26 August 2020

Tips Menggunakan Uang Kartu Prakerja

Penerima manfaat Kartu Prakerja akan menerima dana pelatihan kerja serta bantuan untuk kehidupan sehari-hari, utamanya untuk meminimalisir dampak COVID-19 yang menimpa Indonesia serta negara-negara lain beberapa waktu belakangan. Meski begitu, penggunaan uang Kartu Prakerja haruslah bijak mengingat dana yang diberikan terbatas.

Uang Kartu Prakerja

Uang Kartu Prakerja adalah benefit yang diterima pendaftar Kartu Prakerja. Untuk yang sudah terjadi, pemerintah memberikan bantuan dana senilai 3,5 juta rupiah kepada setiap penerima Kartu Prakerja yang digunakan untuk mengikuti pelatihan serta untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Uang Kartu Prakerja sebaiknya digunakan untuk kebutuhan primer dan bukan kebutuhan konsumtif yang sifatnya tidak mendesak.

Pembagian Uang Kartu Prakerja

Seperti yang sudah berlangsung, pemerintah membagi uang Kartu Prakerja sebesar 3,5 juta rupiah selama 4 bulan pelatihan. Mekanismenya adalah:

  1. Peserta akan diberikan uang saku 2,4 juta rupiah atau 600 ribu rupiah per bulan (selama 4 bulan)

  1. Kemudian 1 juta rupiah yang akan dialokasikan untuk pelatihan

  1. Terakhir, 150 ribu rupiah akan diberikan sebagai insentif usai pelatihan selama 3 bulan

Cara Menggunakan Uang Kartu Prakerja

Kamu dapat memilih tempat pencairan uang Kartu Prakerja. LinkAja adalah salah satu mitra resmi untuk pencairan uang Kartu Prakerja. Setelah uang Kartu Prakerja cair melalui mitra resmi seperti LinkAja, kamu dapat menggunakannya langsung untuk membayar tagihan, membeli token listrik ataupun membeli pulsa atau paket internet.

Untuk memperoleh pelatihan, kamu dapat mendaftar di lembaga yang kamu pilih dengan membuat akun, lalu memilih pelatihan yang kamu sukai dengan melanjutkan pembayaran. Di halaman pembayaran, kamu dapat memilih metode pembayaran dengan Kartu Prakerja. Pastikan untuk menyelesaikan pelatihanmu untuk memperoleh sertifikat serta uang insentif setelah pelatihan.

Bagikan artikel ini :