; dan
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Di masa pandemi COVID-19 atau Corona ini, pemerintah menitikberatkan penerimaan Kartu Prakerja untuk pekerja atau buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak usahanya. Berikut tips dan trik untuk dapat lolos pendaftaran Kartu Prakerja:

  1. Mengisi data diri dengan lengkap dan jujur

Data diri kamu akan menjadi salah satu pertimbangan utama tim Kartu Prakerja untuk memutuskan kamu layak sebagai penerima Kartu Prakerja atau tidak. Data diri yang lengkap sangat dibutuhkan untuk kamu dapat dipercaya dan diketahui apakah menggunakan manfaat Kartu Prakerja dengan baik dan benar atau tidak. Pemalsuan data dalam mendaftar Kartu Prakerja tentulah berisiko tinggi karena pelaksanaan program ini tentunya diikat dengan hukum yang akan memberatkan saat dilanggar.

  1. Menyesuaikan diri dengan kriteria penerima Kartu Prakerja

Jika kiat betul-betul jeli, tentu kita akan membaca semua informasi yang tertera tentang Kartu Prakerja khususnya yang ada di halaman resminya prakerja.go.id. Di sana tertulis kriteria penerima Kartu Prakerja dan siapa saja yang tidak berhak menerima manfaat Kartu Prakerja. Jika kita tidak memenuhi paling tidak salah satu kondisi, maka sebaiknya kita tidak mendaftar Kartu Prakerja dan jangan kecewa bila tidak diterima.

  1. Mengetahui maksud dan tujuan mendaftar Kartu Prakerja

Saat memutuskan mendaftar Kartu Prakerja, kamu harus tahu apa itu Kartu Prakerja dan siapa yang dituju oleh program Kartu Prakerja. Karena ini adalah program peningkatan kompetensi, maka kamu juga sudah perlu menentukan arah akan mendalami kompetensi apa. Terutama saat nanti telah memilih pelatihan dan menyelesaikannya, kamu dapat memberikan testimoni yang tepat dan benar untuk kemudian memperoleh dana bantuan Kartu Prakerja.

  1. Mempelajari mekanisme sebelumnya dan testimoni pendaftar terdahulu

Karena sejumlah orang telah menerima manfaat Kartu Prakerja, maka sebaiknya kamu mencari tahu info dari orang tersebut. Akan sangat bagus bila penerima manfaat Kartu Prakerja adalah orang terdekatmu, namun jika tidak, kamu dapat membaca dan melihat-lihat dari portal berita maupun sosial media tentang hal ini. Testimoni pendaftar terdahulu terutama yang lolos, akan memberikanmu bayangan tentang apa dan bagaimana Kartu Prakerja itu.

Bagikan artikel ini :