Info

Ini Rute KRL Jabodetabek Terbaru 2022

Icon Calendar LinkAja7 Jun 2022

Image Artikel Ini Rute KRL Jabodetabek Terbaru 2022 LinkAja
Sumber foto: Shutterstock.

Salah satu moda transportasi andalan warga yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya adalah Kereta Rel Listrik atau yang biasa disingkat KRL. Tiket murah, waktu tempuh cepat, dan jangkauan jarak merupakan beberapa faktor yang menjadikan KRL favorit bagi hampir seluruh masyarakat urban Jakarta dan sekitarnya.

 

KRL Commuter Line melayani hampir seluruh daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Nah, karena rutenya cukup banyak, kamu yang baru ingin mulai naik kereta tentu akan kebingungan. Namun, tenang saja, LinkAja akan memberi informasi terlengkap soal rute KRL Jabodetabek.

 

Berikut informasi soal jadwal dan rute KRL Jabodetabek terbaru.

 

Perubahan rute KRL Jabodetabek di Manggarai

PT KAI pada 28 Mei 2022 lalu baru mengumumkan perubahan rute KRL Jabodetabek khususnya yang melintasi Stasiun Manggarai. Bagi yang terbiasa menggunakan KRL, rutenya mungkin agak membingungkan karena beberapa perjalanan diharuskan transit di stasiun ini. 

 

Dalam pelaksanaan switch over (SO-5) ini, Perjalanan KRL Lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo – Jakarta Kota PP via Stasiun Manggarai. Seluruh perjalanan KRL pada lintas tersebut akan dilayani di peron jalur 10,11,12 dan 13 Stasiun Manggarai. 

 

Sementara itu para pengguna yang akan menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Bekasi dapat melakukan transit di Stasiun Manggarai dan menunggu keberangkatan KRL nya di peron jalur 6 atau 7.

 

Sementara itu Pola Operasi KRL Lintas Cikarang/Bekasi akan melayani dengan dua skema operasi yaitu sebagai berikut:

 

1.    Full Racket (Looping)

a)    Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang

b)    Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang

 

2.    Half Racket

a)    Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)

b)    Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Angke (PP)

 

Sementara itu, untuk Lintas Rangkasbitung, Lintas Tangerang dan KA Bandara Soetta tidak terjadi perubahan.

 

Rute KRL Jabodetabek Lengkap

Seperti disebut sebelumnya, KRL Commuter Line melayani hampir ke seluruh area di Jabodetabek. Namun, sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui rute KRL Jabodetabek. 

 

Saat ini, ada total 7 rute KRL yang perlu kamu ketahui dengan 1 rute tambahan terbaru. Untuk mengetahui rute KRL yang dilintasi, Commuter Line menjelaskannya di peta dengan membaginya dalam skema warna yang mudah dipahami. 

 

Nah, agar paham kamu bisa melihat gambar rute KRL di bawah ini berikut dengan detail stasiun pemberhentiannya. Jika masih bingung juga kamu bisa bertanya langsung pada petugas yang sedang berjaga di stasiun atau di media sosial KAI Commuter Line.

 

1. Rute KRL Cokelat

Duri → Grogol → Pesing → Taman Kota → Bojong Indah → Rawa Buaya → Kalideres → Poris → Batu Ceper → Tanah Tinggi → Tangerang.

 

2. Rute KRL Hijau

Tanah Abang → Palmerah → Kebayoran → Pondok Ranji → Jurang Mangu → Sudimara → Rawa Buntu → Serpong → Cisauk → Cicayur → Parung Panjang → Cilejit → Daru → Tenjo → Tigaraksa → Cikoya → Maja → Citeras → Rangkasbitung.

 

3. Rute KRL Pink

Jakarta Kota → Kampung Bandan → Ancol → Tanjung Priok.

 

4. Rute KRL Merah

Jakarta Kota → Jayakarta → Mangga Besar → Sawah Besar → Juanda → Gondangdia → Cikini → Manggarai → Tebet → Cawang → Duren Kalibata → Pasar Minggu Baru → Pasar Minggu → Tanjung Barat → Lenteng Agung → Universitas Pancasila → Universitas Indonesia → Pondok Cina → Depok Baru → Depok → Citayam → Bojong Gede → Cilebut → Bogor.

 

5. Rute KRL Biru

Jakarta Kota → Jayakarta → Mangga Besar → Sawah Besar → Juanda → Gondangdia → Cikini → Manggarai → Jatinegara → Klender → Buaran → Klender Baru → Cakung → Kranji → Bekasi → Bekasi Timur → Tambun → Cibitung → Cikarang.

 

6. Rute KRL Kuning

Jatinegara → Pondok Jati → Kramat → Gang Sentiong → Pasar Senen → Kemayoran → Rajawali → Kampung Bandan → Angke → Duri → Tanah Abang → Karet → Sudirman → Manggarai → Tebet → Cawang → Duren Kalibata → Pasar Minggu Baru → Pasar Minggu → Tanjung Barat → Lenteng Agung → Universitas Pancasila → Universitas Indonesia → Pondok Cina → Depok Baru → Depok → Citayam → Bojong Gede → Cilebut → Bogor.

 

7. Rute KRL Hijau Tua

Rangkasbitung → Jambubaru → Catang → Cikeusal → Walantaka → Serang → Karangantu → Tonjongbaru → Cilegon → Krenceng → Merak.

 

Cara Cek Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru

Dengan semakin majunya teknologi, kamu tidak perlu lagi repot datang ke stasiun hanya untuk melihat jadwal kereta Jabodetabek. 

 

Cara cek jadwal KRL Jabodetabek kini bisa langsung dari ponsel. Kamu bisa mengunduh aplikasi KRL Access di ponsel kamu, baik dari App Store maupun Google Play Store. 

 

Lewat aplikasi ini kamu bisa melihat informasi lengkap seputar jadwal keberangkatan KRL di setiap stasiunnya. Jadi, kamu bisa memperkirakan setiap kereta commuter line dari stasiun terdekat agar perjalanan kamu lebih efisien. Mudah, kan?

 

Selain lewat aplikasi, kamu juga bisa melihat jadwal KRL Jabodetabek detail dari KAI di link berikut.

Harga Tiket KRL Jabodetabek Terbaru

Untuk saat ini, kamu bisa naik KRL Jabodetabek menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang disediakan KAI atau kartu uang digital favorit kamu. Menggunakan kartu uang digital tentu lebih mudah karena kamu bisa top up saldo dari LinkAja yang #Apa2Bisa.

 

Harga tiket KRL Jabodetabek terbaru per Juni 2022 masih dibanderol dengan harga yang sama dalam lima tahun ke belakang.

 

Hingga saat ini tarif KRL masih tetap berlaku sesuai dengan apa yang telah berjalan lebih dari lima tahun terakhir, yaitu pengguna membayar Rp3.000 untuk 25 kilometer pertama dan Rp1.000 untuk setiap 10 kilometer berikutnya.

 

Murah banget, kan? Tidak heran rute KRL Commuterline Jabodetabek masih jadi favorit para pengguna jasa transportasi.

 

Naik KRL & LRT Anti-Ribet dengan LinkAja 

Sedang terburu-buru dan tidak sempat top up uang elektronik atau KMT untuk naik kereta? Tenang, selama ada aplikasi LinkAja di ponsel, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa langsung tap in di gate stasiun KRL dan LRT hanya dengan ponsel. 

 

Begini cara naik KRL Commuter Line dan LRT antiribet dengan LinkAja.

1. Goyangkan (shake) handphone kamu pada beranda aplikasi LinkAja untuk memunculkan 'Kode Tiket'

2. Atau, akses 'Kode Tiket' melalui ikon 'Kode Tiket' pada beranda

3. Arahkan 'Kode Tiket' pada scanner yang ada di gate. Dan saldo akan otomatis terpotong senilai tarif jarak terjauh

4. Gunakan 'Kode Tiket' kembali saat keluar gate

5. Saldo akan otomatis dikembalikan jika ada penyesuaian tarif perjalanan

 

Nah buat para pengguna Commuterline Jabodetabek dan Yogya - Solo, LinkAja memberikan promo cashback 50% untuk pembayaran KRL menggunakan LinkAja. Promo ini berlaku pada periode 13 Juni 2022 s.d. 19 Juni 2022. Cek info selanjutnya di sini.

 

Menarik banget, kan? Tunggu apa lagi? Naik KRL Jabodetabek dengan LinkAja yang #Apa2Bisa sekarang!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya