Info

Tips Menghemat Kuota Internet dari LinkAja

Icon Calendar LinkAja9 Mar 2022

Image Artikel Tips Menghemat Kuota Internet dari LinkAja LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Banyak aktivitas yang dilakukan dengan smartphone butuh koneksi internet. Bukan hanya membayar tagihan dan transfer uang, kamu pun membutuhkan data internet saat memesan transportasi online dari ponsel. Supaya tidak boros, ada cara menghemat kuota data internet yang bisa kamu coba. Yuk, cari tahu tip dan triknya di bawah ini!

 

Tips menghemat paket data

 

Untuk melakukan penghematan data internet, kamu bisa mulai dengan mengubah kebiasaan sehari-hari dengan smartphone. Berikut langkah menghemat kuota internet di smartphone!

 

1. Mematikan fitur auto-update dan auto-sync

 

Fitur auto-update membuat aplikasi dan pengaturan lainnya dalam smartphone tetap nyaman digunakan. Sayangnya, fitur ini memakan banyak kuota data. Nah, coba cek aplikasi setting di ponsel kamu dan atur fitur auto-update ini.

 

Hanya aktifkan fitur ini  saat sedang mendapatkan akses wifi, baik dari rumah maupun tempat umum. Sejumlah aplikasi ternyata punya ukuran yang besar dan memakan data saat di-update, loh.

 

2. Matikan paket data saat tidak digunakan

 

Di satu sisi, mematikan paket data pada ponsel akan membuat kamu lebih fokus. Kamu bisa terhindar dari notifikasi yang masuk saat sedang bekerja. Melakukan ini pun bisa bantu kamu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

 

Di samping itu, masih ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan mematikan paket data saat bekerja. Kamu jadi bisa menahan diri untuk tidak berselancar di media sosial pada jam kerja. Pasalnya, media sosial bisa membuang waktu kamu tanpa sadar.

 

3. Aktifkan data saver

 

Pilih browser yang memberikan fitur penghematan data (data saver) di dalamnya. Pengaturan ini membuat konsumsi data lebih sedikit. Selain itu, loading page pun jadi lebih cepat.  Kamu mungkin merasakan ada perubahan tampilan di dalamnya. Namun, sebenarnya itu tidak akan banyak mengganggu kamu saat mengakses sebuah situs.

 

Salah satu browser yang punya fitur data saver adalah Chrome. Untuk mengaktifkannya, kamu cukup masuk ke dalam aplikasi dan memilih settings. Lalu, aktifkan data saver di dalamnya. Dengan data saver, kamu bisa berhemat hingga 70 persen penggunaan kuota data.

 

4. Nonaktifkan auto-download media

 

Aplikasi berkirim pesan (messenger) seperti WhatsApp jadi tempat kamu berkirim foto dan video. Dua media ini selalu jadi “pemakan” kuota yang cukup besar. Kamu tidak bisa mengontrol orang lain mengirimkan foto dan video. Namun, kamu bisa mengeset aplikasi untuk tidak mengunduhnya.

 

Berikut cara menonaktifkan auto-download media di aplikasi WhatsApp:

 

> Masuk aplikasi WhatsApp

> Pilih menu dengan logo tiga titik di bagian pojok kanan atas

> Pilih “Setting”

> Pilih “Storage and data”

> Lakukan pengaturan media auto-download

> Matikan semua pengaturan pengunduhan saat menggunakan kuota data

 

5. Gunakan kuota harian

 

Paket data harian bisa kamu jadikan solusi untuk menghemat kuota data. Sejumlah provider pun menawarkan kuota data yang cukup banyak untuk paket hariannya. Kamu pun bisa mendapatkannya dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Kamu hanya perlu membeli data internet harian saat diperlukan. Beli pulsa dan paket data dari aplikasi LinkAja. Dengan LinkAja atau LinkAja Syariah, kamu bisa membeli pulsa dan paket data untuk nomor pribadi maupun orang lain, loh.

 

Baca juga: Daftar Paket Internet Unlimited Terbaru yang Wajib Diketahui

 

 

Beli pulsa mulai dari Rp5 ribu dan Rp10 ribu di aplikasi LinkAja. Pilih juga paket data termurah yang sesuai dengan kebutuhan kamu!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya