28 April 2021

Social Media Marketing untuk Mendongkrak Bisnis Selama Ramadan

Seperti yang diketahui bersama bahwa ramadan merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tentunya, akan ada banyak perubahan kebiasaan selama sebulan ke depan. Mulai dari kegiatan sehari-hari hingga perilaku online.

Biasanya, perilaku untuk mengonsumsi atau membeli produk atau jasa terbilang tinggi saat ramadan tiba, ditambah lagi dengan hadirnya mobile platform dan media sosial. Oleh karena itu, tidak heran jika hari-hari selama ramadan dikategorikan sebagai salah satu waktu berbelanja online yang paling sibuk.

Hal inilah yang membuat banyak pelaku bisnis semakin tergiur untuk menggunakan kesempatan menyusun strategi social media marketing berdasarkan tren yang ada, demi meningkatkan nilai jual produk-produknya.

Jika kamu adalah salah satu pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan momen ini, yuk, simak beberapa tips social media marketing berikut ini!

Mulai Lebih Awal

Tips social media marketing yang pertama adalah dengan memulainya sebelum bulan ramadan tiba. Kalau kamu perhatikan, ada alasan mengapa iklan sirup atau biskuit sudah ditayangkan sebelum bulan ramadan tiba.

Hal ini dilakukan sebagai pengingat bagi masyarakat untuk menyiapkan berbagai kebutuhan bulan ramadan sebelum memasuki bulan suci ini. Menurut data dari Google, rata-rata masyarakat sudah mulai mencari dan mengonsumsi konten yang berhubungan dengan ramadan sekitar satu minggu sebelum bulan ini tiba. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mulai mempromosikan usahamu setidaknya seminggu sebelum ramadan tiba.

Mengemas Konten dengan Nuansa Ramadan

Agar pesan atau  produk yang kamu miliki bisa diterima secara efektif oleh target market, kamu bisa mulai membuat konten-konten di media sosial dengan hal-hal yang bernuansa ramadan. Contohnya, kamu bisa menggunakan palet warna hijau, penggunaan icon bulan sabit, lentera atau ketupat, serta kaligrafi khas yang kental akan nuansa bulan ramadan.

Mengoptimalkan Konten di Perangkat Mobile

Setidaknya, ada empat jenis produk yang mengalami lonjakan tinggi dalam sistem pencarian saat bulan ramadan, yaitu pakaian, tiket transportasi, smartphone, serta perangkat elektronik lainnya. Oleh karena itu, tips menjalankan social media marketing yang bisa kamu lakukan adalah dengan memaksimalkan promosi di lewat perangkat mobile.

Jika dibandingkan dengan penggunaan internet melalui PC/laptop, pada bulan ramadan sebagian besar orang justru semakin banyak menggunakan waktunya untuk melakukan browsing internet melalui smartphone.

Kamu bisa mulai melakukan promosi yang relevan dan sesuai, seperti diskon atau penawaran cashback di waktu puncak pembelian. Di masa-masa mudik, yaitu seminggu sebelum lebaran, akses internet lewat perangkat mobile juga akan semakin naik sekitar 81%.

Baca juga: Daftar Paket Internet Unlimited Terbaru yang Wajib Diketahui

Sesuaikan Waktu Posting

Saat memasuki bulan ramadan, pola aktif masyarakat dalam mengonsumsi internet juga berubah. Biasanya, pada bulan ramadan waktu konsumsi internet paling tinggi bagi masyarakat adalah saat sahur mendekati subuh dan sore hari hingga menjelang magrib dan buka puasa. Nah, waktu-waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk kamu membagikan konten dan promosi produk di media sosial.

Pemasaran Dengan Format Video

Untuk meraih interaksi audiens yang tinggi, fokuskan strategi social media marketing kamu dengan format video saat bulan ramadan. Menurut Expand Cart, para pelaku bisnis disarankan untuk membuat campaign video pada berbagai platform seperti Youtube ataupun platform lainnya.

Dengan demikian, akan semakin banyak masyarakat yang melihat video pemasaran yang memperlihatkan produk atau jasa kamu tersebut. Terlebih, kebanyakan orang lebih suka melihat secara visual. Jadi, fokus pemasaran lewat video adalah salah satu yang tepat digunakan untuk mengoptimalkan social media marketing selama bulan suci.

Itulah 5 tips social media marketing yang bisa bantu mendongkrak bisnis kamu selama bulan ramadan. Selain memperbanyak pahala, bulan ramadan juga bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens supaya bisnismu semakin besar.

Sebelum mulai menerapkan tips-tips di atas, jangan lupa pastikan koneksi internet kamu lancar terus, ya! Temukan paket internet terbaik untuk kamu dan lakukan pembeliannya lewat aplikasi pembayaran LinkAja yang #LengkapnyaUntukSemua. Langsung aja unduh aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS sekarang juga!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :